Comscore Tracker

5 Pemain Manchester City yang Pakai Nomor 10 sebelum Jack Grealish

Ada Robinho, Edin Dzeko, hingga Sergio Aguero

Nomor punggung 10 sering disebut sebagai nomor punggung sakral di sepak bola. Tak banyak pemain yang berani mengambil tanggung jawab besar dengan menggunakan nomor ini. Sebab, nomor punggung ini kerap kali digunakan oleh pemain terhebat dalam sebuah tim.

Di Manchester City, nomor punggung 10 kini dipakai oleh Jack Grealish. Sayangnya, Grealish dianggap belum terlalu memuaskan sebagai pemain berharga mahal dan pentolan tim.

Sebagai bentuk perbandingan, berikut ini ulasan performa pemain Manchester City yang pakai nomor 10 sebelum Jack Grealish.

1. Djamel Abdoun

5 Pemain Manchester City yang Pakai Nomor 10 sebelum Jack GrealishPablo Orbaiz (kiri) dan Djamel Abdoun (kanan) (olympiacos.org)

Jauh sebelum digunakan oleh Jack Grealish, nomor punggung 10 di Manchester City pernah digunakan oleh Djamel Abdoun. Ia merupakan seorang winger asal Aljazair yang membela Manchester City pada paruh kedua musim 2006/2007.

Didatangkan sebagai pemain pinjaman dari AC Ajaccio, Djamel Abdoun tak mampu berbuat banyak kala berseragam The Cityzens. Pasalnya, ia hanya bermain selama semenit, tepatnya pada laga FA Cup kontra Southampton.

2. Rolando Bianchi

5 Pemain Manchester City yang Pakai Nomor 10 sebelum Jack GrealishRolando Bianchi (mancity.com)

Bermain sangat apik kala berseragam Reggina, Rolando Bianchi akhirnya diboyong Manchester City pada awal musim 2007/2008. Kala itu, ia mewarisi nomor punggung 10 yang ditinggalkan Djamel Abdoun.

Sayang, penampilan Bianchi di Manchester City tak memenuhi ekspektasi. Ia hanya bermain selama setengah musim dengan torehan 24 pertandingan serta 5 gol dan 3 assist. Torehan tersebut ia catatkan selama setengah musim sebelum hengkang ke Lazio pada paruh kedua.

Baca Juga: 6 Pemain yang Dilepas Aston Villa ke Man City sebelum Jack Grealish

3. Robinho

5 Pemain Manchester City yang Pakai Nomor 10 sebelum Jack GrealishRobinho (mancity.com)

Robinho merupakan salah satu pemain besar yang dimiliki Manchester City pada era kepemilikan Thaksin Sinawatra. Winger asal Brasil ini diboyong dengan harga mahal pada awal musim 2008/2009 dari Real Madrid.

Robinho mengambil nomor punggung 10, nomor serupa dengan yang ia gunakan kala berseragam Real Madrid. Seiring datangnya banyak pemain bintang, Robinho perlahan tersingkir dari Manchester City pada musim kedua. Total 16 gol dan 12 assist dari 53 laga ia ciptakan untuk The Cityzens.

4. Edin Dzeko

5 Pemain Manchester City yang Pakai Nomor 10 sebelum Jack GrealishEdin Dzeko (mancity.com)

Sukses membawa VfL Wolfsburg juara Bundesliga pada 2008/2009 dan menjadi top scorer Bundesliga pada musim selanjutnya, Edin Dzeko akhirnya diboyong Manchester City pada awal musim 2010/2011. Ia langsung mengakuisisi nomor punggung 10.

Berbeda dengan Bianchi yang justru mengecewakan, Edin Dzeko sukses bermain apik bersama Manchester City. Di tengah banyaknya penyerang top di Manchester City, Dzeko mampu untuk bersaing. Selama 5 musim, ia mencetak 72 gol dan 38 assist dari 189 laga untuk The Cityzens.

5. Sergio Aguero

5 Pemain Manchester City yang Pakai Nomor 10 sebelum Jack GrealishSergio Aguero (id.mancity.com)

Dari sekian banyak pemain yang pernah membela Manchester City, Sergio Aguero menjadi salah satu pemain yang paling berjasa dalam kemajuan tim ini. Hal ini cukup beralasan. Aguero sukses menghadirkan banyak gelar juara dari 10 musimnya di klub ini.

Sebagai penyerang tajam, Aguero sukses membukukan 260 gol dan 73 assist dari 390 laga. Selama berseragam Manchester City, Aguero pernah menggunakan dua nomor berbeda, yakni 16 dan 10. Nomor punggung 10 baru ia gunakan pada 2015/2016 hingga akhirnya hengkang ke Barcelona pada 2020/2021

Jack Grealish masih dianggap flop sejauh ini. Pria asal Birmingham tersebut harus berusaha keras untuk membuktikan diri di Manchester City agar disebut layak mengemban tanggung jawab besar sebagai pemegang nomor punggung 10.

Baca Juga: Manchester City Resmi Cetak Rekor Transfer Jack Grealish

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya