5 Pemain Manchester United yang Pakai Nomor 1 Sebelum David De Gea

Pernah dipakai kiper-kiper legendaris

David De Gea terus menjadi bagian penting Manchester United dari musim ke musim. Sangat sulit mengganti posisi De Gea sebagai kiper utama Setan Merah.

Saat ini, David De Gea menggunakan nomor punggung 1 di Manchester United. Pertanyaannya, apakah David De Gea merupakan pemain terbaik dibandingkan kiper Manchester United lain yang pernah menggunakan nomor punggung 1?

Untuk mengetahui hal tersebut, simak ulasan performa lima pemain Manchester United yang pakai nomor 1 sebelum David De Gea berikut ini.

1. Peter Schmeichel

5 Pemain Manchester United yang Pakai Nomor 1 Sebelum David De GeaPeter Schmeichel (manutd.com)

Dedikasi dan performanya membuat Peter Schmeichel sangat melegenda di Manchester. Meski bukan berasal dari tim akademi, Peter Schmeichel tumbuh bersamaan dengan Class of 92 Manchester United.

Selama 8 musim (1991—1999) membela Manchester United, Peter Schmeichel hampir selalu menggunakan nomor punggung 1. Kiper asal Denmark ini sukses mencatatkan 173 nirbobol dari 385 laga selama berseragam Manchester United.

Kejutan datang ketika ia memilih untuk pindah dari Manchester United usai kemenangan di UEFA Champions League 1999. Ia memilih untuk pindah ke Sporting CP. Empat tahun kemudian, Schmeichel justru kembali ke Manchester untuk bergabung dan pensiun bersama Manchester City.

2. Mark Bosnich

5 Pemain Manchester United yang Pakai Nomor 1 Sebelum David De GeaMark Bosnich (manutd.com)

Kepergian Peter Schmeichel yang cukup mendadak membuat Manchester United dan Sir Alex Ferguson memutar otak untuk mencari pengganti. Banyak kiper potensial pernah didatangkan untuk menambal posisi yang hilang.

Salah satu pemain yang didatangkan untuk mengganti Schmeichel adalah Mark Bosnich, kiper asal Australia yang bermain 2,5 musim untuk Manchester United. Sejatinya, Bosnich juga pernah berseragam Manchester United pada 1990/1991.

Ia memilih untuk pindah ke Aston Villa guna karier yang lebih baik. Pada musim panas 1999, Bosnich kembali ke Manchester United. Akan tetapi, 14 nirbobol dari 35 laga yang ia catatkan tak membuat Bosnich bertahan lama.

Baca Juga: Janji Setia David De Gea: Mau Pensiun di Manchester United

3. Fabien Barthez

5 Pemain Manchester United yang Pakai Nomor 1 Sebelum David De GeaFabien Barthez (manutd.com)

Jawaban dari pengganti sepadan Peter Schmeichel setidaknya terjawab pada awal musim 2000/2001 ketika Manchester United mendatangkan Fabien Barthez. Kiper yang membawa Prancis juara Piala Dunia 1998 ini bermain selama 3 musim (2000—2003) di Manchester United.

Penampilannya cukup apik ketimbang beberapa kiper yang sebelumnya didatangkan. Ia sukses mencatatkan 50 nirbobol dari 139 laga. Namun, Barthez akhirnya memilih untuk pulang ke Marseille pada Januari 2004.

4. Tim Howard

5 Pemain Manchester United yang Pakai Nomor 1 Sebelum David De GeaTim Howard (premierleague.com)

Tim Howard merupakan sosok pesepak bola Amerika Serikat yang sangat dikenal ketika berseragam Everton. Sebelum bergabung dengan The Tofees, Howard pernah menjadi kiper nomor 1 di Manchester United, tepatnya pada 2003/2004.

Dua musim setelahnya, Howard justru lebih sering menjadi pemain cadangan. Selama 3 tahun (2003—2006), Howard yang pernah 2 musim menggunakan nomor punggung 1 di Manchester United ini sukses mencatatkan 31 nirbobol dari 77 laga.

5. Edwin van der Sar

5 Pemain Manchester United yang Pakai Nomor 1 Sebelum David De GeaEdwin van der Sar (manutd.com)

Edwin van der Sar bisa disebut sebagai salah satu kiper terbaik dalam sejarah Manchester United. Ketika bergabung dari Fulham pada 2005, van der Sar sudah tak lagi muda.

Kendati demikian, van der Sar tampil luar biasa pada usianya yang tergolong veteran. Kiper asal Belanda ini akhirnya pensiun bersama The Red Devils pada akhir musim 2010/2011. Ia sukses menorehkan 263 laga dengan catatan 135 nirbobol untuk Manchester United.

David De Gea merupakan sosok besar dan sangat berpengaruh di Manchester United. Performanya mungkin sudah sejajar dengan Peter Schmeichel atau Edwin van der Sar. Namun, secara prestasi, De Gea belum mendapatkan hal tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Pakai Nomor 20 sebelum Diogo Dalot

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya