5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Real Madrid

Didominasi pemain berposisi kiper!

Perlu diakui bahwa Real Madrid merupakan tim terbesar di Spanyol, bahkan di Benua Eropa. Bergelimang gelar juara dengan stok pemain bintang yang selalu datang di setiap masanya membuat klub ini selalu besar.

Namun, tak banyak dari pemain-pemain bintang tersebut yang akhirnya pensiun di Real Madrid. Raul Gonzalez, Fernando Hierro, hingga Iker Casillas justru pensiun setelah keluar dari Real Madrid.

Siapa sajakah pemain yang pernah pensiun di klub asal ibu kota Spanyol ini? Berikut ini kami sajikan daftar dan ulasan lima pemain terakhir yang pensiun di Real Madrid.

1. Jerzy Dudek

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Real MadridJerzy Dudek (twitter.com/europaleague)

Karier Jerzy Dudek saat masih berstatus sebagai pesepak bola profesional dikenal saat ia membela Liverpool. Kiper asal Polandia ini bermain 6 musim untuk Liverpool dan jadi pahlawan ketika The Reds menjadi juara Champions League 2005.

Setelah hengkang dari Liverpool pada 2007, Dudek bergabung dengan Real Madrid. Di klub tersebut, kiprah Dudek tak begitu dikenal karena hanya jadi pelapis dari sosok Iker Casillas. Sebelum akhirnya pensiun pada akhir musim 2010/2011, Dudek hanya mencatat 18 penampilan.

2. Zinedine Zidane

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Real MadridZinedine Zidane (twitter.com/championsleague)

Zinedine Zidane merupakan sosok yang sangat sukses bersama Real Madrid, baik sebagai pemain maupun pelatih. Pemain asal Prancis ini bermain selama 5 musim untuk Los Blancos (2001—2006). Dalam kurun waktu tersebut, Zidane sukses mencetak 49 gol dan 67 assist dari 226 laga.

Momen Piala Dunia 2006 antara Timnas Prancis dan Timnas Italia menjadi laga terakhir dalam karier Zidane. Pada pertandingan tersebut, Zidane mendapatkan kartu merah dan disanksi tak boleh aktif dalam dunia sepak bola selama dua tahun. Hal tersebutlah yang membuat Zidane memutuskan untuk pensiun.

Baca Juga: Usai De Gea, Kini Giliran Zidane yang Kena Semprot Ten Hag

3. Manolo Sanchis

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Real MadridManolo Sanchis (twitter.com/sromaen)

Manolo Sanchis merupakan bek yang sangat setia membela Real Madrid. Sanchis berasal dari La Fabrica dan menghabiskan 18 tahun karier profesionalnya hanya untuk membela Real Madrid.

Sanchis juga pernah menjabat sebagai kapten Real Madrid dalam waktu lama. Selama kariernya di Los Blancos, Sanchis sukses mencetak 40 gol dan 5 assist dari 686 laga sebagai seorang bek tengah. Ia pun pensiun pada akhir musim 2000/2001.

4. Bodo Ilgner

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Real MadridBodo Illgner (twitter.com/olympia_vintage)

Bersamaan dengan pensiunnya Manolo Sanchis, Real Madrid juga kehilangan kiper yang pensiun pada akhir musim 2000/2001. Sosok tersebut adalah Bodo Illgner, kiper legendaris Jerman yang membela Real Madrid selama 5 musim (1996—2001).

Illgner menjadi sosok kiper utama Real Madrid sebelum Iker Casillas merajainya dalam belasan tahun. Selama membela Real Madrid, Illgner sukses mencatatkan 116 pertandingan dengan torehan 34 nirbobol.

5. Paco Buyo

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Real MadridPaco Buyo (tellerreport.com)

Sama seperti Jerzy Dudek dan Bodo Illgner, nama yang terakhir juga berposisi sebagai kiper. Dia adalah Paco Buyo, pria berkebangsaan Spanyol yang membela Real Madrid selama 11 tahun (1986—1997).

Paco Buyo memang tak pernah mempersembahkan gelar juara Champions League untuk Real Madrid. Namun, dengan 432 laga dengan torehan 176 nirbobolnya, Paco Buyo sukses melahirkan 12 gelar juara dari 3 kompetisi berbeda.

 

Pensiunnya Jerzy Dudek pada tahun 2011 menandakan sulitnya persaingan Real Madrid untuk dihuni oleh pemain-pemain veteran. Kualitas dari tim ini selalu terjaga dengan regenerasi yang berjalan setiap masanya.

Baca Juga: 5 Kapten Real Madrid yang Tidak Pensiun di Real Madrid

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya