6 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu bersama Aston Villa

Ada legenda Chelsea dan Timnas Inggris

Meski saat ini lebih dikenal sebagai tim papan tengah, Aston Villa tetap dianggap sebagai klub terpandang di tanah Britania Raya. Tim asal kota Birmingham ini menjadi salah satu klub Inggris yang pernah memenangkan gelar juara Liga Champions. Momen tersebut terjadi pada musim 1981/1982.

Jika bicara soal prestasi di Eropa, Aston Villa jelas lebih sukses ketimbang beberapa tim besar Inggris, seperti Arsenal, Tottenham Hotspur, dan Everton. Selain itu, Aston Villa pun pernah tercatat pernah 7 kali menjadi juara Liga Inggris dan 7 kali Piala FA. Dengan sejarahnya yang mentereng, tak heran banyak pemain bintang pernah membela klub ini.

Tak sekadar bermain, beberapa pemain pun memutuskan untuk gantung sepatu bersama Aston Villa. Hingga pertengahan musim 2023, terhitung ada 33 pemain yang pensiun di klub ini. Untuk mengetahui gambarannya, berikut ini penulis sajikan ulasan mengenai enam pemain terakhir yang pensiun bersama The Villans.

1. Ahmed Elmohamady

6 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu bersama Aston VillaAhmed Elmohamady (avfc.co.uk)

Pemain terakhir yang memutuskan pensiun bersama Aston Villa adalah Ahmed Elmohamady. Bek berkebangsaan Mesir ini pensiun pada akhir musim 2020/2021 setelah membela The Villans selama 4 musim (2017--2021). Selama membela Aston Villa, Elmohamady cukup diandalkan dengan torehan 4 gol dan 17 assist dari 129 laga. Meski telah pensiun, Elmohamady masih berhubungan dengan Aston Villa sebab ia merupakan salah satu sosok representasi klub di Afrika Utara.

2. Mark Bunn

6 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu bersama Aston VillaMark Bunn (avfc.co.uk)

Meski bermain selama 4 musim (2015--2019), kiprah Mark Bunn di Aston Villa tak terlalu mentereng. Pasalnya, ia hanya berperan sebagai kiper cadangan ketika berseragam The Villans. Selama membela klub tersebut, Mark Bunn hanya mencatat 21 penampilan dengan torehan 5 nirbobol. Saat ini ia melanjutkan karier sebagai pelatih kiper di Cambridge United.

3. Micah Richards

6 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu bersama Aston VillaMicah Richards (avfc.co.uk)

Bersamaan dengan pensiunnya Mark Bunn, Micah Richards pun memutuskan gantung sepatu. Mantan bek Manchester City dan Fiorentina ini bermain selama 4 tahun (2015--2019) untuk Aston Villa. Dalam kurun waktu tersebut, Micah Richards hanya mencatat 31 laga dengan sumbangan 2 gol dan 1 assist. Minimnya permaina Micah Richards di Aston Villa disebabkan ia tak mencatatkan pertandingan pada 2 musim terakhirnya (2017--2019). Saar ini, ia terkenal sebagai pundit di beberapa stasiun televisi Britania Raya.

Baca Juga: Penuh Tawa! Tim John Terry Gilas Tim Nesta di Stadion Patriot

4. John Terry

6 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu bersama Aston VillaJohn Terry (avfc.co.uk)

John Terry memang sangat tersohor ketika berseragam Chelsea. Akan tetapi, The Blues bukan tim terakhir yang ia bela. Tim tersebut adalah Aston Villa, klub yang dibela Terry selama semusim pada 2017/2018. Selama membela Aston Villa, Terry cukup disegani dan mencatatkan banyak penampilan. Pada tahun 2023 ini, John Terry menjabat sebagai asisten pelatih di Leicester City.

5. Christopher Samba

6 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu bersama Aston VillaChristopher Samba (avfc.co.uk)

Selain John Terry, Aston Villa pun ditinggal bek lain yang pensiun pada akhir musim 2017/2018. Sosok tersebut adalah Christopher Samba, bek berkebangsaan Kongo yang membela Aston Villa pada musim 2017/2018 saja. Berbeda dengan Terry yang diandalkan, Samba justru jarang dimainkan ketika berseragam The Villans. Samba hanya mencatat 14 laga dengan sumbangan 1 gol.

6. Gabriel Agbonlahor

6 Pemain Terakhir yang Gantung Sepatu bersama Aston VillaGabriel Agbonlahor (avfc.co.uk)

Sama seperti dua nama sebelumnya, Gabriel Agbonlahor pun pensiun pada akhir musim 2017/2018. Selama berkiprah bersama Aston Villa, Agbonlahor sangat disayangi oleh penggemar The Villans. Selain karena performa apiknya, Agbonlahor pun tercatat sebagai penduduk asli Birmingham dan pemain jebolan akademi Aston Villa. Sejak berkarier secara profesional pada 2005, Agbonlahor tak pernah pindah secara permanen dari Aston Villa. Oleh karena itu, ia bisa mencatat 86 gol dan 60 assist dari 391 laga.

 

Aston Villa benar-benar menjadi tempat yang nyaman untuk mengakhiri karier sebagai pesepak bola profesional. Selain enam nama di atas, terdapat pula beberapa pemain ternama yang memutuskan pensiun bersama Aston Villa. Sebut saja, Martin Laursen, Luc Nilis, dan Chris Sutton.

Baca Juga: 5 Pemain Gratisan Terakhir yang Direkrut Aston Villa, Ada Tielemans

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya