5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Everton

Beberapa nama begitu loyal bersama Everton

Meski tak tergolong sebagai tim big six English Premier League, Everton tetap berstatus sebagai tim besar dan legendaris. Everton juga tak pernah merasakan degradasi sejak EPL dengan format baru pada musim 1992/1993.

Klub ini bahkan telah ada sebelum Liverpool lahir dan menjadi klub yang lebih besar dari mereka. Tak heran beberapa pemain tak keberatan untuk pensiun di klub ini. Berikut adalah daftar dan ulasan lima pemain terakhir yang pensiun bersama Everton.

1. Leighton Baines

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama EvertonLeighton Baines (premierleague.com)

Pemain terakhir yang pensiun bersama Everton adalah Leighton Baines. Mantan bek kiri Timnas Inggris ini memutuskan untuk pensiun pada akhir musim 2019/2020 setelah 13 musim membela The Toffees.

Baines sangat setia bersama Everton meski sempat digoda oleh beberapa tim besar Inggris. Dari tiga belas tahun masa pengabdiannya, Baines sukses mencetak 39 gol dan 52 assist dari 420 laga sebagai bek kiri. Saat ini ia menjabat sebagai pelatih tim U-18 Everton.

2. Leon Osman

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama EvertonLeon Osman (premierleague.com)

Sama seperti Leighton Baines, Leon Osman juga sangat lama mengabdi di Everton. Osman berasal dari tim akademi Everton yang dipromosikan pada tahun 2002. Selama kariernya, Osman selalu bersama Everton meski pernah dipinjamkan ke Carlisle United dan Derby County.

Jika ditotalkan, Osman juga bermain selama tiga belas tahun untuk Everton. Setelah mencatatkan 433 laga dengan sumbangan 58 gol dan 39 assist sebagai gelandang, Osman pun pensiun bersama Everton pada akhir musim 2015/2016.

Baca Juga: 5 Pemain Bola Ini Memutuskan Pensiun pada Pertengahan 2022

3. Tony Hibbert

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama EvertonTony Hibbert (twitter.com/everton)

Everton sering kali dihuni oleh pemain yang loyal. Selain dua nama sebelumnya, Tony Hibbert juga sangat setia membela Everton. Hibbert yang berasal dari akademi Everton promosi ke tim utama pada tahun 2000.

Enam belas tahun kemudian, Hibbert akhirnya pensiun bersama klub kesayangannya tersebut. Ia pensiun bersamaan dengan Leon Osman pada akhir musim 2015/2016. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini sukses mencatatkan 328 laga dengan sumbangan 10 assist.

4. Phil Neville

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama EvertonPhil Neville (premierleague.com)

Setelah sebelas tahun membela Manchester United, Phil Neville memutuskan untuk bergabung dengan Everton pada awal musim 2005/2006. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini pernah menjabat sebagai kapten Everton.

Adik dari Gary Neville ini akhirnya gantung sepatu pada akhir musim 2012/2013 bersama Everton. Selama membela The Toffees, Phil Neville sukses mencatatkan 303 pertandingan dengan torehan 5 gol dan 13 assist.

5. Thomas Hitzlsperger 

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama EvertonThomas Hitzlsperger (avfc.co.uk)

Thomas Hitzlperger merupakan salah satu gelandang asal Jerman yang cukup lama berkarier di English Premier League. Ia pernah bermain untuk Aston Villa, West Ham United, dan Everton.

Sempat pulang ke Jerman untuk bermain bersama VfL Wolfsburg, Hitzlperger kembali ke EPL untuk bermain bersama Everton. Ia bermain selama semusim untuk Everton dengan catatan sembilan penampilan saja. Ia pensiun pada akhir musim 2012/2013.

 

Dari kelima nama yang pensiun bersama Everton, kebanyakan dari mereka begitu loyal bersama klub asal Merseyside ini. Nama besar Everton sebagai tim legendaris mungkin menjadi alasan mereka ingin pensiun bersama Everton.

Baca Juga: 10 Potret Amadou Onana, Gelandang Bertahan Teranyar Everton

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya