5 Pemain Penting yang Membawa Barcelona Juara LaLiga 2022/2023 

Robert Lewandowski paling berpengaruh

Barcelona akhirnya mengunci gelar juara LaLiga Spanyol 2022/2023 pada pekan ke-34. Kepastian tersebut didapat Blaugrana setelah memenangi Derbi Katalan kontra Espanyol dengan skor 4-2. Hasil tersebut membuat Barcelona berjarak 14 poin dari Real Madrid yang menjadi pesaing terdekat. Ini sangat membanggakan bagi Barcelona dan penggemarnya. Sebab, gelar tersebut merupakan gelar juara LaLiga ke-27 dalam sejarah.

Selama perjalanan mereka musim ini, Barcelona sering tampil dengan komposisi pemain berbeda. Namun, jika dilihat secara terperinci, beberapa pemain lebih sering dimainkan. Mereka memiliki kontribusi yang lebih besar dan menjadi kunci skuad Barcelona pada 2022/2023.

Siapa sajakah pemain yang memiliki kontribusi paling besar? Layakkah mereka disebut sebagai pemain kunci Barcelona pada 2022/2023? Berikut ini daftar dan ulasannya!

1. Marc-Andre ter Stegen

5 Pemain Penting yang Membawa Barcelona Juara LaLiga 2022/2023 Marc-Andre ter Stegen (fcbarcelona.com)

Berposisi sebagai kiper utama Barcelona dalam beberapa tahun terakhir, Marc-Andre ter Stegen disebut sebagai pemain paling penting. Faktanya, Ter Stegen tak pernah sekali pun absen dalam 34 laga. Bahkan, ia tak pernah absen semenit pun.

Catatan tersebut membuat Marc-Andre Ter Stegen menjadi pemain yang paling sering dimainkan oleh Xavi Hernandez sejauh ini. Namun, dengan keberhasilan Barcelona menjadi juara pada pekan ke-34, seharusnya Ter Stegen bisa beristirahat. Xavi bisa saja mencoba Inaki Pena atau Arnau Tenas untuk mengawal gawang Blaugrana.

2. Alejandro Balde

5 Pemain Penting yang Membawa Barcelona Juara LaLiga 2022/2023 Alejandro Balde (fcbarcelona.com)

Secara mengejutkan, Alejandro Balde hadir sebagai pemain bertahan dengan catatan penampilan paling banyak di Barcelona pada musim 2022/2023. Bermain di posisi bek kiri, Balde mampu menggantikan Jordi Alba yang telah menua. Padahal, musim ini merupakan debut Balde di tim senior Barcelona.

Hingga pekan ke-34, Balde telah memainkan 29 laga dengan menyumbangkan 5 gol di LaLiga 2022/2023. Angka tersebut jauh lebih besar dari Jules Kounde, Andreas Christensen, atau Ronald Araujo. Berkat penampilan ini, Balde mendapatkan panggilan pertama Timnas Spanyol dan bisa bermain di Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Barcelona pada 2022/2023, Termasuk Pedri dan Gavi

3. Gavi

5 Pemain Penting yang Membawa Barcelona Juara LaLiga 2022/2023 Gavi (fcbarcelona.com)

Bukan rahasia lagi jika Gavi merupakan salah satu pemain yang diandalkan Xavi Hernandez. Meski usianya baru menginjak 18 tahun, Gavi telah menunjukan permainan yang ciamik. Ia tampil layaknya pemain yang telah menginjak usia matang.

Sejauh ini, Gavi telah memainkan 32 laga. Ia mampu menyumbangkan 1 gol dan 2 assist. Gavi merupakan pemain yang paling diandalkan di lini tengah Barcelona musim ini.

4. Raphinha

5 Pemain Penting yang Membawa Barcelona Juara LaLiga 2022/2023 Raphinha (fcbarcelona.com)

Didatangkan sebagai pembelian termahal pada awal musim 2022/2023, kedatangan Raphinha dari Leeds United ternyata tak sia-sia bagi Barcelona. Pemain asal Brasil ini menunjukan performa dan kontribusi signifikan bagi tim. Ia sangat layak masuk dalam daftar ini.

Meski kiprahnya di Barcelona kerap tertutup pemain lain, permainan Raphinha ternyata punya pengaruh besar. Hingga pekan ke-34 LaLiga 2022/2023, Raphinha telah mencetak 7 gol dan 6 assist dari 31 pertandingan yang ia mainkan. Angka tersebut merupakan persebaran paling merata dari pemain Barcelona lain pada musim ini.

5. Robert Lewandowski

5 Pemain Penting yang Membawa Barcelona Juara LaLiga 2022/2023 Robert Lewandowski (fcbarcelona.com)

Sama seperti Raphinha, Robert Lewandowski pun pemain baru di Barcelona. Meski baru, Lewandowski menjadi pemain yang paling berpengaruh bagi Barcelona dalam segi penyerangan. Catatan gol maupun assist-nya menjadi yang terbanyak di Barcelona hingga pekan ke-34 LaLiga 2022/2023.

Penyerang asal Polandia ini mencetak 19 gol dan 6 assist dari 29 pertandingan. Dengan penampilan apiknya ini, Barcelona dengan mudah menjadi juara pada pekan ke-34. Ia sangat layak mendapatkan penghargaan pemain terbaik LaLiga pada akhir musim nanti.

Tanpa mengecilkan kontribusi besar dari pemain-pemain Barcelona lain, lima pemain inilah yang dinilai sebagai kunci permainan. Mereka menonjol karena kontribusi dan catatan yang mereka torehkan. Selamat untuk Barcelona yang telah menjadi juara LaLiga 2022/2023!

Baca Juga: Lewandowski dan Sederet Pemain Barcelona yang Berusia 30 Tahun Lebih

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya