5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Gantung Sepatu Bersama Fenerbahce

Torehkan beragam prestasi

Klub asal Kota Istanbul sangat mendominasi torehan gelar juara di Liga Turki. Mereka cukup populer dan kerap memiliki deretan pemain berkelas dari musim ke musim. Dari tiga klub terkenal asal Istanbul, Fenerbahce menjadi salah satu yang paling gemilang.

Hal itu dibuktikan dengan catatan 19 gelar juara Liga Turki yang mereka dapatkan. Dengan prestasi mentereng tersebut, tak heran jika banyak pemain hebat yang ingin bermain atau bahkan pensiun di klub ini. Seperti lima pemain berikut ini yang tergolong sebagai pemain terakhir yang pensiun di Fenerbahce.

1. Emre Belozoglu

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Gantung Sepatu Bersama FenerbahceEmre Belozoglu (fenerbahce.org)

Selama berkarier sebagai pesepak bola profesional, Emre Belozoglu pernah membela tiga tim asal Istanbul, yakni Galatasaray, Fenerbahce, dan Istanbul Basaksehir. Dari ketiga klub tersebut, Emre paling lama membela Fenerbahce. Ia pertama kali bergabung pada 2008 setelah hengkang dari Newcastle United.

Sempat hengkang ke Atletico Madrid pada pertengahan 2012, Emre pun pulang ke Fenerbahce pada awal tahun 2013. Jika dijumlahkan, Emre bermain dalam 227 penampilan dengan sumbangan 33 gol dan 28 assist sebelum akhirnya pensiun pada akhir musim 2019/2020. Selepas pensiun, kini Emre menjabat sebagai pelatih dari Istanbul Basaksehir.

Baca Juga: 7 Pemain yang Direkrut Secara Gratis oleh Fenerbahce, Dzeko Terbaru

2. Volkan Demirel

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Gantung Sepatu Bersama FenerbahceVolkan Demirel (fenerbahce.org)

Volkan Demirel adalah legenda besar bagi Fenerbahce dan sepak bola Turki. Pemain yang berposisi sebagai kiper ini mengabdi dalam waktu lama, yakni selama 17 tahun (2002--2019). Dalam kurun waktu tersebut, Volkan sangat diandalkan dan tak pernah berpindah tim meski sempat digoda oleh tim lain.

Dari keseluruhan kariernya, Demirel terhitung absen sebagai kiper utama Fenerbahce hanya pada musim pertama dan terakhirnya. Tak heran jika Volkan bisa mencatat 523 pertandingan dengan torehan 198 nirbobol. Sekarang, Volkan melanjutkan kariernya sebagai seorang pelatih untuk tim Liga Turki, Hatayspor.

3. Mehmet Topuz

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Gantung Sepatu Bersama FenerbahceMehmet Topuz (kiri) (.fenerbahce.org)

Mehmet Topuz merupakan seorang pemain sayap yang hanya memiliki 17 caps di Timnas Turki. Topuz bukanlah pemain yang selalu bersinar sepanjang musim. Ia tercatat hanya bersinar pada musim 2010/2011. Sedangkan sisanya ia tampil sebagai pemain biasa.

Kendati demikian, Topuz berperan aktif membawa 6 trofi dari 3 kompetisi berbeda untuk Fenerbahce. Topuz sendiri mengabdi untuk Fenerbahce selama 7 tahun sebelum pensiun pada akhir musim 2015/2016. Selama membela Sarı Kanaryalar, Topuz mencatatkan 217 penampilan dengan sumbangan 13 gol dan 30 assist

4. Raul Meireles

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Gantung Sepatu Bersama FenerbahceRaul Meireles (twitter.com/OficialMeireles)

Raul Meireles melanjutkan kariernya di Liga Turki setelah bermain belasan tahun di Liga Portugal dan English Premier League. Tepatnya pada 2012, Meireles bergabung dengan Fenerbahce. Selama berseragam klub asal Istanbul tersebut, penampilan Meireles dapat dikatakan cukup baik.

Bahkan, hingga akhirnya pensiun pada akhir musim 2015/2016, nama Meireles selalu disuarakan oleh penggemar Fenerbahce. Secara keseluruhan, gelandang asal Portugal ini mencatatkan 105 pertandingan dengan catatan 8 gol dan 12 assist. Saat pensiun, Meireles masih berusia 33 tahun.

5. Kennet Anderson

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Gantung Sepatu Bersama FenerbahceKennet Andersson (fifa.com)

Fenerbahce pernah diperkuat oleh penyerang legendaris asal Swedia, Kennet Anderson. Momen tersebut awalnya terjadi ketika Anderson datang pada awal musim 2000/2001 dari Bologna. Setelah bermain selama 2 musim, Anderson pensiun pada akhir musim 2002.

Saat berseragam Fenerbahce, Kennet cukup sering tampil meski tak banyak mencetak gol. Total, 16 gol dan 15 assist dari 63 penampilan berhasil dibukukan Anderson. Saat ini, ia menjabat sebagai anggota supervision board dari IFK Goteborg.

Sejak terakhir kali Emre pensiun pada akhir musim 2019/2020, tak banyak pemain tua yang berseragam Fenerbahce. Namun, jika melihat skuad yang ada, Edin Dzeko tampaknya bisa mengakhiri karier indahnya di Fenerbahce. Sebab kini, penyerang asal Bosnia & Herzegovina tersebut telah berusia 37 tahun.

Baca Juga: 5 Penyerang Top Fenerbahce yang Bergabung dari Klub Papan Atas Eropa

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya