5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Newcastle United

Alan Shearer menjadi yang paling berkesan

Jauh sebelum mendapat suntikan dana besar Public Invesment Fund, Newcastle United telah dikenal sebagai tim legendaris. Banyak pemain hebat berstatus bintang yang hilir mudik membela tim ini.

Tak heran membela Newcastle United merupakan sebuah kebanggan bagi pesepak bola. Itulah yang mungkin dirasakan oleh para pemain yang pensiun di klub ini. Berikut kami rangkum lima pemain terakhir yang pensiun bersama Newcastle United.

1. Jesus Gamez

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Newcastle UnitedJesus Gamez (nufc.co.uk)

Pemain yang terakhir kali gantung sepatu bersama Newcastle United adalah Jesus Gamez. Faktanya, Newcastle United merupakan satu-satunya klub non-Spanyol yang pernah dibela Jesus Gamez dalam kariernya.

Jesus Gamez datang ke Newcastle United pada awal musim 2016/2017. Setelah bermain dua musim dengan catatan sepuluh penampilan, Jesus Gamez pun memutuskan untuk pensiun pada akhir musim 2017/2018.

2. Sol Campbell

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Newcastle UnitedSol Campbell (twitter.com/arsenal)

Jika bicara soal Sol Campbell, Tottenham Hotspur dan Arsenal menjadi klub yang dekat dengan sosok legenda Timnas Inggris ini. Namun, Campbell justru tak mengakhiri kariernya bersama dua klub tersebut.

Klub terakhir yang ia bela ialah Newcastle United. Campbell sendiri bermain di Newcastle United hanya pada musim 2010/2011. Cambell hanya mencatat delapan penampilan bersama The Magpies sebelum pensiun pada akhir musim tersebut.

Baca Juga: Duel Manchester United Vs Newcastle Berakhir Antiklimaks

3. Mark Viduka

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Newcastle UnitedMark Viduka (twitter.com/classicshirts)

Mark Viduka merupakan salah satu penyerang terbaik dalam sejarah sepak bola Australia. Kariernya sebagai pesepak bola banyak ia habiskan untuk klub-klub asal Inggris, seperti Leeds United, Middlesbrough, dan Newcastle United.

Bahkan, ia mengakhiri kariernya di Inggris, tepatnya bersama Newcastle United pada akhir musim 2009/2010. Bermain selama dua musim, Viduka sukses mencetak 7 gol dan 4 assist dari 40 pertandingan untuk Newcastle.

4. Pavel Srnicek

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Newcastle UnitedPavel Srnicek (nufc.co.uk)

Nama selanjutnya adalah Pavel Srnicek, kiper berkebangsaan Republik Ceko yang membela Newcastle United pada dua kesempatan berbeda. Srnicek pertama kali datang ke Newcastle United pada Januari 1991.

Newcastle United juga menjadi tim pertamanya setelah hengkang dari Ceko. Selepas akhir musim 1998/1999, Srnicek pun pindah dari Newcastle United untuk membela beberapa klub. Pada musim 2006/2007, Srnicek kembali ke Newcastle United.

Namun, untuk kali ini, ia hanya bertahan semusim. Pasalnya, ia pensiun pada akhir musim 2006/2007. Secara keseluruhan, Srnicek bermain dalam 184 pertandingan bersama The Magpies.

5. Alan Shearer

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Newcastle UnitedAlan Shearer (nufc.co.uk)

Alan Shearer sangat dikenal sebagai penyerang tertajam sekaligus penyerang terbaik dalam sejarah Inggris. Dalam kariernya, Alan Shearer tak pernah membela klub raksasa Inggris. Ia menghabiskan kariernya bersama Southampton, Blackburn Rovers, dan Newcastle United.

Dari ketiga klub tersebut, Shearer paling lama membela Newcastle United. Bermain selama sepuluh musim (1996—2006) untuk tim asal kota kelahirannya tersebut, Shearer sukses mengemas 206 gol dan 58 assist dari 405 laga. Ia pun pensiun pada akhir musim 2005/2006.

 

Dengan sumber daya keuangan yang disebut-sebut tak terbatas, Newcastle United siap menjelma tim kontender juara EPL dalam beberapa musim ke depan. Bayangkan saja, berapa banyak pemain bintang yang akan singgah, bahkan pensiun di klub ini.

Baca Juga: Legenda, 5 Momen Emas Alan Shearer Bersama Newcastle United

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya