5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama Valencia

Tiga pemain pernah berjuang bersama pada masa kejayaan

Meski saat ini sedang berjuang untuk keluar dari zona degradasi LaLiga Spanyol 2022/2023, Valencia layak digolongkan sebagai tim besar. Mereka pernah berjaya, bahkan jadi finalis UEFA Champions League (UCL) 2001.

Tak heran jika banyak pemain besar pernah membela tim ini. Beberapa pemain top tersebut juga memutuskan pensiun di Valencia.

1. David Albelda

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama ValenciaDavid Albelda (laliga.com)

David Albelda adalah sosok legendaris di skuad Valencia. Gelandang bertahan berkebangsaan Spanyol ini menghabiskan hampir seluruh kariernya untuk Valencia. Ia bergabung dengan Valencia pada 1996 sebagai pemain yang promosi dari tim akademi.

Albelda menjalani 3 musim profesional pertamanya sebagai pemain pinjaman di Villarreal. Pulang pada 1999, ia tak pernah lagi keluar dari Valencia hingga akhirnya pensiun pada akhir 2012/2013.

2. Miguel

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama ValenciaMiguel Brito (valenciacf.com)

Setelah 7 musim membela Valencia, Miguel Brito akhirnya memutuskan pensiun pada akhir 2011/2012. Pemain berposisi bek sayap ini didatangkan dari Benfica pada awal 2005/2006.

Selama berkarier di Valencia, Miguel pernah punya andil besar dalam membawa Valencia juara Copa del Rey 2008. Secara keseluruhan, ia berhasil mengoleksi 3 gol dan 15 assist dari 237 pertandingan.

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Gennaro Gattuso di Valencia

3. Ruben Baraja

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama ValenciaRuben Baraja (valenciacf.com)

Valencia merupakan klub yang paling lama dibela Ruben Baraja dalam karier profesionalnya. Pria yang saat ini menjabat sebagai pelatih Valencia ini bergabung dengan Los Che pada awal 2000/2001.

Bermain sangat apik dan memberikan kontribusi besar, Ruben Baraja pun bertahan hingga pensiun. Torehan 55 gol dan 19 assist dari 358 laga menjadi catatannya selama berseragam Valencia.

4. Santiago Canizares

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama ValenciaSantiago Canizares (twitter.com/championsleague)

Santiago Canizares juga berjuang pada era yang sama dengan David Albelda dan Ruben Baraja. Setelah 10 tahun membela Real Madrid, Santiago Canizares pun pindah ke Valencia pada awal 1998/1999.

Canizares mulai menanjak ketika berseragam Valencia meski namanya telah dikenal publik ketika berseragam Real Madrid. Dengan total 10 tahun membela Valencia, Canizares sukses mencetak 171 nirbobol dari 413 laga.

5. Ivan Helguera

5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama ValenciaIvan Helguera (realmadrid.com)

Sama seperti Santiago Canizares, Ivan Helguera pindah dari Real Madrid untuk bergabung dengan Valencia. Bek berkebangsaan Spanyol ini bergabung dengan Los Che pada awal 2007/2008.

Tak seperti Canizares, Helguera hanya bertahan di Valencia dalam waktu singkat. Sebab, Helguera yang mencatat 43 penampilan dengan sumbangan 2 gol ini memutuskan untuk pensiun pada pertengahan 2008/2009.

Valencia menjadi tempat pensiun bagi beberapa pemain ternama. Sebut saja Didier Deschamps, Amadeo Carboni, Javier Garrido, Luis Milla, dan Andoni Zubizarreta.

Baca Juga: 10 Potret Samuel Lino, Winger Valencia Pinjaman dari Atletico Madrid

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya