6 Pemain Terakhir yang Menggunakan Nomor 5 AS Roma sebelum Evan Ndicka

Salah satu nomor punggung favorit

AS Roma mendapatkan pemain kedua mereka pada bursa tranfer musim panas 2023. Setelah mendapatkan Houssem Aouar, I Giallorossi kini mendapatkan Evan Ndicka yang didatangkan dari Eintracht Frankfurt, Kamis (22/6/2023). Houssem Aouar maupun Evan Ndicka didatangkan secara gratis.

Kedatangan Evan Ndicka jelas menjadi tambahan tenaga bagi pertahanan AS Roma yang kerap kecolongan. Sebab, ia merupakan tipe bek tangguh, disiplin, dan kuat dalam duel bola udara. Ia adalah sosok yang pas untuk mengisi pos palang pintu AS Roma.

Saat diperkenalkan, Evan Ndicka langsung memilih nomor punggung 5 untuk seragamnya nanti. Nomor punggung tersebut pernah dipakai oleh beberapa pemain kunci AS Roma, khususnya untuk posisi bek tengah. Lalu, seperti apa kiprah para pendahulu Evan Ndicka yang sama-sama memakai nomor punggung 5?

1. Philippe Mexes

6 Pemain Terakhir yang Menggunakan Nomor 5 AS Roma sebelum Evan NdickaPhilippe Mexes (asroma.com)

Philippe Mexes sangat akrab dengan nomor 5 dipunggungnya. Dari 17 tahun kariernya sebagai pesepak bola profesional, Mexes menggunakan nomor punggung tersebut selama 15 musim. Salah satunya ketika berseragam AS Roma selama 7 tahun (2004--2011). Saat berseragam I Giallorossi, Mexes tampil sangat hebat dan menonjol dengan mencatat 267 laga dengan sumbangan 15 gol dan 9 assist sebagai seorang bek tengah.

2. Gabriel Heinze

6 Pemain Terakhir yang Menggunakan Nomor 5 AS Roma sebelum Evan NdickaGabriel Heinze (asroma.com)

Gabriel Heinze hanya semusim berseragam AS Roma. Momen tersebut terjadi pada 2011/2012 ketika didatangkan secara gratis dari Olympique Marseille. Mewarisi nomor punggung 5 peninggalan Philippe Mexes, Heinze sebetulnya bermain baik dengan mencatat 32 pertandingan. Sayangnya, ia tak bertahan lama karena ingin pulang ke Newell Old Boys, tim Argentina yang merupakan tim masa kecilnya.

3. Leandro Castan

6 Pemain Terakhir yang Menggunakan Nomor 5 AS Roma sebelum Evan NdickaLeandro Castan (asroma.com)

Leandro Castan datang pada 2012/2013 dari Corinthians dan langsung mewarisi nomor punggung 5. Bek asal Brasil ini berseragam AS Roma selama 4 tahun (2012--2016). Dalam kurun waktu tersebut, penampilan Castan cukup stabil meski tak begitu menonjol. Secara keseluruhan, Castan hanya mencatat 1 gol dan 1 assist dari 81 laga.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Terlibat Transfer AS Roma dan Ajax

4. Leandro Paredes

6 Pemain Terakhir yang Menggunakan Nomor 5 AS Roma sebelum Evan NdickaLeandro Paredes (asroma.com)

Leandro Paredes pernah tercatat sebagai bagian dari skuad AS Roma selama 3 musim (2014--2017). Namun, ia baru memakai nomor punggung 5 ketika memasuki musim terakhirnya, yakni pada 2016/2017. Bicara soal performanya bersama I Giallorossi, Paredes memang tampil cukup gemilang. Ia mencatat 4 gol dan 2 assist dari 52 laga. Penampilan apiknya itu membuat Paredes diboyong Zenit St Petersburg dengan harga mahal.

5. Juan Jesus

6 Pemain Terakhir yang Menggunakan Nomor 5 AS Roma sebelum Evan NdickaJuan Jesusi (asroma.com)

Saat nomor punggung 5 dipakai oleh Leandro Paredes pada 2016/2017, Juan Jesus masih memakai nomor 3. Namun, setelah Paredes hengkang, nomor punggung tersebut akhirnya diakuisisi bek asal Brasil ini. Juan Jesus sendiri bermain selama 5 musim (2016--2021) untuk AS Roma. Penampilannya cukup apik meski tak begitu bersinar. Pasalnya, ia lebih sering menjadi pemain cadangan. Untungnya, ia memiliki torehan penampilan yang cukup banyak.

6. Matias Vina

6 Pemain Terakhir yang Menggunakan Nomor 5 AS Roma sebelum Evan NdickaMatias Vina (asroma.com)

Matias Vina menggunakan nomor punggung 5 ketika pertama kali berseragam AS Roma pada 2021/2022. Akan tetapi, ia mengganti nomor punggungnya menjadi 17 pada musim kedua. Sejauh ini, Matias Vina baru efektif bermain selama 1,5 musim untuk AS Roma. Sebab, pada musim keduanya, pria asal Uruguay ini dipinjamkan ke AFC Bournemouth. Ia akan kembali berseragam AS Roma pada 2023/2024 mendatang.

Nomor punggung 5 merupakan salah satu nomor punggung favorit di AS Roma. Hampir tiap musim, nomor punggung ini digunakan pemain mereka. Umumnya, pengguna nomor punggung 5 di AS Roma adalah pemain yang berposisi sebagai bek tengah dan gelandang bertahan.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Pergi dari AS Roma pada Musim Panas 2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya