11 Pemain Terbaik Liga Inggris 2023, Dominasi Big Six!

Terbaik dari yang terbaik

English Premier League (EPL) 2022/2023 menghadirkan drama tak terduga. Arsenal yang mendominasi hampir semusim penuh justru gagal juara karena disalip Manchester City pada akhir musim. Ini ditambah penampilan Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Chelsea yang kurang mengesankan sebagai klub papan atas.

Kehadiran Brighton & Hove Albion dan Newcastle United yang tiba-tiba ada di papan atas makin memanaskan kasta tertinggi Liga Inggris. EPL menjadi sangat seru untuk disaksikan. Namun, jika bicara soal pemain terbaik dalam semusim, pemain-pemain dari klub Big Six tetap mendominasi.

Mereka memang mentereng soal statistik. Kendati demikian, sejumlah pemain dari klub kejutan juga layak dikategorikan sebagai pemain terbaik untuk posisinya. Siapa saja pemain terbaik Liga Inggris 2023?

1. David Raya

11 Pemain Terbaik Liga Inggris 2023, Dominasi Big Six!David Raya (premierleague.com)

David Raya mencuri perhatian bersama Bretford pada 2022/2023 lalu. Kiper asal Spanyol ini selalu tampil cekatan. Ia mampu menjadi bintang bagi klubnya dari laga ke laga. Soal statistik, Raya mencatat 154 penyelamatan dan 12 nirbobol dari 38 laga. Torehan penyelamatannya tersebut merupakan yang tertinggi di Premier League musim lalu. Sedangkan, jumlah nirbobolnya ada di peringkat kelima.

2. William Saliba

11 Pemain Terbaik Liga Inggris 2023, Dominasi Big Six!William Saliba (twitter.com/premierleague)

Arsenal tampil mengejutkan pada 2022/2023 lalu. Mereka sempat menguasai puncak klasemen sebelum dikudeta Manchester City. Salah satu faktor menurunnya penampilan Arsenal adalah cederanya William Saliba pada pertengahan musim. Ini cukup wajar mengingat Saliba memang sulit ditembus. Ia menjadi pemain kunci di jantung pertahanan Arsenal musim lalu.

3. Nathan Ake

11 Pemain Terbaik Liga Inggris 2023, Dominasi Big Six!Nathan Ake (premierleague.com)

Nathan Ake harus masuk dalam daftar ini. Sebab, ia sering menjadi penentu permainan Pep Guardiola dalam beberapa pertandingan. Kemampuannya sebagai pemain serbabisa memungkinkannya tampil di dua posisi, bek kiri dan bek tengah. Ini juga mendukungnya masuk jajaran 11 pemain terbaik Liga Inggris 2023.

4. Kieran Trippier

11 Pemain Terbaik Liga Inggris 2023, Dominasi Big Six!Kieran Trippier (nufc.co.uk)

Kieran Trippier layak mengisi posisi bek kanan dalam daftar ini. Meski tak lagi muda, ia tampil sangat kreatif sebagai salah satu pemimpin Newcastle United pada 2022/2023 lalu. Bek asal Inggris ini aktif bergerak membantu lini penyerangan dan pertahanan dengan cepat. Trippier sulit tergantikan. Ia mencatat 38 penampilan serta mencetak 1 gol dan 7 assist untuk The Magpies.

5. Oleksandr Zinchenko

11 Pemain Terbaik Liga Inggris 2023, Dominasi Big Six!Oleksandr Zinchenko (arsenal.com)

Pindah ke Arsenal pada musim panas 2022 membuat Oleksandr Zinchenko bisa menunjukkan sinarnya sebagai pemain hebat. Pada musim lalu, Zinchenko tampil impresif dengan etos kerja yang ia berikan untuk The Gunners. Tak heran jika pria asal Ukraina ini bisa mengisi satu tempat di posisi bek kiri dalam daftar pemain terbaik ini. Ia dinilai lebih mentereng ketimbang Luke Shaw, Andrew Robertson, dan Ben Chilwell musim ini.

Baca Juga: 5 Top Skor Termuda dalam Sejarah EPL, Ada Erling Haaland!

6. Moises Caicedo

11 Pemain Terbaik Liga Inggris 2023, Dominasi Big Six!Moises Caicedo (brightonandhovealbion.com)

Brighton & Hove Albion mengejutkan publik karena berhasil menjadi kuda hitam di Premier League 2022/2023. Salah satu pemain yang sangat berperan dalam keberhasilan The Seagulls ini adalah Moises Caicedo. Pria asal Ekuador ini sangat mendominasi lini tengah dengan etos kerja tinggi dan atribut bertahannya yang mentereng. Ia layak masuk daftar 11 pemain terbaik Liga Inggris 2023. Brighton kini memagarinya dengan banderol mahal pada bursa transfer musim panas 2023.

7. Kevin De Bruyne

11 Pemain Terbaik Liga Inggris 2023, Dominasi Big Six!Kevin De Bruyne (mancity.com)

Kevin De Bruyne makin memantapkan diri sebagai salah satu gelandang terbaik dunia. Hal tersebut ia tunjukkan kala membela Manchester City pada 2022/2023. Gelandang asal Belgia ini mencatat 7 gol dan 18 assist dari 32 penampilan di Premier League. Catatan assist-nya merupakan yang tertinggi di EPL 2022/2023.

8. Martin Odegaard

11 Pemain Terbaik Liga Inggris 2023, Dominasi Big Six!Martin Odegaard (premierleague.com)

Dua pemain asal Norwegia menunjukkan kelasnya di Premier League 2022/2023. Salah satunya Martin Odegaard yang tampil impresif bersama Arsenal. Jenderal lini tengah The Gunners ini tampil produktif dalam hal sumbangsih gol. Ia menjadi kunci permainan Arsenal sepanjang musim. Odegaard mencatatkan 15 gol dan 8 assist dari 37 laga.

9. Mohammed Salah

11 Pemain Terbaik Liga Inggris 2023, Dominasi Big Six!Mohamed Salah (liverpoolfc.com)

Permainan Liverpool cukup kacau pada 2022/2023. The Reds sempat tercecer sebelum bisa finis di posisi kelima di klasemen akhir Premier League musim lalu. Meski begitu, Mohamed Salah tetap tampil gemilang. Penampilan Salah memang tak sebaik musim-musim sebelumnya. Namun, torehan 19 gol dan 12 assist yang ia cetak dari 38 laga membuat penyerang asal Mesir ini layak masuk dalam daftar 11 pemain terbaik Liga Inggris 2023.

10. Harry Kane

11 Pemain Terbaik Liga Inggris 2023, Dominasi Big Six!Harry Kane (premierleague.com)

Serupa dengan Liverpool, Tottenham Hotspur pun kurang memuaskan. Kendati demikian, Harry Kane tetap bersinar. Penyerang andalan Timnas Inggris ini tajam dengan mencetak 30 gol dan 3 assist dari 38 laga di Premier League 2022/2023. Ia bertengger di posisi kedua sebagai pemain tersubur di kasta tertinggi Liga Inggris musim lalu.

11. Erling Haaland

11 Pemain Terbaik Liga Inggris 2023, Dominasi Big Six!Erling Haaland (premierleague.com)

Dengan statusnya sebagai top scorer Premier League 2022/2023, Erling Haaland tentu layak masuk dalam daftar ini. Penyerang asal Norwegia tersebut tampil ganas pada musim pertamanya. Haaland mencatat 36 gol dan 8 assist dari 35 penampilan. Ia membuktikan jika dirinya sebagai salah satu pemain terbaik dunia yang mampu cepat beradaptasi. Dengan prestasi menterengnya ini, Haaland berpotensi mendapatkan gelar Ballon d'Or.

Pemain-pemain ini dipilih berdasarkan peran dan statistik di lapangan. Nama-nama seperti Casemiro, Virgil van Dijk, Bukayo Saka, Luke Shaw, Rodri, Ilkay Guendogan, dan Emiliano Martinez juga menjadi pertimbangan. Namun, nama-nama dalam daftar ini paling layak masuk 11 pemain terbaik Liga Inggris 2023.

Baca Juga: 11 Pemain Terbaik Liga Jerman 2023, Persebaran Merata!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya