5 Top Skor Termuda dalam Sejarah EPL, Ada Erling Haaland!

Rekor termuda dipegang legenda Liverpool

Erling Haaland menjadi salah satu pemain paling disorot pada 2022/2023. Striker Manchester City itu tampil tajam dengan catatan 52 gol di semua ajang. Ketajaman Haaland membawa Manchester City menorehkan sejarah dengan memenangi treble winners.

Haaland juga berhasil meraih beberapa gelar individu. Salah satunya adalah menjadi top skor English Premier League (EPL) 2022/2023. Untuk ukuran striker yang baru berusia 22 tahun, itu adalah capaian luar biasa.

Meski begitu, apakah itu berarti Erling Haaland adalah pemain termuda yang pernah menjadi top skor EPL? Ternyata tidak. Berikut ini lima top skor termuda dalam sejarah EPL.

1. Michael Owen (18 tahun)

5 Top Skor Termuda dalam Sejarah EPL, Ada Erling Haaland!Michael Owen (liverpoolfc.com)

Rekor top skor Premier League termuda masih dipegang Michael Owen. Striker legendaris Inggris itu pertama kali menjadi top skor EPL saat membela Liverpool pada 1997/1998. Itu adalah musim penuh pertama Owen di sana. Saat itu, usianya bahkan belum genap 19 tahun.

Hebatnya, Owen langsung menjadi pemain tertajam dengan 18 gol. Bahkan, pada musim berikutnya, ia kembali jadi top skor EPL dengan jumlah gol yang sama. Menjadi top skor pada usia 18 dan 19 tahun adalah rekor Owen yang belum terpecahkan hingga kini.

2. Andy Cole (22 tahun)

5 Top Skor Termuda dalam Sejarah EPL, Ada Erling Haaland!Andy Cole (nufc.co.uk)

Berikutnya, ada tiga pemain yang pernah menjadi top skor Premier League saat berusia 22 tahun. Di antara mereka, yang termuda adalah Andy Cole. Ia menjadi top skor EPL bersama Newcastle United pada 1993/1994 dengan koleksi 34 gol.

Saat resmi menyabet gelar top skor, usia Cole adalah 22 tahun 7 bulan. Karena ketajamannya, ia juga terpilih sebagai pemain muda terbaik musim tersebut. Selain itu, Newcastle United berhasil finis di peringkat ketiga klasemen EPL berkat sumbangsih Cole.

Baca Juga: Harry Kane, Simbol Kesetiaan Tottenham Hotspur yang Penuh Nestapa

3. Harry Kane (22 tahun)

5 Top Skor Termuda dalam Sejarah EPL, Ada Erling Haaland!Harry Kane (tottenhamhotspur.com)

Harry Kane adalah pemain aktif dengan gol terbanyak di Premier League. Ia mampu mencetak 213 gol sejauh ini. Kane juga sudah tiga kali meraih gelar top skor EPL. Yang pertama diraih sang striker Tottenham Hotspur pada 2015/2016.

Gelar top skor itu membuatnya masuk daftar top skor termuda dalam sejarah EPL. Saat itu, Kane yang berusia 22 tahun 9 bulan mencetak 25 gol. Ia bahkan sudah tampil tajam sejak musim sebelumnya, alias saat berusia 21 tahun. Sayangnya, torehan 21 gol di EPL 2014/2015 tak membuatnya jadi top skor karena kalah tajam dari Sergio Aguero.

4. Erling Haaland (22 tahun)

5 Top Skor Termuda dalam Sejarah EPL, Ada Erling Haaland!Erling Haaland (instagram.com/erling.haaland)

Erling Haaland menjadi top skor termuda keempat dalam sejarah Premier League. Ia menyabet gelar top skor EPL 2022/2023 saat berusia 22 tahun 10 bulan. Meski bukan yang termuda, Haaland punya rekor sebagai pemain tertajam dalam semusim EPL berkat torehan 36 golnya.

Selain itu, tak seperti tiga pemain di atas, gelar top skor Haaland disertai keberhasilan timnya juara EPL. Tak heran jika ia terpilih sebagai pemain terbaik sekaligus pemain muda terbaik EPL 2022/2023. Haaland pun menjadi pemain pertama yang meraih dua gelar itu bersamaan.

5. Cristiano Ronaldo (23 tahun)

5 Top Skor Termuda dalam Sejarah EPL, Ada Erling Haaland!Cristiano Ronaldo (twitter.com/ManUtd)

Pemain kelima dalam daftar ini adalah legenda Manchester United, Cristiano Ronaldo. Pemain yang akrab disapa CR7 itu memang sudah menunjukkan kebintangannya sejak usia muda. Gelar top skor pertama dalam karier Ronaldo hadir pada usia 23 tahun di Premier League 2007/2008.

Saat itu, 31 gol Ronaldo sempat membuatnya jadi pemain tertajam di EPL dalam format 38 laga. Capaian itu makin lengkap karena disertai gelar juara EPL dan Liga Champions Eropa bagi Manchester United. Bahkan, Ronaldo sukses memenangi Ballon d'Or pertamanya pada 2008.

Erling Haaland berhasil menjadi salah satu top skor termuda dalam sejarah EPL. Namun, rekor Michael Owen tak tersentuh Haaland. Adakah pemain muda yang bisa memecahkan rekor Owen suatu saat nanti?

Baca Juga: 6 Pemain Muda Terbaik di Premier League 2022/2023, Ada Haaland 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya