5 Pemain Terpenting dalam Perjalanan Kroasia di Piala Dunia 2022

Tim kuda hitam yang layak disebut unggulan

Piala Dunia 2022 Qatar menjadi milik Argentina. Namun, Kroasia patut berbangga karena mengakhiri turnamen ini dengan menjadi tim peringkat tiga. Mereka mendapatkan itu setelah mengalahkan Maroko di perebutan tempat ketiga pada 17 Desember 2022.

Beberapa pemain patut mendapat apresiasi dari keberhasilan Kroasia. Mereka tampil apik dan berkontribusi besar. Inilah pemain terpenting dalam perjalanan Kroasia di Piala Dunia 2022.

1. Dominik Livakovic

5 Pemain Terpenting dalam Perjalanan Kroasia di Piala Dunia 2022Dominik Livakovic (twitter.com/hns_cff)

Apresiasi setinggi-tingginya patut disematkan kepada sosok Dominik Livakovic. Pasalnya, ia beberapa kali menjadi pahlawan bagi Timnas Kroasia selama Piala Dunia 2022, termasuk saat menang adu penalti kontra Jepang dan Spanyol.

Livakovic tak pernah tergantikan di Piala Dunia 2022. Meski akhirnya tak membawa Kroasia ke final, Livakovic yang kini bermian di Dinamo Zagreb patut menjadi buruan panas pada jendela transfer musim panas 2022.

2. Andrej Kramaric

5 Pemain Terpenting dalam Perjalanan Kroasia di Piala Dunia 2022Andrej Kramaric (twitter.com/euro2024)

Pensiunnya Mario Mandzukic sempat membuat Zlatko Dalic kewalahan untuk mendapatkan penyerang berkualitas untuk lini serang Kroasia. Namun, Andrej Kramaric sukses menjadi solusi jitu bagi Zlatko Dalic.

Pemain TSG Hoffenheim ini cukup tajam di Piala Dunia 2022. Ia sukses mencetak 2 gol dari 7 laga, meski tak selalu bermain selama 90 menit tiap pertandingan. Faktanya, Kramaric menjadi pemain Kroasia paling tajam di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 6 Gelandang Termahal Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Ada Kovacic!

3. Ivan Perisic

5 Pemain Terpenting dalam Perjalanan Kroasia di Piala Dunia 2022Ivan Perisic (twitter.com/HNS_CFF)

Sebagai pemain senior dan pemain bintang di skuad Kroasia, kehadiran Ivan Perisic tentu sangat berpengaruh bagi rekan setimnya. Ivan Perisic bermain cepat selama Piala Dunia 2022 dengan menyisir sisi kiri Kroasia.

Penampilannya yang sangat impresif membuahkan 1 gol dan 3 assist yang dicetak untuk Kroasia. Catatan tersebut merupakan kombinasi tertinggi gol dan assist di antara pemain Kroasia lain di Piala Dunia 2022.

4. Luka Modric

5 Pemain Terpenting dalam Perjalanan Kroasia di Piala Dunia 2022Luka Modric (twitter.com/HNS_CFF)

Meski belum mengumumkan pensiun dari Timnas Kroasia, Piala Dunia 2022 tampaknya akan jadi Piala Dunia terakhir Luka Modric. Pasalnya, pemain Real Madrid ini sudah berusia 37 tahun, usia yang tak lagi muda bagi seorang pesepak bola.

Hadir sebagai pemain senior dan bintang, Luka Modric yang berstatus sebagai kapten tim sukses meningkatkan moral rekan setimnya. Ia bermain selama 656 menit dalam 7 laga tanpa sekali pun memulai laga dari bangku cadangan.

5. Josko Gvardiol

5 Pemain Terpenting dalam Perjalanan Kroasia di Piala Dunia 2022Josko Gvardiol (twitter.com/HNS_CFF)

Dari posisi pemain belakang, Josko Gvardiol sangat layak untuk mendapatkan apresiasi. Ia bermain sangat apik bersama Dejan Lovren dan mampu menyumbang 1 gol dari 7 laga yang ia mainkan untuk Kroasia.

Gol tersebut membawa Kroasia menjadi juara ketiga. Terlepas dari semua itu, Gvardiol merupakan bek muda berkualitas dan menjanjikan. Tak usah heran jika ia menjadi komoditas panas pada bursa transfer mendatang.

Keberhasilan Kroasia di Piala Dunia 2022 menjadikan mereka sebagai salah satu tim tersukses dalam enam penyelenggaraan Piala Dunia terakhir. Sebab, mereka mengakhiri tiga di antaranya dengan meraih medali, meski tak pernah jadi juara.

Baca Juga: 10 Potret Josko Gvardiol, Bek Muda Kroasia Andalan RB Leipzig

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya