5 Pemain Top Jebolan Akademi Le Havre yang Pernah Bermain di EPL

Le Havre, klub medioker yang mampu hasilkan nama-nama besar

Jarang sekali penggemar sepak bola indonesia yang mengetahui kiprah klub bernama AC Le Havre. Hal ini cukup dimaklumi karena Le Havre telah lama tidak bermain di kasta tertinggi sepak bola Prancis atau Ligue 1.

Kiprahnya pun jelas kalah jauh dari Marseille, Olympique Lyon, atau bahkan Paris Saint-Germain. Kendati demikian, Le Havre dikenal sebagai gudangnya pesepak bola berbakat. Banyak pemain hebat ternyata pernah menimba ilmu di tim akademi Le Havre.

Beberapa di antaranya bahkan pernah bermain di English Premier League (EPL). Berikut kami sajikan 5 pemain terbaik jebolan akademi Le Havre yang pernah merumput di EPL.

1. Steve Mandanda

5 Pemain Top Jebolan Akademi Le Havre yang Pernah Bermain di EPLSteve Mandanda (express.co.uk)

Nama Steve Mandanda sangat erat kaitannya dengan tim raksasa Ligue 1, Marseille. Hal ini cukup wajar karena Mandanda telah menghabiskan lebih dari 15 tahun bersama klub tersebut.

Namun, tak banyak yang mengetahui jika karier Mandanda justru dimulai dari Le Havre. Mandanda berada di tim akademi selama 5 tahun, tepatnya dari tahun 2000 hingga 2005 dan pernah berada di tim senior selama 2 musim.

Pada tahun 2017, Mandanda pernah mencoba peruntungan dengan bergabung bersama Crystal Palace. Akan tetapi, ia hanya bertahan selama semusim di Inggris dengan torehan penampilan 10 penampilan saja. Ia pun kembali ke Marseille dan masih menjadi kapten di klub tersebut hingga kini.

2. Lassana Diarra

5 Pemain Top Jebolan Akademi Le Havre yang Pernah Bermain di EPLLassana Diarra (skysports.com)

Selama 18 tahun kariernya di sepak bola, Lassana Diarra pernah membela tiga klub yang ada di EPL. Klub tersebut ialah Chelsea, Arsenal dan Portsmouth yang ia bela dari tahun 2005 hingga tahun 2009 dengan total 44 penampilan.

Sebelum pertama kali menapaki tanah Inggris, Diarra pernah menghabiskan dua tahun di tahun di tim akademi Le Havre dari 2002 hingga 2004. Setahun kemudian, ia dipromosikan ke tim utama dan mampu menarik perhatian Chelsea yang menjadi klub pertamanya di Inggris.

Baca Juga: Berstatus Lulusan Akademi, 5 Pemain Muda Ini Diandalkan Klub Top EPL

3. Dimitri Payet

5 Pemain Top Jebolan Akademi Le Havre yang Pernah Bermain di EPLDimitri Payet (skysports.com)

Pamor Dimitri Payet di sepak bola baru terdengar secara masif ke publik saat ia membela West Ham United. Kemampuannya dalam playmaking dan eksekusi tendangan bebeas membuat Payet mampu mencetak 11 gol dan 19 assists selama dua musim membela The Hammers di EPL.

Jauh sebelum itu, Payet yang lahir di pulau bernama Reunion ini pernah menimba ilmu di 4 akademi berbeda, salah satunya ialah Le Havre dari tahun 1999 hingga 2003. Akan tetapi, ia tidak pernah bermain di tim senior, karena FC Nantes menjadi tim akademi terakhirnya sebelum terjun ke sepak bola profesional.

4. Paul Pogba

5 Pemain Top Jebolan Akademi Le Havre yang Pernah Bermain di EPLPaul Pogba (skysports.com)

Banyak penggemar sepak bola yang hanya mengetahui perjalanan karier Paul Pogba saat berada di tim akademi Manchester United saja. Padahal, Pogba sempat membela 4 tim akademi berbeda, termasuk Le Havre yang ditempatinya dari tahun 2007 hingga 2009.

Saat ini, Pogba merupakan salah satu gelandang terbaik dunia. Walaupun kiprahnya di Manchester United agak sedikit mandeg, namun Pogba punya kualitas hebat untuk konsisten bersama timnas Prancis. Sejauh ini, Pogba telah mencetak 39 gol dan 51 assists untuk Manchester United dalam 229 laga.

5. Benjamin Mendy

5 Pemain Top Jebolan Akademi Le Havre yang Pernah Bermain di EPLBenjamin Mendy (skysports.com)

Benjamin Mendy menjadi nama terakhir dalam daftar ini. Bek kiri yang masih berstatus sebagai pemain Manchester City ini berada di tim akademi Le Havre selama 4 tahun dari 2007 hingga 2011. Ia juga pernah membela tim akademi Le Havre selama 2 musim.

Nama Benjamin Mendy justru dikenal publik ketika membela AS Monaco. Berkat performanya tersebutlah, Benjamin Mendy bisa dibeli mahal oleh Manchester City pada tahun 2017.

Meski saat ini, ia sedang terjerat kasus kriminal sehingga sudah tidak pernah bermain lagi. Sempat masuk penjara, kini ia menjadi tahanan rumah.

 

Le Havre sebetulnya memiliki pondasi hebat untuk menjadi tim besar di Prancis. Dengan produk akademi yang sudah terbukti, seharusnya Le Havre bisa mengatur keuangan lebih baik untuk membuat sistem klub yang lebih seimbang.

Baca Juga: 5 Pemain Top Dunia yang Ternyata Lulusan Akademi Le Havre

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya