Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Pernah Membela Chievo Verona dalam Sedekade Terakhir

Chievo Verona dan kenangan yang tertinggal

Walaupun bukan klub besar dengan segudang prestasi, namun Chievo Verona pantas untuk dikenang. Chievo pernah memberikan kejutan di Serie A sekitar awal medio 2000-an, ketika mereka berhasil finish di urutan kelima musim 2001/2002 dengan berstatus sebagai tim promosi.

Kemudian di musim 2005/2006, Chievo juga berhasil finish di posisi keempat, walaupun musim selanjutnya mereka terdegradasi ke Serie B. Seluruh prestasi dan kenangan pernah dicatatkan oleh Chievo Verona untuk para tifosi Serie A.

Namun sayang, kenangan tersebut tidak bisa dilanjutkan oleh Chievo untuk saat ini dan masa depan. Pasalnya klub berjuluk I Gialloblu ini secara resmi bangkrut dan bubar pada Agustus 2021.

Padahal beberapa pemain hebat pernah tercatat membela Chievo Verona dalam sedekade terakhir ini. Berikut ini 5 pemain di antaranya, check this out!

1. Fransesco Acerbi

5 Pemain Top yang Pernah Membela Chievo Verona dalam Sedekade TerakhirFransesco Acerbi (thelaziali.com)

Nama yang pertama ialah Fransesco Acerbi yang saat ini menjadi bek andalan dari Lazio. Dalam kariernya, Acerbi tercatat 2 kali membela Chievo Verona. Kesempatan pertama terjadi pada musim 2011/2012, ketika ia didatangkan dari Genoa dengan banderol sebesar 2 juta euro atau sekitar Rp32 miliar.

Semusim selanjutnya, Acerbi langsung dibeli AC Milan dan kembali lagi membela Genoa pada awal tahun 2013. Tak lama setelah Genoa membeli Acerbi dari AC Milan, ia kembali lagi ke Chievo Verona. Namun kini ia datang dengan status pinjaman berdurasi setengah musim.

Jika ditotalkan, Acerbi bermain selama 1,5 musim untuk Chievo Verona. Dalam kurun waktu tersebut, Acerbi mencatatkan 27 penampilan dan menceatk 1 gol sebagai seorang bek tengah.

2. Michael Bradley

5 Pemain Top yang Pernah Membela Chievo Verona dalam Sedekade TerakhirMichael Bradley (skysports.com)

Michael Bradley merupakan salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki oleh timnas Amerika Serikat. Bradley yang sekarang berstatus sebagai kapten dari Toronto FC ini pernah bermain di Serie A untuk dua tim. Chievo Verona merupakan tim pertama yang ia bela di Serie A.

Kala itu, Bradley dibeli dari Borussia Monchengladbach dengan banderol sebesar 1,2 juta euro atau sekitar Rp19 miliar pada Agustus 2011. Bersama Chievo, Bradley mampu tampil impresif sebagai pengatur lapangan tengah.

Ia mampu mencatatkan 35 penampilan selama musim 2011/2012. Permainan hebatnya tersebut akhirnya menarik perhatian AS Roma, yang kemudian membelinya semusim berselang.

Baca Juga: 5 Klub Ini Ternyata Pernah Juara Liga Serie A Italia, Klub Mana Saja?

3. Leandro Paredes

5 Pemain Top yang Pernah Membela Chievo Verona dalam Sedekade TerakhirLeandro Paredes (sempreinter.com)

Sebelum bermain untuk Paris Saint-Germain seperti saat ini, Leandro Paredes pernah lama meniti karier di Serie A Italia. Namun kebanyakan penggemar sepak bola pasti mengingatnya saat membela AS Roma.

Padahal, Chievo Verona merupakan klub pertama di Serie A yang dibela oleh gelandang berkebangsaan Argentina ini. Paredes datang ke Chievo dengan status pinjaman dari Boca Juniors selama setengah musim.

Namun sayang kesempatan pertamanya di Serie A bersama Chievo Verona bisa disebut gagal total. Pasalnya, ia hanya mampu mencatatkan 1 laga saja dama kurun waktu 6 bulan.

4. Cristiano Biraghi

5 Pemain Top yang Pernah Membela Chievo Verona dalam Sedekade TerakhirCristiano Biraghi (forzaitalianfootball.com)

Kapten tim Fiorentina, Cristiano Biraghi dikenal sebagai pemain yang sering bergonta-ganti tim di Serie A. Dari 13 tahun kariernya di Italia, total ada 9 klub berbeda yang pernah dibela oleh Biraghi. Salah satu klub tersebut ialah Chievo Verona.

Sama seperti Leandro Paredes, Biraghi juga datang ke Verona dengan status pinjaman. Kala itu di awal musim 2014/2015, ia didatangkan dari Inter Milan. Total 18 pertandingan ia catatkan selama berseragam Chievo Verona.

5. Simone Pepe

5 Pemain Top yang Pernah Membela Chievo Verona dalam Sedekade TerakhirSimone Pepe (skysports.com)

Nama Simone Pepe mulai dikenal publik ketika tampil gemilang bersama Udinese dan akhirnya dibeli oleh Juventus di tahun 2010. Setelah membela Si Nyonya Tua selama 5 musim, Pepe memutuskan untuk pindah ke Chievo Verona dengan status free transfer pada awal musim 2015/2016.

Usianya yang makin menua sebetulnya menjadi hambatan bagi Pepe untuk bisa menjadi tulang punggung I Gialloblu. Namun, pengalaman setidaknya menjadi hal yang paling dibutuhkan oleh Chievo Verona kala itu.

Di musim tersebut, Pepe berhasil mencatatkan 23 penampilan dengan catatan 2 gol dan 2 assists, sebelum akhirnya hengkang ke Pescara di musim selanjutnya.

 

Itulah 5 pemain top yang pernah membela Chievo Verona, setidaknya dalam kurun waktu sedekade terakhir. Sulit rasanya untuk melihat Chievo Verona kembali ada, layaknya Parma.

Sulitnya mencari investor menjadi alasan klub yang berdiri pada tahun 1929 ini akhirnya bubar dan meninggalkan kenangan. Terima kasih Chievo Verona!

Baca Juga: Dikabarkan Bakal Bubar, Ini 5 Fakta Unik Klub Chievo asal Italia

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Penulis udah lulus kuliah nih, IDN Media ga minat hire gitu?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya