5 Pemain Top yang Pernah Bela Girondins Bordeaux Sedekade Terakhir

Girondins de Bordeaux, tim elit Prancis yang hilang

Nama Girondins de Bordeaux sempat mengejutkan sepak bola Prancis, kala mereka berhasil mengganggu dominasi Olympique Lyon di antara tahun 2007 hingga tahun 2009. Bahkan di musim 2008/2009, Bordeaux berhasil meraih gelar juara di bawah asuhan Laurent Blanc.

Maklum saja, karena kala itu Bordeaux pernah diisi nama-nama besar seperti Marouane Chamakh, Yoann Gourcuff dan Alou Diarra yang menjadi kunci kesuksesan mereka. Namun dalam beberapa tahun terakhir, prestasi Les Girondins jauh dari kata memuaskan.

Mereka seolah-olah terlempar dari posisi papan atas liga dan harus berkutat di papan tengah bahkan papan bawah. Walaupun demikian, Bordeaux selalu dihuni dan selalu bisa untuk menghasilkan nama-nama besar. Lantas siapakah pemain top yang pernah membela Bordeaux dalam sedekade terakhir? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Yoann Gourcuff

5 Pemain Top yang Pernah Bela Girondins Bordeaux Sedekade TerakhirYoann Gourcuff (lexpress.fr)

Setelah dinilai gagal bersama AC Milan, Yoann Gourcuff memutuskan untuk kembali ke Prancis untuk bergabung bersama Bordeaux di tahun 2008. Saat pertama kali bergabung dengan Bordeaux, Gourcuff datang sebagai pemain pinjaman.

Dengan performa yang menakjubkan, pada tahun musim 2009 Gourcuff akhirnya dipermanenkan. Keputusan Bordeaux untuk mendatangkan Gourcuff sangatlah brilian.

Dengan penampilan impresifnya, Gourcuff berhasil mengangkat nama Bordeaux di antara tahun 2008 hingga 2011. Gelar juara Ligue 1 2008/2009 dan 2 kali gelar juara Coupe de France adalah prestasi terbesar yang berhasil Gourcuff raih selama 3 musim berseragam Bordeaux.

2. Malcom Silva

5 Pemain Top yang Pernah Bela Girondins Bordeaux Sedekade Terakhiren.as.com

Nama Malcom Silva sempat melejit dan menjadi hot prospect di jendela transfer musim panas tahun 2018. Hal tersebut bisa terjadi karena pemain berkebangsaan Brazil ini berhasil tampil luar biasa bersama Bordeaux yang telah ia bela sejak tahun 2016.

Puncaknya berada di musim 2017/2018, Malcom berhasil menampilkan 35 laga di kompetisi Ligue 1 dengan catatan 12 gol dan 7 assists. Akhirnya pada jendela transfer musim panas tahun 2018, melalui proses transfer yang alot Malcom akhirnya memilih untuk pindah ke Barcelona ketimbang AS Roma yang terlebih dahulu mendapatkan tanda tangannya.

Baca Juga: 5 Klub Ligue 1 Prancis yang Pernah Tampil di Final UCL, PSG Terbaru!

3. Jules Kounde

5 Pemain Top yang Pernah Bela Girondins Bordeaux Sedekade TerakhirJules Kounde (marca.com)

Sebelum dikenal sebagai salah satu bek muda paling berbakat di dunia, Jules Kounde merupakan bagian dari akademi Bordeaux dari tahun 2013 hingga 2017. Sejak usia muda bakat Kounde memang sudah terlihat. Kemampuannya dalam bola udara dan intersep adalah atribut terbaik yang Ia miliki.

Di tahun 2017, Kounde pertama kali dipromosikan ke skuad senior. Tidak butuh waktu lama untuk Kounde bisa dilirik oleh klub besar Eropa. Hanya dengan 70 laga dalam kurun waktu 2 musim, Kounde akhirnya dibeli oleh Sevilla seharga 25 juta euro atau sekitar Rp439 miliar pada tahun 2019.

4. Martin Braithwaite

5 Pemain Top yang Pernah Bela Girondins Bordeaux Sedekade TerakhirMartin Braitwhite (fcbarcelonalatestnews.com)

Mungkin banyak penggemar sepak bola mulai mengenal nama Martin Braithwaite saat bergabung bersama Barcelona pada tahun 2020. Namun jauh sebelum itu, Braithwaite juga sempat membela Bordeaux selama setengah musim.

Kala itu, Braithwaite datang dari Middlesbrough sebagai pemain pinjaman pada tahun 2018. Selama setengah musim berseragam Les Girondins, pemain berkebangsaan Denmark ini berhasil mencetak 4 gol dan 3 assists dalam 14 pertandingan yang ia jalani di kompetisi Ligue 1.

5. Laurent Koscielny

5 Pemain Top yang Pernah Bela Girondins Bordeaux Sedekade TerakhirLaurent Koscielny (arsenalfctransfernewsnow.blogspot.com)

Buruknya hubungan Unai Emery dengan para pemain kala Ia melatih Arsenal, berhasil dimanfaatkan oleh Bordeaux dengan baik. Pada awal musim 2019/2020, Bordeaux berhasil mendatangkan Laurent Konscielny yang kala itu menjabat sebagi kapten Arsenal dengan banderol sebesar 5 juta euro atau sekitar Rp87,7 miliar.

Kedatangan Koscielny ke Bordeaux jelas menjadi tenaga tambahan bagi tim yang banyak diisi pemain muda ini. Walaupun tidak selalu membawa Bordeaux bercokol di papan atas, namun Koscielny masih menjadi pemain andalan bagi Bordeaux. Tidak hanya itu, kepemimpinan dan pengalamannya di sepak bola menjadikannya terpilih sebagai kapten tim hingga saat ini.

 

Itulah 5 pemain top yang pernah membela Bordeaux dalam kurun waktu sedekade terakhir. Menurutmu akankah Bordeaux kembali menjadi tim papan atas Ligue 1 dalam beberapa tahun ke depan?

Baca Juga: 6 Klub Tersukses dalam Sejarah Ligue 1 Prancis, Ternyata Bukan PSG!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya