5 Pemain Top yang Pernah Membela Empoli Sedekade Terakhir

Empoli kembali ke Serie A dengan status juara!

Setelah sempat terdegradasi di musim 2018/2019, Empoli akhirnya bisa kembali ke Serie A untuk musim depan. Pada tanggal 25 Mei lalu, Empoli telah dipastikan mendapatkan satu tiket untuk lolos ke Serie A dan berhasil mengunci gelar juara Serie B pada akhir musim.

Empoli memang dikenal sebagai salah satu tim yoyo yang sering bolak-balik naik turun kasta di Liga Italia. Hal tersebut dapat terjadi karena Empoli selalu bisa mengorbitkan pemain hebat dalam beberapa waktu. Namun tak lama kemudian, pemain tersebut harus dijual untuk mengisi finansial tim.

Dalam sedekade terakhir, Empoli juga berhasil mengorbitkan para pemain hebat yang sekarang dikenal sebagai nama top bahkan legenda. Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut kami sajikan 5 di antaranya, check this out!

1. Leonardo Spinazzola

5 Pemain Top yang Pernah Membela Empoli Sedekade TerakhirLeonardo Spinazzola (raisport.rai.it)

Bek sayap andalan AS Roma dan timnas Italia saat ini, Leandro Spinazzola, pernah menjadi bagian skuad Empoli pada musim 2012/2013 sebagai pemain pinjaman. Empoli merupakan klub senior pertama yang dibela Spinazzola selepas dipromosikan oleh Juventus di tahun 2012.

Kurangnya jam terbang dan umurnya yang masih sangat muda menjadi alasan Spinazzola akhirnya dipinjamkan oleh Juventus ke Empoli pada musim tersebut. Namun sayang, kala berseragam Empoli, Spinazzola juga masih kekurangan menit bermain. Karena, ia hanya tampil sebanyak 7 kali di Serie B dengan sumbangan 1 gol dan 1 assist.

2. Piotr Zieliski

5 Pemain Top yang Pernah Membela Empoli Sedekade TerakhirPiotr Zielinski (eurosport.it)

Piotr Zielinski merupakan salah satu pesepak bola asal Polandia yang memiliki nilai pasar tertinggi saat ini. Tepat sebelum menjadi andalan Napoli dalam beberapa musim terakhir, Zielinski juga sempat berseragam Empoli selama dua musim dengan status sebagai pemain pinjaman dari Udinese.

Bersama Empoli, Zielinski berhasil tampil luar biasa dan menarik perhatian banyak tim besar, termasuk Napoli yang saat ini menjadi timnya. Tidak sempat kembali ke Udinese, Zielinski akhirnya dibeli oleh Napoli dengan banderol sebesar 16 juta euro atau sekitar Rp277 miliar pada jendela transfer musim panas 2016.

Baca Juga: 5 Gelandang yang Tampil Konsisten di Serie A Musim Ini, Ada Barella!

3. Leandro Paredes

5 Pemain Top yang Pernah Membela Empoli Sedekade TerakhirLeandro Paredes (sempreinter.com)

Sama seperti dua nama sebelumnya, Leandro Paredes juga datang ke Empoli dengan status sebagai pemain pinjaman. Pada tahun 2015, Paredes baru saja dibeli oleh AS Roma dari Boca Junior dan langsung dipinjamkan ke Empoli.

Keberadaan Daniele De Rossi, Miralem Pjanic, Kevin Strootman dan Seydou Keita di AS Roma menjadi alasan Paredes harus dipinjamkan untuk mendapat menit bermain yang cukup.

Beruntung bagi Paredes, Empoli merupakan klub yang tepat dan bisa meningkatkan performanya. Ia berhasil mencatatkan 33 penampilan selama musim 2015/2016 di ajang Serie A untuk Empoli. Hal tersebutlah yang menjadikan Paredes kembali ditarik ke AS Roma pada musim selanjutnya.

4. Alberto Gilardino

5 Pemain Top yang Pernah Membela Empoli Sedekade TerakhirAlberto Gilardino (goal.com)

Pemain yang ikut berjasa membawa Italia juara Piala Dunia 2006, Alberto Gilardino juga sempat berseragam Empoli. Masa keemasan dalam kariernya terjadi antara tahun 2004 hingga tahun 2014, kala ia masih berada di Serie A.

Namun setelah sempat mencoba peruntungan bersama Guangzhou Evergrande di Liga Cina pada tahun 2014, penampilan Alberto Gilardino perlahan menurun karena berbagai faktor. Di masa tersebutlah, Gilardino menjadi bagian dari skuad Empoli.

Tepatnya pada musim 2016/2017, Gilardino bergabung bersama Empoli dari Palermo dengan status bebas transfer. Namun sayang penampilannya bersama Empoli justru sangatlah mengecewakan.

Gilardino hanya mampu mencetak 1 gol dari 16 pertandingan. Torehannya bersama Empoli merupakan torehan terburuk dalam karier Gilardino di antara banyak klub yang pernah ia bela.

5. Ismael Bennacer

5 Pemain Top yang Pernah Membela Empoli Sedekade TerakhirIsmael Bennacer (nssmag.com)

Nama Ismael Bennacer pertama kali muncul ke permukaan kala ia menjadi bagian penting dari timnas Aljazair yang berhasil menjadi juara di ajang Piala Afrika 2019. Hal tersebut yang membuat Bennacer akhirnya dilirik banyak tim besar dan kemudian memutuskan untuk pindah ke AC Milan setelah ajang Piala Afrika selesai.

Tepat sebelum bergabung bersama AC Milan, Ismael Bennacer merupakan salah satu pemain penting bagi Empoli. Selama dua musim Bennacer bersaragam Empoli, ia berhasil memainkan 77 laga di semua ajang.

Tidak hanya itu, Bennacer juga berhasil mempersembahkan gelar juara Serie B di musim pertamanya, sekaligus menjadi tiket Empoli untuk lolos ke Serie A di musim 2018/2019.

 

Itulah 5 pemain top yang pernah berseragam Empoli dalam kurun waktu sedekade terakhir. Selain nama-nama tersebut, Daniele Rugani, Simone Verdi, Mattias Vecino dan Mario Rui juga pernah menjadi bagian dari tim yang berasal dari wilayah Tuscany ini.

Baca Juga: 7 Mantan Pemain Empoli yang Sukses Merebut Gelar Serie A di Klub Lain

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya