Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Pernah Membela Seattle Sounders

Seattle Sounders mencetak sejarah!

Dengan agregat 5-2 dari Pumas UNAM, Seattle Sounders memastikan diri sebagai juara CONCACAF Champions League 2022. Torehan ini jelas sangat membanggakan bagi Seattle Sounders.

Selain mematahkan dominasi tim Meksiko di ajang CONCACAF Champions League, Seattle Sounders juga mencatatkan sejarah sebagai klub Major League Soccer (MLS) pertama yang menjuarai kompetisi ini dalam format baru. Sebelum mereka, DC United dan Los Angeles Galaxy pernah memenanginya dengan format CONCACAF Champions Cup.

Jika dilihat dari skuadnya pada 2021/2022 ini, Seattle Sounders tak memiliki materi pemain bintang khas Eropa layaknya LA Galaxy, LA FC, atau Inter Miami. Namun, mereka mampu menjadi juara CONCACAF Champions League.

Seattle Sounders sendiri sebetulnya pernah dibela oleh beberapa nama besar yang punya karier hebat di Eropa. Siapa saja?

1. Kasey Keller

5 Pemain Top yang Pernah Membela Seattle SoundersKasey Keller (skysports.com)

Nama pertama ialah kiper legendaris Amerika Serikat, Kasey Keller. Kiper kelahiran Washington ini merupakan angkatan pertama yang mengembangkan sepak bola Amerika Serikat. Keller telah bermain sebagai pemain profesional sebelum Major League Soccer bergulir di Amerika Serikat.

Keller lebih lama berkarier di Eropa ketimbang di Amerika Serikat. Ia tercatat pernah membela Leicester City, Tottenham Hotspur, Borussia Monchengladbach, Southampton, dan Fulham. Soal kualitas, Keller pernah memenangi 3 kali penghargaan pemain terbaik Amerika Serikat (1997, 1999, dan 2005)

Menjelang pensiun, Keller memutuskan untuk berkarier di MLS bersama Seattle Sounders. Ia bergabung dari Fulham pada 2008 dengan status bebas transfer. Keller mencatatkan 118 pertandingan untuk Seattle Sounders sebelum pensiun pada 2012.

2. Freddie Ljungberg

5 Pemain Top yang Pernah Membela Seattle SoundersFreddie Ljungberg (skysports.com)

Freddie Ljunberg merupakan salah satu pilar kesuksesan Arsene Wenger saat melatih Arsenal. Pemain berkebangsaan Swedia ini menjadi pemain hebat di Arsenal dan pernah dua kali menjadi pemain terbaik Swedia (2002 dan 2006).

Setelah hengkang dari Arsenal pada 2007, Ljungberg memiliki karier yang tak stabil. Ia sempat berseragam West Ham United, Celtic, dan beberapa klub di Amerika Serikat serta Asia. Setelah dilepas West Ham United pada 2008, Ljungberg akhirnya merapat ke Seattle Sounders.

Meski begitu, kemampuan Ljungberg saat membela Seattle sudah tak sehebat saat berseragam Arsenal. Ia hanya mampu tampil dalam 40 laga dengan catatan 2 gol dan 6 assists dalam kurun waktu 2 musim.

Baca Juga: Ini Lima Transfer Pemain Termahal Dari MLS

3. Clint Dempsey

5 Pemain Top yang Pernah Membela Seattle SoundersClint Dempsey (skysports.com)

Clint Dempsey menjadi pemain bintang berkebangsaan Amerika Serikat lain yang membela Seattle Sounders. Mantan kapten timnas Amerika Serikat ini bergabung dengan Seattle Sounders pada 2013 setelah semusim bermain untuk Tottenham Hotspur.

Karier Dempsey bersama Seattle Sounders bisa dikatakan cukup baik. Pasalnya, selama 5 musim berseragam Seattle Sounders, Dempsey muncul sebagai tulang punggung tim dan mampu mencatatkan 57 gol dan 25 assist dari 136 pertandingan. Dempsey juga pensiun di Seattle Sounders pada 2018.

4. Obafemi Martins

5 Pemain Top yang Pernah Membela Seattle SoundersObafemi Martins (skysports.com)

Nama selanjutnya ialah Obafemi Martins, striker asal Nigeria yang pernah digadang-gadang akan menjadi pemain bintang. Namun, kariernya terganggu karena cedera kambuhan. Oleh karena itu, performanya kerap angin-anginan ketika membela Inter Milan, Newcastle United, dan VfL Wolfsburg.

Pada 2013, Martins mencoba peruntungan untuk bermain di MLS bersama Seattle Sounders. Pilihan yang ia ambil tersebut ternyata sangatlah tepat. Martins mampu tampil gemilang dan menjadi striker andalan tim asal negara bagian Washington ini.

Dalam kurun waktu 3 musim, Martins mampu mencetak 43 gol dan 22 assist dalam 84 pertandingan. Ia juga berkontribusi besar ketika Seattle Sounders menjadi juara US Open Cup 2013/2014.

5. Nelson Valdez

5 Pemain Top yang Pernah Membela Seattle SoundersNelson Valdez (skysports.com)

Seattle Sounders merupakan satu-satunya klub Major League Soccer yang pernah dibela mantan ujung tombak Tim Nasional Paraguay, Nelson Valdez. Sebelum bermain untuk Seattle, ia pernah memiliki karier bagus selama di Eropa bersama Borussia Dortmund, Werder Bremen, dan Valencia.

Sempat bermain di beberapa klub di berbagai benua, Valdez memutuskan untuk bergabung dengan Seattle Sounders pada 2015. Valdez hanya bermain selama 2 musim untuk Seattle Sounders dan hanya mampu mencatatkan 6 gol dan 2 assists dari 44 pertandingan.

Dengan prestasinya tahun ini, Seattle Sounders berhasil mencetak sejarah. Mungkinkah, Seattle Sounders mendorong dan menjadi pembuka keran klub MLS untuk memiliki prestasi hebat di tingkat benua?

Baca Juga: 6 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan Klub MLS, Ada Rekor Baru!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya