Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Pernah Membela Vitoria Guimaraes Sedekade Terakhir

Sering jadi pelabuhan pertama pemain top non-Eropa

Tidak banyak penggemar sepak bola Indonesia yang terlalu memperhatikan Liga Portugal. Maklum saja, Liga Portugal bukan termasuk dalam lima liga top Eropa menurut UEFA.

Padahal, jika dilihat dari performa di Liga Champions dalam beberapa tahun terakhir, tim Liga Portugal punya prestasi lebih mentereng ketimbang Ligue 1 Prancis. Tim-tim besar Portugal, seperti Sporting CP, Benfica, dan FC Porto, menjadi yang terbaik. Mereka dikenal sebagai pemasok calon pemain bintang berkualitas.

Selain ketiga nama itu, Vitoria Guimaraes juga dikenal sebagai distributor pemain hebat. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, beberapa nama top pernah bermain di klub ini. Siapa saja?

1. Ricardo Pereira

5 Pemain Top yang Pernah Membela Vitoria Guimaraes Sedekade TerakhirRicardo Pereira (skysports.com)

Nama pertama ialah Ricardo Pereira, bek kanan berkebangsaan Portugal yang saat ini bermain utnuk Leicester City. Pereira pernah jadi andalan Leicester City dan Timnas Portugal pada 2019. Sayangnya, performanya menurun dan membuat ia tergantikan.

Jauh sebelum itu, Pereira pernah menimba ilmu di tim akademi Vitoria Guimaraes. Ia promosi pada 2012 dan sempat membela tim senior Guimaraes selama 1,5 musim. Dalam kurun waktu tersebut, Pereira tampil impresif dengan sumbangan 6 gol dan 1 assist dari 38 laga.

2. Raphinha

5 Pemain Top yang Pernah Membela Vitoria Guimaraes Sedekade TerakhirRaphinha (skysports.com)

Raphinha menjadi salah satu pesepak bola yang namanya mencuat di English Premier League berkat permainan impresifnya. Winger berkebangsaan Brasil ini bermain sangat apik dan jadi top scorer Leeds United pada 2021/2022 lalu. Oleh karena itu, ia banyak dikabarkan didekati tim-tim besar, seperti Barcelona, Arsenal, dan Liverpool.

Vitoria Guimaraes merupakan tim pertama yang dibelanya saat menjejakan kaki di tanah Eropa pada 2016. Raphinha bermain selama 2 musim untuk tim tersebut serta sukses mencatatkan 22 gol serta 13 assist dari  84 laga.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Membela Granada dalam Sedekade Terakhir

3. Ricardo Quaresma

5 Pemain Top yang Pernah Membela Vitoria Guimaraes Sedekade TerakhirRicardo Quaresma (skysports.com)

Ricardo Quaresma merupakan pemain veteran yang penuh pengalaman. Dalam kariernya sebagai pesepak bola profesional, ia cukup banyak membela klub berbeda dari berbagai level.

Sejak 2020, Quaresma telah bergabung dengan Vitoria Guimaraes. Ia masih bermain hingga 2021/2022 lalu. Namun, saat ini, kontraknya bersama Guimaraes telah habis. Dalam 2 musim tersebut, mantan winger Barcelona dan Inter Milan ini mencatatkan 6 gol dan 7 assist dari 57 pertandingan.

4. Moussa Marega

5 Pemain Top yang Pernah Membela Vitoria Guimaraes Sedekade TerakhirMoussa Marega (skysports.com)

Moussa Marega pernah memiliki karier yang sangat hebat ketika membela FC Porto selama 5 musim. Selama membela Porto, penyerang asal Mali ini selalu diandalkan dan sukses mempersembahkan empat gelar juara. Marega sekarang bermain untuk Al-Hilal di Liga Arab Saudi.

Saat masih berseragam FC Porto, Moussa Marega pernah dipinjamkan ke Vitoria Guimaraes selama semusim. Momen tersebut terjadi pada 2016/2017. Dalam kurun waktu tersebut, Marega sukses mencatatkan 31 laga dengan torehan 14 gol dan 8 assist. Sejak itulah, Marega tak dipinjamkan lagi oleh FC Porto.

5. Edmond Tapsoba

5 Pemain Top yang Pernah Membela Vitoria Guimaraes Sedekade TerakhirEdmond Tapsoba (teamtalk.com)

Sama seperti Raphinha, tim Vitoria Guimaraes juga jadi tim pertama yang dibela Edmond Tapsoba di Eropa. Bek asal Burkina Faso ini pernah berada di tim akademi Guimaraes selama 1,5 tahun sebelum bermain di tim utama selama 6 bulan.

Waktu singkat tersebut berhasil menarik Bayer Leverkusen untuk merekrutnya. Hingga saat ini, Edmond Tapsoba masih jadi andalan Leverkusen dan banyak diburu tim besar Eropa. Selama 6 bulan membela Vitoria Guimaraes, Tapsoba sendiri sukses tampil meyakinkan dengan torehan 8 gol dan 1 assist dari 32 laga sebagai seorang bek tengah.

Kiprah Vitoria Guimaraes jelas kalah jauh dari klub elite Portugal seperti Sporting CP, FC Porto, atau Benfica. Hingga saat ini, gelar juara Portuguese Cup 2013 jadi satu-satunya gelar yang mereka miliki. Kendati demikian, mereka sukses jadi depot pemain berkelas sebelum dikenal publik secara luas.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Membela AC Monza Selama Sedekade Terakhir

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya