5 Pemain Top yang Pernah Membela AC Monza Selama Sedekade Terakhir

Salah satu karya Silvio Berlusconi di dunia sepak bola

Setelah melepas kepemilikan AC Milan pada 2017, Silvio Berlusconi kembali ke dunia sepak bola. Ia membeli tim asal Lombardia, AC Monza, yang berada di Serie C pada 2018.

Tak perlu menunggu waktu lama untuk mencatatkan prestasi, AC Monza bisa naik ke Serie A pada 2022/2023. Kepastian tersebut mereka dapatkan setelah lolos melalui fase playoff kontra Pisa dengan agregat 4-3.

Untuk membangun tim sedemikian rupa, Silvio Berlusconi berani mengeluarkan modal yang tak sedikit. Tak heran jika beberapa pemain top pernah berseragam AC Monza. Setidaknya, dalam sedekade terakhir, ada lima nama top yang pernah membela mereka.

1. Gabriel Paletta

5 Pemain Top yang Pernah Membela AC Monza Selama Sedekade TerakhirGabriel Paletta (ecodibergamo.it)

Gabriel Paletta jadi salah satu nama yang sangat berjasa membawa AC Monza promosi ke Serie A. Bek berkebangsaan Italia yang lahir di Argentina ini bergabung dengan AC Monza sejak 2019. Ia telah mencatatkan 48 penampilan dari 2,5 musimnya di AC Monza.

Sebelum bergabung dengan AC Monza, Paletta pernah beberapa kali membela tim besar. Boca Juniors, Liverpool, Parma, dan AC  Milan merupakan beberapa di antaranya. Dari keempat nama tersebut, Paletta paling lama membela AC Milan dan Parma.

2. Kevin-Prince Boateng

5 Pemain Top yang Pernah Membela AC Monza Selama Sedekade TerakhirKevin-Prince Boateng (laliga.com)

Kevin-Prince Boateng merupakan pemain yang kerap gonta-ganti tim selama kariernya. Pentolan Timnas Ghana pada Piala Dunia 2010 ini sempat membela beberapa tim besar, seperti AC Milan, Borussia Dortmund, Schalke 04, dan Barcelona.

Pada 2020/2021, kakak dari Jerome Boateng ini sempat berseragam AC Monza di Serie B selama semusim. Dalam kurun waktu tersebut, Boateng jadi tulang punggung tim dengan kontribusi 5 gol dan 4 assist dari 24 laga.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal AC Monza yang Jadi Kunci Lolos ke Serie A

3. Mario Balotelli

5 Pemain Top yang Pernah Membela AC Monza Selama Sedekade TerakhirMario Balotelli (skysports.com)

Mario Balotelli dikenal sebagai wonderkid yang gagal pada usia emas. Kemunduran performa Balotelli dianggap disebabkan sikap buruk dan cedera yang kerap menghampirinya. Sebelum membela Adana Demirspor di Liga Turki seperti saat ini, Balotelli pernah membela AC Monza.

Kehadiran Balotelli di AC Monza satu masa dengan keberadaan Kevin-Prince Boateng. Jika dibandingkan dengan Boateng, penampilan Balotelli di AC Monza lebih sedikit. Ia hanya mencatatkan 14 penampilan dengan sumbangan 6 gol dan 1 assist.

4. Sander Westervald

5 Pemain Top yang Pernah Membela AC Monza Selama Sedekade TerakhirSander Westervald (skysports.com)

Jauh sebelum dikenal publik karena dibeli Silvio Berlusconi, AC Monza pernah dibela salah satu kiper top Belanda. Dia adalah Sander Westervald, kiper Timnas Belanda di Euro 2000. Ia pernah membela Liverpool, Everton dan Real Sociedad.

Kedatangan Westervald ke AC Monza terjadi pada awal 2009/2010. Westervald bermain selama 2 musim untuk mereka di Serie C. Dalam kurun waktu tersebut, Westervald mencatatkan 58 laga dengan torehan 16 nirbobol.

5. Matteo Pessina

5 Pemain Top yang Pernah Membela AC Monza Selama Sedekade TerakhirMatteo Pessina (sempreinter.com)

Matteo Pessina merupakan pemain yang lahir di Monza dan menimba ilmu di akademi AC Monza. Pessina hanya bernaung selama 4 bulan di tim utama AC Monza, sebelum dibeli AC Milan pada awal 2015/2016.

Ia sendiri tak memiliki karier baik saat berseragam I Rossoneri. Namanya mulai dikenal publik ketika mampu tampil hebat bersama Atalanta Bergamo. Saat ini, Pessina jadi salah satu andalan Atalanta di lini tengah dan jadi langganan Timnas Italia.

Menarik untuk ditunggu bagaimana kiprah AC Monza musim depan. Akankah, Silvio Berlusconi membawa AC Monza berjaya layaknya saat membawa AC Milan jadi penguasa Italia beberapa puluh tahun ke belakang.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Membela Real Valladolid Sedekade Terakhir

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya