5 Pesepak Bola Ukraina yang Bermain di Liga Premier Rusia 2021/2022

Konflik bikin mereka tak lagi dapat panggilan timnas, lho!

Konflik internasional yang memanas antara Rusia dan Ukraina cukup memberikan dampak besar dalam dunia sepak bola kedua negara. Sebelum dimulainya konflik di tahun 2014, terdapat banyak pesepak bola Ukraina yang merumput di Liga Premier Rusia.

Dengan adanya konflik yang belakangan makin tegang ini, secara tidak tertulis para pesepak bola Ukraina yang merumput di Rusia sejak tahun 2014 tidak akan mendapatkan panggilan untuk membela timnas Ukraina. Hal ini juga sempat terjadi pada pemain Manchester City, Oleksandr Zichenko, saat ia masih membela FC Ufa dari tahun 2015 hingga 2016.

Pada musim 2021/2022, terdapat lima nama pesepak bola Ukraina yang tercatat bermain di divisi teratas sepak bola Rusia. Lantas bagaimana kiprahnya di klub dan tim nasional? Simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Denys Kulakov

5 Pesepak Bola Ukraina yang Bermain di Liga Premier Rusia 2021/2022potret Denys Kulakov (dynamo.kiev.ua)

Denys Kulakov merupakan pesepak bola Ukraina paling senior yang saat ini merumput di Liga Premier Rusia. Bek kanan berusia 35 tahun ini pindah ke kompetisi sepak bola Rusia sejak tahun 2015 setelah menghabiskan sepuluh tahun berkarier di Liga Ukraina.

Walaupun berasal dari Ukraina, saat ini Kulakov menjabat sebagai kapten utama dan pemain andalan dari tim Ural Yekaterinburg. Akan tetapi, kariernya di timnas Ukraina tidaklah sebaik saat ia membela klub. Ia hanya mencatatkan dua caps saja bersama timnas Ukraina. Hal itupun terjadi di tahun 2010 silam.

2. Yaroslav Rakitskiy

5 Pesepak Bola Ukraina yang Bermain di Liga Premier Rusia 2021/2022potret Yaroslav Rakitskiy (newsfounded.com)

Yaroslav Rakitskiy menjadi bukti nyata dampak konflik Ukraina-Rusia di sepak bola. Sebelum bergabung bersama Zenit St.Petersburg pada tahun 2019, Rakitskiy sering kali mendapatkan panggilan untuk membela timnas Ukraina. Bahkan, ia selalu menjadi pilihan utama di pos bek tengah Ukraina.

Seiring kepindahannya dari Shaktar Donetsk ke Zenit St. Petersburg, Rakitskiy tersingkir dan tak diperhitungkan lagi untuk masuk dalam skuad timnas Ukraina. Rakitskiy akhirnya memutuskan untuk pensiun dari timnas setelah mencatatkan 54 pertandingan dengan kontribusi 4 gol.

Baca Juga: 2 Pemain NBA Tunjukkan Solidaritas untuk Ukraina

3. Ivan Ordets

5 Pesepak Bola Ukraina yang Bermain di Liga Premier Rusia 2021/2022potret Ivan Ordets (championat.com)

Sebelum bergabung untuk Dinamo Moscow awal musim 2019/2020, Ivan Ordets merupakan pemain langganan dipanggil timnas Ukraina. Penampilannya selama berseragam Shaktar Donetsk membuat bek berusia 29 tahun ini sangat diandalkan.

Ketika berseragam Dinamo Moscow, Ordets juga mampu tampil gemilang sepanjang musim. Bahkan, ia menyabet gelar pemain terbaik Dinamo Moscow di musim perdananya. Saat ini, ia masih menjadi pemain andalan Dinamo Moscow dengan koleksi 18 pertandingan dengan kontribusi 1 gol.

Sama seperti nama lain dalam daftar ini, Ordets tak lagi mendapatkan panggilan timnas sejak terakhir kali tampil pada 27 Maret 2018 silam.

4 Artem Polyarus

5 Pesepak Bola Ukraina yang Bermain di Liga Premier Rusia 2021/2022potret Artem Polyarus (euro.com.ua)

Nama selanjutnya ialah Artem Polyarus yang berposisi sebagai sayap kiri. Ia pertama kali datang ke Rusia pada tahun 2019 untuk bergabung dengan FK Khimki. Setahun kemudian, ia dibeli oleh Akhmat Grozny yang merupakan salah satu klub raksasa di Liga Rusia.

Polyarus tidak pernah mendapatkan panggilang untuk membela timnas senior Ukraina sepanjang karier sepak bolanya hingga saat ini. Catatannya bagi timnas hanya terjadi saat ia bermain untuk tim U-21 dari tahun 2012 hingga 2013 dengan koleksi tujuh caps.

5. Dmytro Ivanisenya

5 Pesepak Bola Ukraina yang Bermain di Liga Premier Rusia 2021/2022potret Dmytro Ivanisenya (aroged.com)

Dmytro Ivanisenya merupakan nama terbaru yang merumput di Liga Rusia. Pada awal musim ini, ia bergabung dengan Krylya Sovetov Samara dari Zorya Lugansk yang menjadi salah satu klub yang terdampak dalam konflik Ukraina-Rusia.

Gelandang bertahan berusia 28 tahun ini telah mencatatkan 16 penampilan untuk KS Samara sejauh musim ini berlangsung. Karier Ivanisenya di timnas Ukraina juga tidak terlalu menonjol. Ia hanya mencatatkan satu caps saja yang sempat ia dapatkan pada laga persahabatan kontra Estonia, 14 November 2019.

Belum bisa dipastikan soal bagaimana akhir dari konflik Rusia dan Ukraina yang makin memanas ini. Tentu saja kita semua berharap agar kedua negara segera menemukan jalan tengah hingga perang yang lebih besar dan lebih fatal tidak perlu sampai terjadi. 

Baca Juga: Perang Rusia vs Ukraina: Schalke Cabut Logo Gazprom dari Jersey

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya