5 Pemain Uruguay yang Pernah Bergabung dengan PSG, Ugarte Terbaru!

Baru Edinson Cavani yang mampu bersinar

Uruguay terkenal sebagai negara yang unggul dalam sepak bola sejak dahulu. Negara di Amerika Selatan ini bahkan merupakan pemenang Piala Dunia pertama. Mereka telah meraih dua gelar juara Piala Dunia pada 1930 dan 1950. Hingga masa modern, pesepak bola Uruguay juga masih menjadi komoditas panas. Mereka diperebutkan sana-sini.

Bakat pesepak bola Uruguay juga dibutuhkan oleh Paris Saint-Germain (PSG). Per Juli 2023, tim asal ibu kota Prancis ini telah memiliki lima pemain asal Uruguay. Satu di antaranya baru datang pada musim panas 2023.

Siapa sajakah pemain Uruguay yang pernah bergabung dengan PSG?

1. Carlos Bueno

5 Pemain Uruguay yang Pernah Bergabung dengan PSG, Ugarte Terbaru!Carlos Bueno (auf.org.uy)

Pada musim panas 2005, Paris Saint-Germain mendatangkan dua pesepak bola asal Uruguay dari klub yang sama. Salah satunya ialah Carlos Bueno, penyerang yang kala itu datang secara gratis dari Penarol. PSG merupakan klub Eropa pertama bagi Bueno.

Sayang, kiprah Bueno di Prancis tak dapat berjalan baik. Sebab, ia hanya mampu mencatatkan 16 penampilan dengan koleksi 2 gol pada musim pertamanya. Pada musim kedua (2006/2007), Bueno justru dipinjamkan ke Sporting CP. Barulah pada musim panas 2007, Bueno dilepas secara gratis ke Boca Juniors.

2. Cristian Rodriguez

5 Pemain Uruguay yang Pernah Bergabung dengan PSG, Ugarte Terbaru!Christian Rodriguez (en.atleticodemadrid.com)

Sama seperti Carlos Bueno, Cristian Rodriguez juga datang ke Paris Saint-Germain dari Penarol pada musim panas 2005. Dibanding Bueno, Rodriguez yang berposisi sebagai sayap kiri memiliki performa yang lebih baik. Rodriguez bermain selama 2 tahun di PSG sebelum dipinjamkan ke SL Benfica pada musim panas 2007.

Dalam kurun waktu tersebut, Rodriguez mencatatkan 3 gol dan 6 assist dari 50 pertandingan. Kala berseragam PSG, Bueno dan Rodriguez tak terlalu gemilang. Hal ini mungkin disebabkan kedua pemain tersebut masih minim pengalaman. Setelah dipinjamkan ke Benfica, Rodriguez pun dijual ke FC Porto semusim berselang.

Baca Juga: 7 Pemain Aktif PSG yang Pernah Merasakan Atmosfer Bundesliga

3. Diego Lugano

5 Pemain Uruguay yang Pernah Bergabung dengan PSG, Ugarte Terbaru!Diego Lugano (twitter.com/DiegoLugano)

Diego Lugano merupakan mantan kapten Timnas Uruguay. Pemain yang berposisi sebagai bek ini pernah berseragam Paris Saint-Germain selama 2 tahun (2011--2013). Namun, ia menjalani setengah musim terakhirnya sebagai pemain pinjaman di Malaga.

Sama seperti dua nama sebelumnya, Lugano pun gagal tampil gemilang bersama PSG. Sebab, ia hanya bisa mencatatkan 12 penampilan dengan sumbangan 1 gol. Padahal, jika melihat penampilannya bersama Fenerbahce dan Timnas Uruguay pada Piala Dunia 2010, Lugano sangat luar biasa.

4. Edinson Cavani

5 Pemain Uruguay yang Pernah Bergabung dengan PSG, Ugarte Terbaru!Edinson Cavani (en.psg.fr)

Dari sekian nama yang ada, Edinson Cavani masih menjadi yang terbaik. Hal ini cukup wajar jika melihat torehan statistiknya. Penyerang kelahiran Salto ini mampu mencatatkan 301 penampilan dengan torehan 200 gol dan 43 assist selama 7 tahun (2013--2020).

Kala berseragam Paris Saint-Germain, Cavani dinilai sangat tangguh dan bisa berkolaborasi dengan penyerang hebat lain. Sebut saja Zlatan Ibrahimovic, Kylian Mbappe, Neymar Jr, dan Angel Di Maria. Setelah bermain bersama PSG, Cavani pun hengkang ke Manchester United.

5. Manuel Ugarte

5 Pemain Uruguay yang Pernah Bergabung dengan PSG, Ugarte Terbaru!Manuel Ugarte (en.psg.fr)

Pesepak bola asal Uruguay terbaru yang bergabung dengan Paris Saint-Germain adalah Manuel Ugarte. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini baru diresmikan pada Jumat (7/7/2023). Uang sebesar 60 juta euro (Rp1,003 triliun) menjadi pemulus kedatangan Ugarte dari Sporting CP. Itu merupakan salah satu transfer termahal musim panas 2023 ini.

Kedatangan Manuel Ugarte akan makin memperkuat lini tengah PSG. Terlebih lagi, ia memang tampil sangat gemilang kala bermain di Portugal. Namun, ia harus siap bersaing dengan gelandang hebat lain, seperti Danilo Pereira, Marco Veratti, Vitinha, Carlos Soler, dan Renato Sanches.

Penggemar Paris Saint-Germain tentu sangat berharap jika Ugarte bisa bersinar di Paris. Namun, jika melihat para pendahulunya, Ugarte patut waspada karena 3 dari 4 di antaranya bisa dibilang gagal. Ugarte mesti bekerja keras dan konsisten demi bisa bersinar di PSG pada usia muda.

Baca Juga: PSG Sudah Siap Kehilangan Mbappe, Bidik Osimhen

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya