6 Pemain yang Direkrut Permanen Ronald Koeman di Barcelona

Banyak pembelian yang sia-sia

Tidak semua legenda tim akan menjadi pelatih hebat di tim yang pernah ia bela. Ronald Koeman di Barcelona adalah salah satu buktinya. Koeman sangat gemilang kala menjadi pemain, tetapi tidak sebagai pelatih.

Ia hanya bertahan kurang dari 2 musim sebagai pelatih Barcelona  Padahal, Koeman telah mendatangkan banyak pemain selama melatih mereka dengan uang yang cuku besar, baik lewat skema pemain pinjaman maupun perekrutan secara permanen. 

Lalu, siapa sajakah rekrutan permanen Ronald Koeman selama melatih Barcelona? Seperti apa kiprahnya bersama Blaugrana?

1. Miralem Pjanic

6 Pemain yang Direkrut Permanen Ronald Koeman di BarcelonaMiralem Pjanic (fcbarcelona.com)

Miralem Pjanic didatangkan ke Barcelona sebagai bagian dari transfer Arthur Melo ke Juventus. Gelandang asal Bosnia & Herzegovina ini datang pada 1 September 2020, sekitar 12 hari setelah Koeman resmi melatih Barcelona.

Selama membela Barcelona, Miralem Pjanic tak memiliki karier cemerlang seperti saat membela Juventus. Pjanic hanya efektif bermain selama semusim (2020/2021) dengan mencatatkan 30 laga tanpa sumbangan gol maupun assist.

2. Sergino Dest

6 Pemain yang Direkrut Permanen Ronald Koeman di BarcelonaSergino Dest (fcbarcelona.com)

Sebulan setelah mendatangkan Miralem Pjanic ke Camp Nou, Ronald Koeman memboyong Sergino Dest dari Ajax Amsterdam. Bek sayap berkebangsaan Amerika Serikat ini diboyong dengan banderol 20 juta euro (Rp324 miliar).

Dest masih menjadi milik Barcelona hingga 2022/2023 ini, tetapi sedang dipinjamkan ke AC Milan. Ia tak banyak tampil bersama klub asal Lombardia tersebut.

3. Emerson Royal

6 Pemain yang Direkrut Permanen Ronald Koeman di BarcelonaEmerson Royal (fcbarcelona.com)

Kedatangan Emerson Royal sebetulnya cukup aneh. Pada 31 Januari 2019, Emerson pernah berseragam Barcelona ketika diboyong dari Atletico Mineiro. Namun, ia dijual keesokan harinya ke Real Betis.

Pada era Ronald Koeman, Emerson dibeli kembali dari Real Betis pada 1 Juli 2021. Namun, 2 bulan berselang, ia justru dijual ke Tottenham Hotspur yang sekarang jadi timnya.

Baca Juga: Aura Positif Barcelona Jelang Kunci Gelar Juara LaLiga

4. Sergio Aguero

6 Pemain yang Direkrut Permanen Ronald Koeman di BarcelonaSergio Aguero (fcbarcelona.com)

Setelah 10 tahun berseragam Manchester CIty, Sergio Aguero pindah ke Barcelona pada 1 Juli 2021 secara gratis. Kedatangan Aguero jelas sangat diharapkan mengingat ketajaman dan kemampuan hebatnya saat masih berseragam Manchester City,

Sayangnya, masalah kesehatan membuat penyerang asal Argentina ini tak memiliki karier yang panjang di Barcelona. Sergio Aguero pensiun setelah 6 bulan bermain bersama Blaugrana.

5. Eric Garcia

6 Pemain yang Direkrut Permanen Ronald Koeman di BarcelonaEric Garcia (fcbarcelona.com)

Sama seperti Sergio Aguero, Eric Garcia pun baru berseragam Barcelona pada 1 Juli 2021 setelah direkrut secara gratis dari Manchester City. Bedanya, Eric Garcia masih bertahan bersama Barcelona sampai saat ini.

Garcia tak selalu menjadi pilihan utama di lini pertahana Barcelona sekarang. Pada era Xavi Hernandez, ia perlu bersaing ketat bersama Jules Kounde, Andreas Christensen, dan Ronald Araujo untuk bisa nyaman di posisi utama.

6. Memphis Depay

6 Pemain yang Direkrut Permanen Ronald Koeman di BarcelonaMemphis Depay (fcbarcelona.com)

Memphis Depay pun berhasil didapatkan Ronald Koeman secara gratis. Penyerang asal Belanda ini didatangkan dari Olympique Lyon pada 1 Juli 2021. Saat masih dilatih Koeman, Memphis memang sangat diandalkan.

Keadaan tersebut berubah ketika Ronald Koeman dipecat pada Oktober 2021. Memphis lebih sering menjadi pemain cadangan. Saat ini, ia terbuang dari skuad Barcelona dan telah berseragam Atletico Madrid.

Ronald Koeman merupakan salah satu contoh seorang legenda tak menjamin akan hebat sebagai pelatih. Selain dirinya, Frank Lampard, Ole Gunnar Solskjaer, dan Gennaro Gattuso mungkin menjadi sosok yang bernasib serupa.

Baca Juga: Barcelona Dapat Lampu Hijau dari LaLiga Pulangkan Lionel Messi

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya