6 Pemain yang Pernah Jadi Bagian Transfer AS Monaco dan Chelsea

Benoit Badiashile jadi yang terbaru

AS Monaco menjadi klub Prancis yang kerap menyuplai pemain hebat ke klub-klub besar Eropa. Salah satunya Chelsea, klub inggris yang dua kali menjadi kampiun Liga Champions Eropa.

AS Monaco dan Chelsea sebenarnya pernah saling mengirim pemain, meski AS Monaco jadi pihak yang lebih sering mengirim. Hingga awal bursa transfer musim dingin 2023 saja, terdapat enam pemain yang pernah jadi bagian kerja sama transfer kedua klub.

Siapa saja pemain yang pernah jadi bagian transfer AS Monaco dan Chelsea?

1. Radamel Falcao

6 Pemain yang Pernah Jadi Bagian Transfer AS Monaco dan ChelseaRadamel Falcao (manutd.com)

Pemain pertama yang jadi bagian kerja sama transfer AS Monaco dan Chelsea adalah Radamel Falcao. Penyerang asal Kolombia ini pernah dipinjam Chelsea dari AS Monaco pada 2015/2016.

Sebelum musim tersebut, Falcao pernah bermain untuk Manchester United dengan hasil yang tak memuaskan. Namun, Chelsea tetap berusaha untuk meminjamnya dari AS Monaco. Alhasil, Falcao gagal tampil hebat dan hanya mampu mencetak 1 gol dari 12 laga.

2. Mario Pasalic

6 Pemain yang Pernah Jadi Bagian Transfer AS Monaco dan ChelseaMario Pasalic (twitter.com/hns_cff)

Pada hari yang sama dengan resminya Radamel Falcao ke Chelsea, AS Monaco juga meminjam satu pemain dari klub asal London tersebut. Ia adalah Mario Pasalic, gelandang serang asal Kroasia yang kini berseragam Atalanta Bergamo.

Ketika berseragam Chelsea, Pasalic memang sering bolak-balik dipinjamkan. AS Monaco jadi salah satu destinasi peminjamannya.

Bersama klub Ligue 1 tersebut, Pasalic sukses tampil memuaskan dengan torehan 7 gol dari 29 laga. Sayangnya, ia tak dipermanenkan pada akhir musim.

3. Tiemoue Bakayoko

6 Pemain yang Pernah Jadi Bagian Transfer AS Monaco dan ChelseaTiemoue Bakayoko (asmonaco.com)

Bermain luar biasa bersama AS Monaco, Tiemoue Bakayoko diboyong Chelsea dengan harga mahal pada awal musim 2017/2018. Sayang, karier Bakayoko bersama The Blues tak berjalan baik.

Ia kerap kali dipinjamkan ke klub lain karena sulit bersaing di tim utama Chelsea. Pemain asal Prancis ini juga sempat kembali ke AS Monaco sebagai pemain pinjaman pada 2019/2020.

Baca Juga: 10 Fakta Benoit Badiashile, Bek Muda AS Monaco yang Dibidik Chelsea

4. Cesc Fabregas

6 Pemain yang Pernah Jadi Bagian Transfer AS Monaco dan ChelseaCesc Fabregas (chelseafc.com)

Setelah menyumbang beberapa trofi dalam 5 tahun (2014—2019) bersama Chelsea, Cesc Fabregas hengkang dari London. AS Monaco menjadi pelabuhan selanjutnya.

Gelandang asal Spanyol ini bergabung pada pertengahan musim 2018/2019. Secara penampilan, performa Fabregas selama berseragam AS Monaco bisa dikatakan cukup baik. Sayangnya, ia sering mengalami cedera sehingga permainannya di AS Monaco kurang maksimal.

5. Malang Sarr

6 Pemain yang Pernah Jadi Bagian Transfer AS Monaco dan ChelseaMalang Sarr (chelseafc.com)

Banyak pemain yang dipinjamkan Chelsea pada tiap musimnya. Pada 2022/2023, Malang Sarr menjadi salah satu pemain yang dipinjamkan mereka untuk bisa menambah menit bermain. Chelsea berharap ia bisa tampil memuaskan ketika kembali ke London.

AS Monaco pun menjadi destinasi peminjaman bek asal Senegal tersebut. Meski begitu, ketika berseragam AS Monaco, Malang Sarr tampaknya sulit bersinar. Pasalnya, hingga pertengahan musim, ia baru menorehkan sepuluh laga.

6. Benoit Badiashile

6 Pemain yang Pernah Jadi Bagian Transfer AS Monaco dan ChelseaBenoit Badiashile (asmonaco.com)

Menurut laporan Fabrizio Romano melalui aku Twitter, Chelsea resmi menggaet Benoit Badiashile dari AS Monaco pada 2 Januari 2023. Bek asal Prancis tersebut dibayar dengan mahar sebesar 38 juta euro (Rp632 miliar) dengan kontrak 6 tahun.

Dengan usia yang baru menginjak 21 tahun, tetapi mampu tampil luar biasa di AS Monaco, Badiashile tampak cukup menjanjikan. Namun, ia harus bekerja keras untuk jadi pilihan utama di tengah persaingan bek elite Chelsea bersama Thiago Silva, Kalidou Koulibaly, Wesley Fofana, dan Trevoh Chalobah.

Chelsea menjadi klub yang lebih membutuhkan jasa AS Monaco dalam kerja sama transfer ini. Sebanyak 5 transfer menuju Chelsea dan 2 transfer menuju AS Monaco jadi bukti jika skuad The Blues masih membutuhkan bantuan Le Rocher dalam membangun tim yang solid.

Baca Juga: Habis Kontrak, 5 Pemain Top Ini Tinggalkan AS Monaco secara Gratis

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya