Comscore Tracker

5 Pemain yang Pindah dari Arsenal ke Marseille sebelum Nuno Tavares

Nuno Tavares jadi nama keenam

Pada bursa transfer musim panas 2022, Arsenal tampak cukup aktif dengan aktivitas yang mereka lakukan. Pemain-pemain berkelas dan pemain pinjaman yang mampu tampil hebat mereka datangkan untuk memperkuat skuad.

Di sisi lain, Arsenal juga menjual dan meminjamkan beberapa pemainnya. Salah satunya ialah Nuno Tavares, bek kanan asal Portugal yang didatangkan dari Benfica pada awal musim 2021/2022.

Demi mempertahankan potensi Nuno Tavares, Arsenal meminjamkannya ke Marseille pada musim panas ini. Faktanya, Nuno Tavares bukan satu-satunya pemain yang pernah pindah dari Arsenal ke Marseille.

Ada lima pemain yang pindah dari Arsenal ke Marseille sebelum Nuno Tavares.

1. Kaba Diawara

5 Pemain yang Pindah dari Arsenal ke Marseille sebelum Nuno TavaresKaba Diawara (arsenal.com)

Pemain pertama yang pindah dari Arsenal ke Marseille merupakan pemain berposisi penyerang. Dia adalah Kaba Diawara, pria kelahiran Toulouse, Prancis, yang memiliki kewarganegaraan Guinea.

Diawara hanya membela Arsenal selama 6 bulan dengan torehan 14 penampilan. Pada awal musim 1999/2000, Kaba akhirnya dibeli Marseille. Sama seperti saat membela Arsenal, Kaba juga hanya bertahan 6 bulan dengan torehan 19 penampilan di sana.

2. Abou Diaby

5 Pemain yang Pindah dari Arsenal ke Marseille sebelum Nuno TavaresAbou Diaby (arsenal.com)

Abou Diaby merupakan seorang gelandang hebat saat membela Arsenal. Sayangnya, cedera benar-benar merusak karier emas Diaby di sepak bola. Setelah 9 tahun membela Arsenal, Diaby akhirnya hengkang ke Marseille pada awal musim 2015/2016.

Marseille sendiri menjadi klub terakhir yang dibela Diaby sebagai pesepak bola profesional. Karena cedera terlebih dahulu merusak Diaby, kariernya di Marseille hanya bertahan 2 musim dengan jumlah laga sebanyak 6.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Arsenal

3. Matteo Guendouzi

5 Pemain yang Pindah dari Arsenal ke Marseille sebelum Nuno TavaresMatteo Guendozi (ligue1.com)

Era kepelatihan Mikel Arteta di Arsenal mengubah nasib banyak pemain. Hal tersebut berlaku kepada Matteo Guendouzi yang saat dilatih Arteta lebih banyak dipinjamkan ketimbang bermain di tim utama Arsenal.

Sejak awal musim 2020/2021, gelandang berusia 23 tahun ini dipinjamkan ke Marseille. Beruntung bagi Guendouzi, tim tersebut mampu mengeluarkan kehebatannya. Alhasil, Guendouzi pun dipermanenkan Marseille.

4. William Saliba

5 Pemain yang Pindah dari Arsenal ke Marseille sebelum Nuno TavaresWilliam Saliba (ligue1.com)

Berbarengan dengan Matteo Guendouzi, William Saliba juga dipinjamkan ke Marseille dari Arsenal pada 2021/2022. Saliba bermain apik selama berseragam Marseille dengan total 51 laga dalam semusim.

Catatan tersebut jelas sangat impresif bagi bek Prancis berusia 21 tahun ini. Apalagi Saliba sukses terpilih menjadi pemain muda terbaik Ligue 1 2021/2022. Berbeda dengan Guedouzi yang akhirnya dijual, Saliba justru dipulangkan ke Arsenal untuk 2022/2023.

5. Sead Kolasinac

5 Pemain yang Pindah dari Arsenal ke Marseille sebelum Nuno TavaresSead Kolasinac (arsenal.com)

Enam bulan setelah mendatangkan Matteo Guendouzi dan William Saliba, Marseille kembali mendatangkan pemain dari Arsenal. Dia adalah Sead Kolasinac, bek kiri asal Bosnia-Herzegovina yang membela Arsenal selama 4,5 musim.

Kolasinac pindah secara gratis ke Marseille. Pada 6 bulan pertamanya di Marseille, ia tampil cukup apik dengan catatan 17 laga dengan sumbangan 1 assist. Hingga kini, Kolasinac masih berstatus sebagai pemain Marseille.

Hubungan antara Arsenal dan Marseille terhitung cukup baik dalam kerja sama transfer. Dari sisi lain, Mathieu Flamini, Robert Pires, dan Samir Nasri merupakan deretan pemain yang pernah didatangkan Arsenal dari Marseille.

Baca Juga: 7 Pemain yang Hanya Membela Arsenal Selama Semusim, Siapa Saja?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya