5 Penjualan Termahal Klub Ligue 1 pada Transfer Musim Dingin 2023

Transfer menuju English Premier League mendominasi!

Tim-tim Ligue 1 Prancis cukup aktif menjual pemainnya pada bursa transfer musim dingin 2023. Total, ada 93 pemain yang terjual ke berbagai liga dunia, termasuk di dalam Liga Prancis itu sendiri.

Harga-harga transaksi transfer dari pemain Ligue 1 pun tak main-main. Banyak klub Ligue 1 meraup untung besar pada jendela transfer musim dingin 2023 ini. Siapa saja pemain termahal yang dijual klub Ligue 1 pada bursa transfer musim dingin 2023?

1. Benoit Badiashile

5 Penjualan Termahal Klub Ligue 1 pada Transfer Musim Dingin 2023Benoit Badiashile (chelseafc.com)

Membangun tim yang dihuni banyak pemain muda tampaknya menjadi tujuan Chelsea saat ini. Pada bursa transfer musim dingin 2023, mereka mendatangkan beberapa pemain muda, termasuk Benoit Badiashile yang didatangkan dari AS Monaco.

Bek berusia 21 tahun ini diboyong dengan banderol dengan banderol sebesar 38 juta euro (Rp632 miliar) pada 5 Januari 2023. Angka tersebut membuat Badiashile menjadi transfer termahal pada pekan pertama transfer musim dingin 2023.

2. Malo Gusto

5 Penjualan Termahal Klub Ligue 1 pada Transfer Musim Dingin 2023Malo Gusto (chelseafc.com)

Menjelang ditutupnya bursa transfer, Chelsea kembali mendatangkan seorang bek muda dari Ligue 1. Kali ini, The Blues membawa Malo Gusto, bek kanan berusia 19 tahun yang diboyong dari Olympique Lyon.

Biaya sebesar 30 juta euro (Rp488 miliar) menjadi mahar yang harus dikeluarkan Chelsea untuk menebus Gusto. Berbeda dengan Badiashile yang langsung bergabung dengan skuad utama, Malo Gusto justru kembali dipinjamkan ke Lyon hingga akhir musim.

Baca Juga: 5 Transfer Terbesar di Ligue 1 pada Musim Panas 2022

3. Kamaldeen Sulemana

5 Penjualan Termahal Klub Ligue 1 pada Transfer Musim Dingin 2023Kamaldeen Sulemana (twitter.com/staderennais)

Setelah Chelsea, Southampton menjadi tim yang paling boros pada bursa transfer musim dingin 2023. Salah satu pemain yang mereka datangkan dengan harga tinggi adalah Kamaldeen Sulemana yang didapat dari Stade Rennes.

Winger asal Ghana ini merapat setelah The Saints menebusnya dengan banderol sebesar 25 juta euro (Rp407 miliar). Kedatangan Sulemana dan beberapa pemain lainnya bertujuan agar Southampton tak terdegradasi pada Premier League 2022/2023.

4. Dango Ouattara

5 Penjualan Termahal Klub Ligue 1 pada Transfer Musim Dingin 2023Dango Outtara (afcb.co.uk)

Dengan biaya sebesar 22,5 juta euro (Rp366 miliar), Dango Outtara datang ke AFC Bournemouth. Dango Outtara merupakan seorang winger muda asal Burkina Faso yang sebelumnya bermain untuk FC Lorient.

Kehadiran Outtara ke Bournemouth merupakan usaha mereka untuk meningkatkan jumlah gol. Pasalnya, Bournemouth menjadi salah satu klub yang paling jarang mencetak gol hingga pekan ke-21 English Premier League.

5. Gerson

5 Penjualan Termahal Klub Ligue 1 pada Transfer Musim Dingin 2023Gerson (mobile.twitter.com/GersonSantos08)

Tak hanya dari klub asal Eropa, pemain Ligue 1 juga diminati oleh klub asal Brasil yang berada di Amerika Selatan. Nama selanjutnya adalah Gerson yang dijual Olympique Marseille ke Flamengo dengan biaya sebesar 15 juta euro (Rp249 miliar).

Faktanya, Gerson sudah pernah berseragam Flamengo, tepatnya pada Juli 2019—Juli 2021. Namun, karena kebutuhan tim, Gerson pun kembali diboyong mantan klubnya tersebut pada 3 Januari 2023 silam.

Banyaknya penjualan pemain yang dilakukan klub-klub Ligue 1 mungkin disebabkan karena kompetisi kasta teratas sepak bola Prancis tersebut kerap diisi pemain potensial non bintang. Tak heran jika pemain-pemain ini segera diminati klub-klub dengan kekuatan finansial mumpuni ketika mampu menampilkan permainan yang apik.

Baca Juga: 4 Klub Terakhir yang Bersaing Juara Ligue 1 dengan PSG

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya