5 Penyerang Jerman Paling Subur di Bundesliga dalam 5 Tahun Terakhir

Krisis penyerang murni yang melanda Timnas Jerman

Selepas pensiunnya Miroslav Klose dan Mario Gomez, Timnas Jerman seakan-akan kehilangan kekuatan di lini serang. Meski disokong dengan gelandang dan winger berkualitas, tak ada penyerang murni yang benar-benar tampil bersinar di sana. Jika berkaca dari Bundesliga jerman, gelar top scorer pun lebih sering disabet penyerang asing.

Meski begitu, setelah hengkangnya Robert Lewandowski ke Barcelona pada awal musim 2022/2023, persaingan top scorer di Bundesliga cukup memanas. Terdapat penyerang lokal yang muncul dalam deretan top scorer. Namun, torehan gol yang dicetak penyerang tersebut tak begitu mencolok.

Sama seperti musim ini, beberapa penyerang lokal Jerman juga pernah bersinar dan mencetak banyak gol pada beberapa musim sebelumnya. Siapa sajakah mereka? Untuk mengetahui gambaran seberapa subur pesepak bola Jerman, berikut inilah daftar lima penyerang Jerman paling subur di Bundesliga dalam 5 tahun terakhir.

1. Kai Havertz (2018/2019)

5 Penyerang Jerman Paling Subur di Bundesliga dalam 5 Tahun TerakhirKai Havertz (bayer04.de)

Meski baru berusia 19 tahun, Kai Haverz bisa menarik perhatian publik pada 2018/2019. Pada musim tersebut, Havertz tampil cukup tajam di Bundesliga bersama Bayer Leverkusen. Ia menorehkan 17 gol dan 4 assist dari 34 penampilan.

Sayangnya, Havertz gagal menjadi top scorer Bundesliga 2018/2019. Torehan golnya kala itu kalah dari Robert Lewandowski yang menetak 22 gol. Kendati demikian, Havertz mulai dikenal publik dan mendapatkan perhatian dari klub besar Eropa.

2. Timo Werner (2019/2020)

5 Penyerang Jerman Paling Subur di Bundesliga dalam 5 Tahun TerakhirTimo Werner (bundesliga.com)

Sejak mulai berseragam RB Leipzig pada jendela transfer musim panas 2017, Timo Werner telah memberikan kontribusi besar. Dari musim ke musim, penyerang kelahiran Stuttgart ini selalu tampil tajam dengan membuahkan banyak gol. Hal tersebut juga tampak pada performanya pada 2019/2020.

Pada musim tersebut, Werner mencetak 28 gol dari 34 pertandingan. Namun, lagi-lagi penyerang Jerman selalu kalah dari Robert Lewandowski. Pada 2019/2020 itu, Lewandowski mencetak 34 gol. Walaupun tak mendapatkan top scorer, Timo Werner menjadi sorotan dan akhirnya dibeli Chelsea.

Baca Juga: 6 Kiper Terbaik 2023 dari Bundesliga Jerman, Tak Ada Manuel Neuer!

3. Thomas Mueller (2020/2021)

5 Penyerang Jerman Paling Subur di Bundesliga dalam 5 Tahun TerakhirThomas Mueller (fcbayern.com)

Thomas Mueller merupakan seorang pemain serbabisa. Ia bisa dimainkan sebagai pemain sayap, gelandang serang, trequartista, dan penyerang tunggal. Selain serbabisa, Mueller pun cukup tajam di lini serang.

Hal ini terbukti pada 2020/2021 ketika menyumbangkan 11 gol dari 32 laga untuk Bayern Munich di Bundesliga. Namun, catatan tersebut hanya menjadikan Mueller sebagai pencetak gol terbanyak kedelapan di Bundesliga 2022/2023. Kala itu, ia ada di bawah Robert Lewandowski, Erling Haaland, Andre Silva, Wout Weghorst, Sasa Kalajdzic, Andrej Kramaric, dan Lars Stindl.

4. Max Kruse (2021/2022)

5 Penyerang Jerman Paling Subur di Bundesliga dalam 5 Tahun TerakhirMax Kruse (vfl-wolfsburg.de)

Musim 2021/2022 menjadi momen bagi Max Kruse. Hanya dalam 22 laga, Kruse bisa mencatat 11 gol untuk Union Berlin di Bundesliga 2021/2022. Padahal, musim tersebut merupakan musim perdana Kruse bersama Union Berlin.

Pada musim itu, sebetulnya terdapat pemain Jerman lain yang lebih tajam ketimbang Kruse. Namun, Serge Gnabry dan Jonas Hofmann tak pernah tampil di posisi penyerang murni dan lebih sering tampil di posisi sayap. Oleh karena itu, Kruse dinobatkan sebagai penyerang tertajam Jerman di Bundesliga 2021/2022.

5. Niclas Fuellkrug (2022/2023)

5 Penyerang Jerman Paling Subur di Bundesliga dalam 5 Tahun TerakhirNiclas Fuellkrug (werder.de)

Kepergian Robert Lewandowski membuat perburuan top scorer Bundesliga 2022/2023 cukup panas. Beberapa penyerang tampil cukup baik meski jumlah golnya tak mencapai 20 gol. Pada musim ini, terdapat dua top scorer dengan jumlah 16 gol.

Salah satunya ialah Niclas Fuellkrug dari Werder Bremen. Penampilan Fuellkrug pada musim ini benar-benar mengejutkan. Datang dari tim promosi, ia justru tampil tajam dengan mencetak banyak gol dan kerap menjadi penentu kemenangan. Oleh karena itu, ia dinobatkan sebagai penyerang Jerman tertajam di Bundesliga 2022/2023.

Jika dilihat dari 5 tahun terakhir, hanya Niclas Fuellkrug yang benar-benar menjadi top scorer. Sedangkan, sisanya selalu dikalahkan Robert Lewandowski yang tampil tajam bersama Bayern Munich. Dengan terpilihnya Fuellkrug sebagai top scorer Bundesliga 2022/2023, akankah penyerang Jerman kembali mendominasi Bundesliga?

Baca Juga: 6 Pemain Real Madrid yang Pernah Mentas di Bundesliga, Ada Bellingham 

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya