Comscore Tracker

5 Pesaing Bayern Munich dalam Perburuan Gelar Juara Bundesliga

Bayern Munich selalu mendominasi di Bundesliga

Perlu diakui jika dominasi Bayern Munich di Bundesliga Jerman sangat sulit untuk tergoyahkan. Klub asal wilayah Bavaria ini telah sukses meraih 32 gelar juara Bundesliga hingga 2022 dan jadi yang terbanyak di antara tim Jerman lain.

Deretan pemain berkualitas dengan skema skuad yang matang jadi alasan Bayern Munich sulit untuk dikalahkan. Kendati demikian, klub lain siap memberikan kejutan dengan menjadi pesaing Bayern Munich.

Dengan skuad yang terus ditingkatkan, klub-klub lain berusaha mengejar ketertinggalan dari Die Bavaria. Berikut ini lima pesaing terkuat Bayern Munich dalam perburuan gelar juara Bundesliga Jerman 2022/2023, klub mana saja?

1. Borussia Dortmund

5 Pesaing Bayern Munich dalam Perburuan Gelar Juara BundesligaBorussia Dortmund (twitter.com/blackyellow)

Dalam sedekade terakhir, Borussia Dortmund menjadi tim yang paling mengancam dominasi Bayern Munich di Bundesliga. Borussia Dortmund kerap kali memberikan perlawanan ketat dan menempel Bayern Munich dalam perburuan gelar juara.

Komposisi pemain yang semakin matang ditambah deretan pemain baru bisa jadi kekuatan Borussia Dortmund pada musim 2022/2023. Konsistensi harus jadi kunci bagi Die Borussen untuk dapat mengalahkan Bayern Munich musim ini.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Pembuka Bundesliga dalam 5 Musim Terakhir

2. RB Leipzig

5 Pesaing Bayern Munich dalam Perburuan Gelar Juara BundesligaRB Leipzig (twitter.com/rbleipzig_en)

Sempat dianggap sebagai kuda hitam dalam beberapa musim lalu, RB Leipzig kini menjelma sebagai tim papan atas Bundesliga. Dari 6 musim yang telah dijalani RB Leipzig di kasta tertinggi Bundesliga, Die Roten Bullen hanya gagal sekali finish di posisi 4 besar.

Sehingga tak heran, jika tim ini selalu bisa memberikan kejutan. Deretan pemain hebat nan potensial jadi kekuatan RB Leipzig. Sama seperti Borussia Dortmund, RB Leipzig juga hanya butuh konsistensi untuk terus menempel Bayern Munich.

3. Bayer Leverkusen

5 Pesaing Bayern Munich dalam Perburuan Gelar Juara BundesligaBayer Leverkusen (twitter.com/bayer04_en)

Meski sering terseok-seok, namun Bayer Leverkusen tak bisa diremehkan. Sejak lama, Leverkusen selalu jadi tim yang membayangi Bayern Munich dalam perebutan gelar juara. Kondisi tim yang sehat dengan pemain hebat jadi kekuatan tim ini.

Namun, lagi-lagi konsistensi jadi alasan Bayer Leverkusen selalu gagal menjadi juara di tiap kompetisi yang mereka ikuti. Karena faktanya, Bayer Leverkusen tak pernah sekali pun menjadi juara Bundesliga sejak tim ini berdiri pada 1904.

4. Eintracht Frankfurt

5 Pesaing Bayern Munich dalam Perburuan Gelar Juara BundesligaEintracht Frankfurt (twitter.com/eintracht_eng)

Berbekal semangat yang mereka dapatkan kala menjadi juara Europa League 2021/2022, Eintracht Frankfurt tak bisa luput dari perebutan gelar juara Bundesliga. Sebetulnya, Frankfurt terhitung jarang menempati posisi papan atas di Bundesliga.

Pada musim lalu, Eintracht Frankfurt harus puas berada di posisi ke-11 dengan koleksi 42 poin. Akan tetapi, komposisi pemain dan kematangan skuad bisa jadi alasan Eintracht Frankfurt muncul sebagai tim kuda hitam musim ini.

5. Union Berlin

5 Pesaing Bayern Munich dalam Perburuan Gelar Juara BundesligaUnion Berlin (bundesliga.com)

Tak ada yang menyangka jika Union Berlin bisa jadi tim kuda hitam Bundesliga dalam beberapa musim terakhir. Padahal, mereka baru promosi ke kasta tertinggi pada musim 2019/2020. Namun, dalam dua musim terakhir, Union Berlin selalu finish di papan atas.

Skema matang yang diterapkan Urs Fischer selaku pelatih Union Berlin jadi alasan tim ini kuat dan bisa bertahan di papan atas. Namun, mereka harus waspada karena jika dibandingkan dengan tim lain, Union Berlin kalah dalam kualitas pemain secara individu.

 

Tanpa mengecilkan potensi klub lain yang bisa menggoyang dominasi Bayern Munich, mereka layak jadi lima yang terbaik. Selain kelima klub di atas, Borussia Monchengladbach, VfL Wolfsburg dan Freiburg juga bisa jadi ancaman bagi Bayern Munich. Mampukah beberapa klub tersebut menjadi juara Bundesliga nantinya?

Baca Juga: 6 Pelatih Asing yang Menangani Klub Bundesliga Jerman pada 2022/2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya