4 Pesepak Bola Eropa yang Pernah Menjadi Top Skor MLS, Ada Giovinco!

Tak banyak bintang Eropa yang berhasil di MLS

Major League Soccer (MLS) telah kedatangan banyak pemain berkualitas dari berbagai negara. Tak sedikit dari mereka adalah pemain yang pernah tampil dan bersinar bersama klub Eropa. Namun, tak semuanya bisa bersinar saat bermain di MLS.

Terlebih, para pemain Eropa lebih sering hadir untuk menghabiskan karier sepak bolanya di MLS. Hingga 2023 ini, hanya ada empat pemain Eropa yang mampu mencetak banyak gol dan pernah menjadi top skor liga sepak bola tertinggi di Amerika Serikat tersebut. Siapa saja pemain Eropa yang pernah menjadi top skor di MLS?

1. Bradley Wright-Phillips

4 Pesepak Bola Eropa yang Pernah Menjadi Top Skor MLS, Ada Giovinco!Bradley Wright-Phillips (mlssoccer.com)

Pemain asal Eropa pertama yang menjadi peraih gelar top scorer di MLS adalah Bradley Wright-Phillips. Penyerang berkebangsaan Inggris ini adalah anak dari legenda Arsenal, Ian Wright, dan masih memiliki kekerabatan dengan mantan pemain Chelsea, Shaun Wright-Phillips. Meski ayah dan saudaranya sangat bersinar di Inggris, hal tersebut tak berlaku bagi Bradley. Ia justru bisa dikatakan gagal di Inggris.

Kendati demikian, Bradley sangat bersinar ketika berkarier di MLS. Per awal Juli 2023, Bradley masih tercatat sebagai top skor ketujuh dalam sejarah MLS dengan torehan 127 gol. Torehan fantastis tersebut juga dipengaruhi permainan apiknya pada musim 2014 dan 2016. 

Pada tahun 2014, Bradley mencetak 27 gol. Sedangkan pada 2016, ia mencetak 24 gol. Kedua musim tersebut dijalaninya bersama New York Red Bulls dan menghasilkan gelar top skor untuknya.

Baca Juga: 5 Penyerang Top yang Kini Berkarier di MLS, Masih Bersinar?

2. Sebastian Giovinco

4 Pesepak Bola Eropa yang Pernah Menjadi Top Skor MLS, Ada Giovinco!Sebastian Giovinco (mlssoccer.com)

Sebastian Giovinco pernah dianggap sebagai salah satu pemain muda berbakat ketika ia berseragam Juventus dan Parma. Ketika usianya memasuki 28 tahun, Giovinco memutuskan pindah ke MLS untuk bergabung dengan Toronto FC. Kala itu, banyak yang menyayangkan keputusannya tersebut.

Namun, pemain asal Italia ini membuktikan jika keputusan tersebut sudah tepat. Hal tersebut ia tunjukkan ketika bermain apik bersama tim yang bermarkas di Kanada tersebut. Bahkan, hebatnya Giovinco berhasil keluar sebagai top skor MLS 2015 dengan torehan 22 gol.

3. Nemanja Nikolic

4 Pesepak Bola Eropa yang Pernah Menjadi Top Skor MLS, Ada Giovinco!Nemanja Nikolic (mlssoccer.com)

Nemanja Nikolic merupakan penyerang asal Hungaria yang tak begitu populer di Eropa. Ia tak pernah membela tim dari liga top Eropa atau bermain di klub ternama. Pada awal 2017, Nikolic memutuskan untuk pindah ke MLS untuk bergabung dengan Chicago Fire.

Ia bertahan selama 3 tahun (2017--2020) di sana dan mampu bermain sangat gemilang. Puncak permainannya terjadi pada musim perdana, di mana Nikolic mampu mengemas 24 gol dan meraih gelar top skor MLS 2017. Penampilan musim kedua dan ketiganya pun cukup bagus meski tak membuahkan gelar top skor atau juara.

4. Hany Mukhtar

4 Pesepak Bola Eropa yang Pernah Menjadi Top Skor MLS, Ada Giovinco!Hany Mukhtar (mlssoccer.com)

Pemain terakhir yang menjadi peraih gelar top skor MLS juga berasal dari Eropa. Dia adalah Hany Mukhtar, gelandang serang berkewarganegaraan Jerman yang pernah membela Hertha Berlin dan SL Benfica. Meski bukan seorang penyerang, Hany cukup piawai dalam mencetak gol.

Hal itu terbukti kala ia mencetak 23 gol untuk Nashville SC yang membuatnya menjadi raja gol MLS 2022. Permainan apik Hany juga masih berlanjut hingga sekarang. Pemain keturunan Sudan ini juga memimpin perolehan gol dengan catatan 13 gol hingga pekan ke-22.

Di MLS 2023 saat ini terdapat beberapa pencetak gol andal yang berasal dari Eropa. Sebut saja, Lorenzo Insigne, Xherdan Shaqiri, Christian Benteke, dan Federico Bernardeschi. Pertanyaannya, akankah salah satu dari nama tersebut bisa keluar sebagai top skor MLS pada akhir musim nanti?

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Juventus yang Bermain di MLS 2022/2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya