Comscore Tracker

6 Pesepak Bola Top Aktif Indonesia Jebolan Pekan Olahraga Nasional

PON, ajangnya calon bintang

PON XX Papua telah dijadwalkan akan digelar kurang lebih 2 minggu lagi. Setiap tim yang berasal dari setiap provinsi di seluruh penjuru Indonesia tentu telah mempersiapkan segalanya untuk bisa menjadi yang terbaik.

PON merupakan event olahraga terbesar di Indonesia dan dikenal sebagai event yang selalu menghasilkan bakat-bakat atlet hebat. Khususnya dalam cabang olahraga sepak bola, terdapat beberapa pemain top aktif Indonesia yang ternyata lahir dari gelaran PON ini. Berikut ini kami sajikan 6 di antaranya, check this out!

1. Boaz Solossa

6 Pesepak Bola Top Aktif Indonesia Jebolan Pekan Olahraga NasionalBoaz Solossa (goal.com/Abi Yazid)

Nama yang pertama ialah legenda Persipura Jayapura, Boaz Solossa, yang saat ini bermain untuk Borneo FC. Mantan kapten timnas Indonesia ini mulai terdengar namanya saat Ia membela tim PON Papua pada gelaran PON 2004 yang diselenggarakan di Sumatera Selatan.

Berkat penampilan hebatnya tersebut, Boaz berhasil membawa tim PON Papua juara dan dirinya pun berhasil dipanggil ke skuad Indonesia dalam ajang Piala Tiger 2004. Soal prestasi di Liga Indonesia tidak usah ditanya lagi. Total 3 gelar top skor dan 4 gelar juara Liga Indonesia untuk Persipura adalah sebagian prestasi tertinggi yang telah Boaz raih di level klub.

2. Andik Vermansah

6 Pesepak Bola Top Aktif Indonesia Jebolan Pekan Olahraga NasionalAndik Vermansah (goal.com/Albert Christian)

Pada gelaran PON Kaltim 2008, nama Andik Vermansah menjadi sorotan publik karena penampilan hebatnya bersama tim PON Jatim. Sama seperti Boaz, Andik Vermansah juga berhasil membawa timnya sebagai juara setelah mengalahkan Papua Barat di laga final.

Setelah tampil luar biasa di PON Kaltim, pria kelahiran Jember ini akhirnya menjadi tulang punggung tim Persebaya Surabaya hingga akhirnya pindah ke Selangor di Liga Malaysia pada tahun 2014.

Di masa membela Selangor, Andik Vermansah juga menjadi tulang punggung bagi timnas Indonesia. Terutama saat berhasil membawa timnas menjadi runner-up Piala AFF 2016.

Baca Juga: 36 Pemain Dapat Panggilan ke Timnas Indonesia, Banyak Senior

3. Lerby Eliandry

6 Pesepak Bola Top Aktif Indonesia Jebolan Pekan Olahraga NasionalLerby Eliandry (goal.com/Abi Yazid)

Striker milik Bali United, Lerby Eliandry merupakan salah satu pemain terpenting tim PON Kaltim pada gelaran PON Riau 2012. Dalam gelaran tersebut, Lerby Eliandry berhasil membawa tim PON Kaltim menjadi juara setelah menang dengan skor tipis di final atas tim PON Sumatera Utara.

Setelah bermain di PON Riau 2012, Lerby akhirnya mendapatkan kontrak profesional pertamanya. Dan hingga kini kariernya terus berlanjut dan kerap dipanggil timnas Indonesia untuk mengisi posisi ujung tombak. Saat ini ia berstatus sebagai pemain Bali United.

4. Evan Dimas

6 Pesepak Bola Top Aktif Indonesia Jebolan Pekan Olahraga NasionalPotret Evan Dimas (goal.com)

Walaupun gagal membawa tim PON Jatim melangkah jauh pada gelaran PON Riau 2012, namun bakat Evan Dimas Darmono mulai tercium dari event tersebut. Dari situlah Evan Dimas bisa tergabung ke dalam tim U-19 Indonesia di bawah asuhan Indra Sjafri.

Tim muda yang kala itu dikapteni oleh Evan Dimas jelas sangat fenomenal karena penampilannya yang luar biasa. Dan saat ini di usia 26 tahun, Evan Dimas masih tetap dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik yang dimiliki Indonesia.

5. Febri Hariyadi

6 Pesepak Bola Top Aktif Indonesia Jebolan Pekan Olahraga Nasionalpotret Febri Hariyadi (persib.co.id)

Febri Hariyadi merupakan bintang dan aktor keberhasilan tim PON Jabar pada gelaran PON Jabar 2016. Pada tahun 2015 sebelum bermain di PON, nama Febri memang mencuat bersama Persib Bandung. Dan pada PON 2016, pemain kelahiran Bandung ini mampu tampil cemerlang dan membuktikan dirinya sebagai pemain masa depan Indonesia.

Saat ini, ia merupakan pemain andalan Persib Bandung dan timnas Indonesia di pos winger depan. Kecepatannya dalam dribble bola dan tendangannya yang sering mengejutkan menjadi alasan Febri Hariyadi digolongkan sebagai pemain bintang.

6. Asnawi Mangkualam

6 Pesepak Bola Top Aktif Indonesia Jebolan Pekan Olahraga NasionalPotret Asnawi Mangkualam (goal.com)

Nama yang terakhir ialah Asnawi Mangkualam yang saat ini bermain untuk Ansan Greeners di kasta kedua K-League. Pada gelaran PON Jabar 2016, Asnawi merupakan bagian penting dari tim PON Sulsel. Namun sayang pada gelaran tersebut, ia kalah di final oleh Febri Hariyadi dan kawan-kawan melalui drama adu penalti.

Saat ini ia merupakan salah satu aset terbaik milik Indonesia. Kemampuannya bermain di banyak posisi membuatnya disenangi banyak pelatih, termasuk Shin Tae Yong yang saat ini menjabat sebagai pelatih timnas Indonesia.

 

Itulah 6 pesepak bola aktif yang lahir dari gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON). Selain nama-nama tersebut, Budi Sudarsono, Hamka Hamzah, Ricardo Salampessy dan Bayu Gatra juga merupakan jebolan dari event ini. Menarik untuk ditunggu, siapa lagi pemain yang akan lahir dari kompetisi ini.

Baca Juga: Hebat! 5 Pemain Timnas Indonesia yang Mencetak 4 Gol dalam 1 Laga

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya