Comscore Tracker

5 Negara Peserta Piala Eropa 2020 yang Menggunakan Jasa Pelatih Asing

Dari Austria, Belgia, hingga Hungaria

Mendatangkan pelatih asing adalah salah satu cara terbaik untuk mengembangkan kualitas sebuah tim nasional sepak bola. Dengan hal tersebut, para pelatih asing bisa membagikan ilmu dan filosofi yang mereka dapatkan dari negara mereka masing-masing.

Namun, faktanya, dari pertama kali diselenggarakannya Piala Dunia, setiap negara juara kompetisi tersebut selalu bisa menjadi juara kala mereka menggunakan pelatih lokal atau pelatih yang berasal dari negara mereka masing-masing.

Pada gelaran Piala Eropa 2020 nanti, mayoritas negara peserta juga akan menggunakan jasa dari para pelatih lokal mereka. Walaupun demikian, terdapat 5 negara peserta Piala Eropa 2020 yang menggunakan jasa pelatih asing untuk meracik skuad negara mereka.

Lantas negara apa sajakah dan siapa saja pelatihnya? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Franco Foda (Austria)

5 Negara Peserta Piala Eropa 2020 yang Menggunakan Jasa Pelatih AsingFranco Foda (skysportaustria.at)

Negara pertama dalam daftar ini adalah Austria yang telah mempercayai Franco Foda sebagai pelatih timnas sepak bola mereka. Franco Foda merupakan pelatih berkebangsaan Jerman yang memulai karier kepelatihannya sejak tahun 2002 bersama Sturm Graz di Liga Utama Austria.

Sepanjang karier kepelatihannya, Franco Foda hanya 1 tahun melatih di Liga Jerman dan sisanya melatih Sturm Graz. Pengalamannya di Liga Austria menjadi pertimbangan federasi sepak bola Austria memercayai Franco Foda untuk menjadi pelatih Die Burschen sejak tahun 2017.

2. Roberto Martinez (Belgia)

5 Negara Peserta Piala Eropa 2020 yang Menggunakan Jasa Pelatih AsingRoberto Martinez (lequipe.fr)

Selepas kegagalan Marc Wilmots memimpin generasi emas Belgia di Piala Dunia 2014 dan Piala Eropa 2016, federasi sepak bola Belgia akhirnya menunjuk Roberto Martinez. Sebelum bergabung bersama Timnas Belgia, pelatih berkebangsaan Spanyol ini telah memiliki reputasi cukup baik kala melatih Everton, Wigan Athletic, dan Swansea City di EPL.

Memimpin generasi emas Belgia jelas menjadi pekerjaan berat bagi seorang Roberto Martinez. Pasalnya, publik sepak bola pasti mengharapkan prestasi yang mengkilap dari generasi emas tim berjuluk Die Roten Teufel.

Di Piala Dunia 2018 lalu, Martinez berhasil membawa Belgia lolos ke semifinal dan menjadi juara ketiga. Namun di Piala Eropa 2020, Roberto Martinez jelas menargetkan gelar juara pertama untuk Timnas Belgia yang telah Ia tangani sejak tahun 2016.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Bayern Munich di Skuat Jerman Piala Eropa 2020

3. Vladimir Petkovic (Swiss)

5 Negara Peserta Piala Eropa 2020 yang Menggunakan Jasa Pelatih AsingVladimir Petkovic (thesefootballtimes.co)

Vladimir Petkovic merupakan pelatih asal Bosnia Herzegovina yang telah lama menetap di Swiss. Bahkan, sejak masih berstatus pemain, Petkovic telah berkiprah di liga Swiss sejak tahun 1984. Ia juga memulai karier kepelatihannya bersama tim AC Bellinzona di Liga Swiss sehingga tak heran jika ia telah akrab dengan talenta dan gaya bermain negara satu ini.

Pada bulan Agustus 2014, Petkovic untuk pertama kalinya diangkat sebagai pelatih Timnas Swiss. Hingga saat ini ia telah mencatatkan 39 kemenangan, 13 hasil imbang, dan 20 kekalahan serta membawa Swiss lolos ke Piala Eropa 2016, Piala Dunia 2018, dan Piala Eropa 2020.

4. Marco Rossi (Hungaria)

5 Negara Peserta Piala Eropa 2020 yang Menggunakan Jasa Pelatih AsingMarco Rossi (en.mlsz.hu)

Tidak ada yang menyangka bahwa Hungaria menjadi salah satu tim yang lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Keberhasilan tersebut tak terlepas dari kontribusi besar pelatih asal Italia, Marco Rossi. Sama seperti Vladimir Petkovic dan Franco Foda, Marco Rossi juga sempat menangani tim lokal.

Antara tahun 2012 hingga 2017, Marco Rossi merupakan pelatih Budapest Honved FC dan berhasil membawa tim tersebut menjadi juara Liga Hungaria musim 2016/2017. Pengalamannya bersama Budapest Honved menjadikan Marco Rossi akhirnya dipercayai melatih tim nasional Hungaria sejak pertengahan tahun 2018.

5. Paulo Sousa (Polandia)

5 Negara Peserta Piala Eropa 2020 yang Menggunakan Jasa Pelatih AsingPaulo Sousa (besoccer.com)

Paulo Sousa merupakan pelatih berkebangsaan Portugal yang telah lama malang melintang di banyak tim Eropa. Leicester City, Fiorentina, FC Basel, hingga Girodins Bordeaux pernah Sousa tangani sebelum Ia memegang Timnas Polandia.

Paulo Sousa pertama kali ditunjuk sebagai pelatih Polandia pada bulan Januari 2021 untuk menggantikan Jerzy Brzęczek yang membawa tren buruk bagi Timnas Polandia. Hingga saat ini Paulo Sousa baru memimpin 3 laga untuk Timnas Polandia dengan catatan 1 kemenangan, 1 kekalahan, dan 1 hasil imbang.

Menarik untuk ditunggu bagaimana kiprah Paulo Sousa di ajang Piala Eropa 2020. Pasalnya, masa depan Sousa di Timnas Polandia akan sangat bergantung dari hasil Polandia di ajang Piala Eropa nanti.

 

Itulah 5 negara peserta Piala Eropa 2020 yang menggunakan jasa pelatih asing. Akankah nama-nama di atas bisa membawa tim nasional yang mereka tangani sebagai juara dan menjadi pelatih asing kedua yang berhasil membawa gelar juara Piala Eropa setelah Otto Rehhagel bersama timnas Yunani pada tahun 2004.

Baca Juga: 8 Pemain Asal Klub Luar Eropa yang Ikut Meramaikan Piala Eropa 2020

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya