10 Potret Giorgi Mamardashvili, Kiper Valencia dari Tbilisi Georgia

Kiper muda yang potensial!

Tidak banyak negara pecahan Uni Soviet yang memiliki kualitas hebat dalam sepak bola. Dari total lima belas negara pecahan Uni Soviet, hanya Rusia dan Ukraina yang masih bisa digolongkan cukup kuat di sepak bola.

Begitu pula Georgia, negara yang berlokasi di selatan negara Ukraina. Mungkin hanya Kakha Kaladze yang dulu pernah bermain di AC Milan yang dapat disebut punya nama besar. Saat ini, terdapat seorang kiper hebat yang berasal dari Tbilisi, ibu kota negara Georgia.

Dia adalah Giorgi Mamardashvili, kiper muda potensial yang saat ini bermain untuk Valencia. Walaupun saat ini ia lebih sering bermain sebagai kiper utama ketimbang Jesper Cilessen atau Jaime Domenech, namanya tak terlalu populer. Oleh karena itu, mari simak sepuluh potret dan faktanya berikut ini!

1. Giorgi Mamardashvili lahir di ibu kota Georgia, Tbilisi, pada 29 September 2000. Saat ini ia baru berusia 21 tahun

10 Potret Giorgi Mamardashvili, Kiper Valencia dari Tbilisi Georgiapotret Giorgi Mamardashvili (instagram.com/gmamardashvili25)

2. Sebelum menjadi pesepak bola profesional, Mamardashvili sempat menimba ilmu di akademi FC Gagra selama dua tahun

10 Potret Giorgi Mamardashvili, Kiper Valencia dari Tbilisi GeorgiaGiorgi Mamardashvili saat latihan di tim Valencia (instagram.com/gmamardashvili25)

3. Mamardashvili kemudian pindah ke akademi Dinamo Tbilisi pada tahun 2012 dan promosi ke tim utama pada 2019

10 Potret Giorgi Mamardashvili, Kiper Valencia dari Tbilisi GeorgiaGiorgi Mamardashvili (blazetrends.com)

4. Selama menjadi bagian dari Dinamo Tbilisi, Mamardashvili pernah dipinjamkan ke dua tim berbeda, yakni FC Rustavi dan Locomotive Tbilisi

10 Potret Giorgi Mamardashvili, Kiper Valencia dari Tbilisi GeorgiaGiorgi Mamardashvili saat berseragam Locomotive Tbilisi (instagram.com/gmamardashvili25)

5. Faktanya, Mamardashvili tidak pernah sekali pun bermain selama dua tahun menjadi bagian dari tim utama Dinamo Tbilisi

10 Potret Giorgi Mamardashvili, Kiper Valencia dari Tbilisi Georgiapotret Giorgi Mamardashvili (instagram.com/gmamardashvili25)

Baca Juga: 5 Kiper Bundesliga yang Menggagalkan Penalti Terbanyak Sepanjang Masa

6. Penampilannya di laga pre-season membuatnya direkrut oleh Valencia dengan status pinjaman pada Juli 2021

10 Potret Giorgi Mamardashvili, Kiper Valencia dari Tbilisi GeorgiaGiorgi Mamardashvili saat pertama kali gabung Valencia (instagram.com/gmamardashvili25)

7. Tak perlu menunggu lama, pada awal tahun 2022, Mamardashvili akhirnya dipermanenkan oleh tim berjuluk Los Che tersebut

10 Potret Giorgi Mamardashvili, Kiper Valencia dari Tbilisi GeorgiaGiorgi Mamardashvili (instagram.com/gmamardashvili25)

8. Saat ini ia menjadi kiper utama yang paling sering dimainkan oleh Jose Bordalas, mengalahkan Jasper Cillessen dan Jaume Domenech

10 Potret Giorgi Mamardashvili, Kiper Valencia dari Tbilisi GeorgiaGiorgi Mamardashvili bersama Jaume Domenech dan Jasper Cillessen (instagram.com/gmamardashvili25)

9. Dengan tinggi badan 197 cm, Mamardashvili menjadi pemain dengan postur tertinggi di skuad Valencia musim 2021/2022 

10 Potret Giorgi Mamardashvili, Kiper Valencia dari Tbilisi GeorgiaGiorgi Mamardashvili saat berseragam Valencia (instagram.com/gmamardashvili25)

10. Meski cukup gemilang di klub, Mamardashvili hanya baru mencatatkan dua caps saja bersama Timnas Georgia sejak debut ada September 2021

10 Potret Giorgi Mamardashvili, Kiper Valencia dari Tbilisi GeorgiaGiorgi Mamardashvili saat berseragam timnas Georgia (instagram.com/gmamardashvili25)

Dengan usianya yang masih muda dan penampilannya yang cukup gemilang, bukan tak mungkin ada klub yang lebih besar akan meminang Mamardashvili suatu saat nanti. Semoga saja penampilannya ini akan terus konsisten, terutama pada usia emas.

Baca Juga: 9 Desa Terindah di Georgia yang Punya Pemandangan bak Negeri Dongeng

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya