5 Rekrutan Pertama Didier Deschamps saat Melatih Juventus

Ia ternyata pernah melatih Si Nyonya Tua

Didier Deschamps merupakan pelatih yang membawa Prancis berjaya setidaknya dalam sedekade terakhir. Membawa negaranya ke 3 final kompetisi besar dengan menyajikan 1 gelar juara Piala Dunia 2018 jadi bukti kehebatan mantan kapten Timnas Prancis ini.

Mungkin tak banyak yang ingat jika Deschamps pernah melatih Juventus selama semusim. Momen tersebut terjadi pada musim 2006/2007, ketika Juventus sempat terdegradasi ke Serie B.

Kala melatih Juventus, Deschamps pernah merekrut lima pemain baru dari luar akademi. Siapa sajakah mereka dan bagaimana kiprahnya? Berikut inilah ulasannya.

1. Valeri Bojinov

5 Rekrutan Pertama Didier Deschamps saat Melatih JuventusValeri Bojinov (juventus.com)

Valeri Bojinov didatangkan Didier Deschamps ke Juventus pada 1 Juni 2006. Kala itu, ia didatangkan dari Fiorentina sebagai pemain pinjaman selama semusim. Akan tetapi, ia gagal dipermanenkan pada akhir musim tersebut.

Kehadiran Alessandro Del Piero dan David Trezeguet menjadi alasan penyerang asal Bulgaria ini gagal dipermanenkan. Selama musim tersebut, Bojinov sukses mencetak 7 gol dan 1 assist dari 21 pertandingan.

2. Cristiano Zanetti

5 Rekrutan Pertama Didier Deschamps saat Melatih JuventusCristiano Zanetti (twitter.com/juventusfcen)

Baca Juga: 5 Pemain Juventus yang Berstatus Free Agent pada Musim Panas 2023 

Setelah membela Inter Milan selama 5 musim (2001—2006), Cristiano Zanetti memilih untuk hengkang. Ia justru bergabung dengan Juventus yang kala itu terdegradasi ke Serie B pada musim 2006/2007 dengan status bebas transfer.

Berposisi sebagai gelandang bertahan, Zanetti sempat menjadi andalan Juventus selama dua musim. Akan tetapi, penampilannya mulai digantikan sebelum ia akhirnya hengkang pada awal musim 2009/2010. Ia sukses mencetak 4 gol dan 7 assists dari 71 laga bersama Si Nyonya Tua.

Baca Juga: Profil Karier Didier Deschamps, Siap Rebut Gelar Juara Lagi

3. Marco Marchionni

5 Rekrutan Pertama Didier Deschamps saat Melatih JuventusMarco Marchionni (skysports.com)

Pada tanggal yang sama dengan kedatangan Valeri Bojinov dan Cristiano Zanetti, Juventus juga mendatangkan seorang gelandang. Dia adalah Marco Marchionni, pemain berkebangsaan Italia yang diboyong dari Parma secara gratis.

Secara keseluruhan, Marco Marchionni bermain selama 3 musim (2006—2009) bersama Juventus. Dalam kurun waktu tersebut, Marchionni sukses mencatatkan 78 pertandingan dengan sumbangan 7 gol dan 10 assists.

4. Emanuele Belardi

5 Rekrutan Pertama Didier Deschamps saat Melatih JuventusEmanuele Belardi (mobile.twitter.com/belapower77)

Nama selanjutnya ialah Emanuele Belardi, kiper asal Italia yang didatangkan sebagai pemain pinjaman dari Reggina. Ketika didatangkan, Belardi langsung diproyeksikan sebagai kiper pelapis dari Gianluigi Buffon yang saat itu berada pada masa terbaik.

Belardi sendiri sukses dipermanenkan Juventus pada akhir musim 2006/2007. Akan tetapi, Belardi hanya aktif bermain selama 2 musim bersama Juventus (2006—2008) dengan catatan 9 pertandingan.

5. Jean-Alain Boumsong

5 Rekrutan Pertama Didier Deschamps saat Melatih JuventusJean Alain Boumsong (kiri) (rangers.co.uk)

Ketika melatih Juventus, Didier Deschamps juga mendatangkan pemain asal negaranya. Dia adalah Jean Alain Boumsong, bek Prancis kelahiran Kamerun yang didatangkan dari Newcastle United pada 22 Agustus 2006.

Boumsong tak lama mengabdi untuk Juventus. Ia hanya bermain selama 1,5 musim dengan catatan 36 pertandingan serta sumbangan 3 gol. Kebanyakan laga yang Boumsong cetak berasal dari musim pertamanya.

 

Selama melatih Juventus, Didier Deschamps sukses mengembalikan Juventus ke Serie A dengan status juara Serie B. Namun, ia hanya bertahan selama semusim sebelum akhirnya digantikan oleh Claudio Ranieri.

Baca Juga: Capaian Didier Deschamps selama Membesut Timnas Prancis, Memuaskan?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya