5 Rekrutan Pertama Laurent Blanc sebagai Pelatih Paris Saint-Germain

Datangkan sederet pemain bintang nan berkualitas

Nasser Al-Khelaifi melalui Qatar Sport Invesment mulai mengakusisi Paris Saint-Germain pada Oktober 2011. Sejak itu, pemain-pemain hebat dan pelatih-pelatih berdatangan untuk sekadar singgah maupun mengabdi untuk tim asal ibu kota Prancis ini.

Total telah ada tujuh pelatih yang pernah menangani PSG di bawah kepemiliki Nasser. Salah satunya ialah Laurent Blanc, pelatih berkebangsaan Prancis yang dulunya merupakan bek andalan Timnas Prancis.

Laurent Blanc menjabat sebagai pelatih PSG selama tiga musim (2013--2016). Dengan sokongan besar, Laurent Blanc mengawali momen belanja gila-gilaan PSG dengan mendatangkan sederet nama pemain bintang. Lalu, siapa sajakah rekrutan pertama Laurent Blanc sebagai pelatih PSG? Simak ulasannya berikut!

1. Edinson Cavani

5 Rekrutan Pertama Laurent Blanc sebagai Pelatih Paris Saint-GermainEdinson Cavani (en.psg.fr)

Laurent Blanc resmi menjadi pelatih Paris Saint-Germain pada 25 Juni 2013. Tak sampai sebulan, rekrutan pertamanya di PSG akhirnya datang. Dia adalah Edinson Cavani, penyerang asal Uruguay yang didatangkan dari Napoli pada 16 Juli 2013.

Saat berseragam PSG, Cavani bermain luar biasa. Ia mampu membentuk lini serang yang menakutkan bersama Zlatan Ibrahimovic dan Ezequiel Lavezzi. Selama tujuh musim, Cavani sukses mencetak 200 gol dan 43 assist untuk PSG.

2. Lucas Digne

5 Rekrutan Pertama Laurent Blanc sebagai Pelatih Paris Saint-GermainLucas Digne (asroma.com)

Selain mendatangkan pemain senior berkualitas, Laurent Blanc juga tak lupa untuk mendatangkan pemain muda untuk regenerasi. Sehari setelah kedatangan Cavani, PSG pun mendaratkan Lucas Digne dari LOSC Lille yang kala itu masih berusia 19 tahun.

Namun, sayangnya statusnya sebagai pemain muda berbakat ternyata tak membuat Digne sering dimainkan. Ia hanya mengoleksi 44 penampilan dengan sumbanagan 5 assist dalam 2 musim. Posisinya kala itu masih sebagai pelapis dari Maxwell.

Baca Juga: 7 Rekrutan Terakhir Paris Saint-Germain dari Klub Serie A

3. Marquinhos

5 Rekrutan Pertama Laurent Blanc sebagai Pelatih Paris Saint-GermainMarquinhos (en.psg.fr)

Satu-satunya pemain yang masih membela Paris Saint-Germain dalam daftar ini adalah Marquinhos. Bahkan, ia telah menjabat sebagai kapten tim saat ini. Bek asal Brasil ini dibeli dengan harga yang cukup mahal dari AS Roma pada 19 Juli 2013.

Uang besar yang dikeluarkan PSG kala itu tak sia-sia jika melihat peran dan kontribusi besar Marquinhos selama ini. Dari musim ke musim, Marquinhos selalu menjadi pemain andalan PSG. Ia telah tampil sebanyak 378 laga dengan torehan 37 gol dan 9 assist.

4. Yohan Cabaye

5 Rekrutan Pertama Laurent Blanc sebagai Pelatih Paris Saint-GermainYohan Cabaye (en.psg.fr)

Pada jendela musim dingin 2014, PSG di bawah asuhan Laurent Blanc hanya mendatangkan satu pemain. Dia adalah Yohan Cabaye, gelandang berkebangsaan Prancis yang didatangkan dari Newcastle United pada 29 Januari 2014.

Saat bermain di PSG, Cabaye tak begitu mentereng, meski juga tak bisa dikatakan terlalu buruk. Ia kerap bermain secara rotasi dan tak terlalu diandalkan. Cabaye yang hanya 1,5 musim berada di PSG sukses mencetak 3 gol dan 4 assist dari 57 laga.

5. David Luiz

5 Rekrutan Pertama Laurent Blanc sebagai Pelatih Paris Saint-GermainDavid Luiz (twitter.com/championsleague)

Menyebrang ke musim 2014/2015, nama terakhir dalam daftar ini adalah David Luiz. Bek asal Brasil ini didatangkan dari Chelsea pada Juli 2014. Kedatangannya kala itu untuk menjadi tandem dari Marquinhos dan Thiago Silva.

David Luiz sanggup mencetak 8 gol dan 4 assist dari 89 pertandingan bersama PSG dalam kurun waktu 2 musim. Pada awal musim 2016/2017, David Luiz justru pulang ke English Premiere League untuk kembali merapat ke Stamford Bridge.

Seperti seluruh pelatih PSG lainnya, Laurent Blanc juga tak sanggup menghadirkan gelar juara UEFA Champions League bagi PSG. Meski begitu, 11 trofi dari 4 kompetisi berbeda sukses Blanc persembahkan sebagai ukiran catatan manis ketika ia menangani tim Ibukota Prancis tersebut. 

Baca Juga: 5 Pemain Paris Saint-Germain dengan Caps Terbanyak Bersama Timnas

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya