5 Rekrutan Pertama Mikel Arteta sebagai Pelatih Arsenal

Pertahanan menjadi fokus Arteta saat jadi pelatih Arsenal

Meski pada awalnya sempat diragukan karena tak menghasilkan kemajuan yang signifikan, Mikel Arteta sanggup membuktikan diri jika ia adalah orang yang tepat untuk Arsenal. Di bawah arahannya saat ini, Arsenal tampil perkasa di English Premier League 2022/2023.

Bahkan, mereka sukses menjadi pemuncak klasemen sementara hingga pekan kesembilan EPL 2022/2023. Arteta mulai melatih Arsenal sejak 22 Desember 2019. Kala itu, ia menggantikan Unai Emery yang dipecat atas penampilan kurang memuaskan.

Jendela transfer musim dingin 2020 menjadi kesempatan pertama Mikel Arteta belanja pemain untuk Arsenal. Lalu, siapa sajakah pemain yang jadi rekrutan pertama Arteta? 

1. Pablo Mari

5 Rekrutan Pertama Mikel Arteta sebagai Pelatih ArsenalPablo Mari (arsenal.com)

Rekrutan pertama Mikel Arteta sebagai pelatih Arsenal terjadi pada bursa transfer musim panas 2020. Tepatnya pada 29 Januari 2020, Pablo Mari didatangkan dari Flamengo sebagai pemain pinjaman hingga akhir musim.

Dinilai memiliki potensi, status Pablo Mari akhirnya dipermanenkan. Namun, nyatanya Pablo Mari hanya sering jadi penghangat bangku cadangan. Bahkan, dalam dua musim terakhir Mari selalu dipinjamkan ke tim Serie A.

2. Cedric Soares

5 Rekrutan Pertama Mikel Arteta sebagai Pelatih ArsenalCedric Soares (premierleague.com)

Dua hari setelah kedatangan Pablo Mari, Arsenal kembali mendatangkan pemain pinjaman. Dia adalah Cedric Soares, bek kanan asal Portugal yang dipinjam dari Southampton. Pada akhir 2019/2020, Soares juga dipermanenkan secara gratis.

Tak jauh berbeda dengan Pablo Mari, Cedric juga lebih sering jadi penghuni bangku cadangan. Namun, jika dibandingkan, kiprah Cedric di Arsenal lebih baik dari Mari. Ia telah mencatatkan 55 penampilan dengan sumbangan 2 gol dan 5 assist sejauh ini.

Baca Juga: Catatan Menarik Mikel Arteta Usai Jalani 100 Laga EPL Bersama Arsenal

3. Willian Borges

5 Rekrutan Pertama Mikel Arteta sebagai Pelatih ArsenalWillian Borges (premierleague.com)

Beralih ke bursa transfer musim panas 2020. Pemain pertama yang didatangkan Mikel Arteta ke Arsenal kala itu adalah Willian Borges. Winger asal Brasil ini sukses dibajak secara gratis dari Chelsea pada 30 Agustus 2020.

Sayangnya, kebersamaan Willian dan Arsenal hanya bertahan pada musim 2020/2021. Pasalnya, Willian memutuskan untuk pulang ke Corinthians. Selama semusim di Arsenal, Willian sukses mencetak 1 gol dan 7 assist dari 37 laga.

4. Gabriel Magalhaes

5 Rekrutan Pertama Mikel Arteta sebagai Pelatih ArsenalGabriel Magalhaes (arsenal.com)

Sejak awal kedatangannya, Gabriel Magalhaes telah menjadi pemain andalan Mikel Arteta di lini belakang. Bek asal Brasil ini didatangkan dari LOSC Lille pada 1 September 2020 dengan banderol sebesar 26 juta euro (Rp386 miliar).

Memiliki postur tubuh yang ideal dan mampu bermain lugas menjadi hal yang diandalkan Arteta dari Magalhaes. Memasuki musim ketiganya, Gabriel Magalhaes telah mencatatkan 81 penampilan dengan torehan 9 gol dan 1 assist.

5. Alex Runarsson

5 Rekrutan Pertama Mikel Arteta sebagai Pelatih ArsenalAlex Runarsson (arsenal.com)

Mikel Arteta juga mendatangkan seorang kiper sebagai rekrutan awalnya melatih Arsenal. Pada September 2020, Alex Runarsson didatangkan dari Dijon, Prancis. Kiper asal Islandia ini diproyeksikan untuk menjadi pesaing Bernd Leno kala itu.

Namun, sayang Runarsson justru tersingkir dari skuad seiring kedatangan Aaron Ramsdale. Pada dua musim terakhir, Runarsson selalu dipinjamkan ke tim lain. Saat ini, ia tengah dipinjamkan ke Alanyaspor, Turki.

Konsistensi dan kebugaran pemain akan menjadi hal yang dibutuhkan oleh Mikel Arteta untuk mengakhiri musim 2022/2023 dengan juara English Premier League. Lalu, mampukah Mikel Arteta menuntaskan misinya?

Baca Juga: Alasan Mikel Arteta Orbitkan Ethan Nwaneri Jadi Pemain Termuda EPL

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya