Catatan Menarik Mikel Arteta Usai Jalani 100 Laga EPL Bersama Arsenal

Apakah lebih baik dari Arsene Wenger?

Pertandingan melawan Fulham pada, Sabtu (27/8/2022), merupakan laga ke-100 bagi Mikel Arteta sebagai pelatih Arsenal di Premier League. Banyak yang meragukan Arteta ketika ia pertama kali menukangi Arsenal pada 2019.

Namun, awal musim kompetisi 2022/2023 ini ia membuktikan bisa membawa The Gunners memuncaki klasemen sementara Premier League, setidaknya hingga pekan keempat, dengan catatan sempurna sapu bersih empat kemenangan. Simak beberapa catatan menarik Mikel Arteta setelah menjalani 100 laga di EPL sebagai pelatih Arsenal berikut ini!

1. Catatkan kemenangan di laga ke-100

Catatan Menarik Mikel Arteta Usai Jalani 100 Laga EPL Bersama ArsenalArsenal meraih kemenangan atas Fulham di pekan keempat English Premier League 2022/2023. (twitter.com/Arsenal)

Mikel Arteta meraih hasil impresif pada laga ke-100 bersama Arsenal di English Premier League kala menumbangkan Fulham, Sabtu (27/8/2022), dengan skor tipis 2-1. Dua gol masing-masing dicetak oleh Martin Odegaard dan Gabriel.

Kemenangan itu semakin terasa spesial karena dengan tambahan tiga poin, Arsenal masih kokoh di puncak klasemen sementara hingga pekan keempat. Mereka jadi satu-satunya tim yang selalu meraih kemenangan di Premier League 2022/2023 sejauh ini.

2. Bukayo Saka jadi pemain yang paling sering diturunkan oleh Arteta

Catatan Menarik Mikel Arteta Usai Jalani 100 Laga EPL Bersama ArsenalBukayo Saka (arsenal.com)

Seorang pelatih biasanya punya pemain kesayangan yang hampir selalu mereka turunkan dalam setiap pertandingan. Bagi Arteta, pemain tersebut sepertinya ada dalam diri Bukayo Saka. Sebab, pemain muda tersebut sudah melakoni 90 laga di EPL bersama Arteta.

Catatan tersebut berselisih cukup jauh dengan Granit Xhaka yang dimainkan sebanyak 79 kali oleh Arteta. Sementara itu, Gabriel Magalhaes dan Pierre-Emerick Aubameyang masing-masing dimainkan sebanyak 69 kali. Arteta sendiri sudah memainkan sebanyak 43 pemain berbeda sejauh menukangi Arsenal.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Ketika Arsenal Memenangi Tiga Laga Pembuka EPL

3. Pierre-Emerick Aubameyang jadi yang tertajam di bawah Arteta

Catatan Menarik Mikel Arteta Usai Jalani 100 Laga EPL Bersama ArsenalPierre-Emerick Aubameyang (arsenal.com)

Jika Bukayo Saka menjadi pemain yang paling sering diturunkan oleh Arteta, pemain paling tajam di English Premier League yang jadi andalan Arteta adalah Pierre-Emerick Aubameyang. Pemain asal Gabon tersebut total menyarangkan 25 gol di bawah arahan Arteta.

Bahkan, Aubameyang tercatat pernah sekali menjadi top skor EPL musim 2018/2019 dengan koleksi 22 gol. Sayangnya kini Aubameyang sudah tak lagi bermain untuk The Gunners.

4. Hanya Manchester City yang belum mampu ditundukkan Arteta

Catatan Menarik Mikel Arteta Usai Jalani 100 Laga EPL Bersama ArsenalManchester City (twitter.com/ManCity)

Sejak pertama kali menukangi Arsenal, Mikel Arteta telah berhadapan dengan 23 tim berbeda. Menariknya, Arteta setidaknya pernah sekali meraih kemenangan melawan semua tim tersebut, kecuali Manchester City.

Dari tiga kali pertemuan melawan tim asuhan Pep Guardiola, Arsenal tak mampu membawa pulang satu poin pun. Bahkan, pada pertemuan terakhir mereka yang terjadi pada Premier League 2021/2022. Arsenal dihajar Manchester City dengan skor telak lima gol tanpa balas.

5. Perbadingan Arteta dengan para pelatih hebat Arsenal

Catatan Menarik Mikel Arteta Usai Jalani 100 Laga EPL Bersama ArsenalArsene Wenger (arsenal.com)

Mikel Arteta kini menjadi pelatih ke-14 Arsenal yang sukses memainkan 100 laga di Liga Inggirs, dimana ia mampu menorehkan 53 kemenangan dari 100 laga pertamanya di Premier League bersama Arsenal. Raihan tersebut lebih baik dari George Graham yang hanya menuai 38 kemenangan bersama The Gunners.

Namun, catatan tersebut masih kalah dari Arsene Wenger yang membawa Arsenal meraih 54 kemenangan dalam 100 laga EPL pertamanya. Kedua pelatih tersebut mampu membawa segudang trofi ke lemari Arsenal. Lantas, apakah Arteta mampu menorehkan prestasi serupa, atau bahkan melampauinya?

Tak terasa Mikel Arteta telah melakoni laga yang ke-100 bersama Arsenal sejak pertama kali menjabat sebagai pelatih pada 2019. Dengan momentum yang ia ciptakan musim ini, mampukan Arteta membawa Arsenal kembali meramaikan persaingan perebutan gelar juara EPL?

Baca Juga: 5 Catatan Menarik Kemenangan Arsenal atas Fulham di GW4 EPL 2022/2023

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya