Comscore Tracker

5 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Manchester City

Hanya tersisa Ilkay Gundogan

Pep Guardiola merupakan sosok pelatih hebat yang sukses membangun dinasti besar di tiap tim yang ia tangani. Barcelona, Bayern Munich, dan Manchester City merupakan contohnya.

Meski begitu, perlu diingat jika Guardiola sangat hobi dalam belanja pemain. Ia termasuk salah satu pelatih terboros. Mulai menangani Manchester City pada awal musim 2016/2017, Pep Guardiola telah mendatangkan puluhan pemain berbeda.

Lalu, siapa sajakah rekrutan pertama Pep Guardiola saat melatih Manchester City?

1. Ilkay Gundogan

5 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Manchester CityIlkay Guendogan (premierleague.com)

Pada hari pertama Pep Guardiola diresmikan sebagai pelatih Manchester City, pria asal Spanyol tersebut mendatangkan seorang Ilkay Guendogan. Guendogan telah jadi incaran lama Guardiola sejak masih melatih Bayern Munich.

Hal tersebut baru terealisasi ketika Guardiola melatih Manchester City. Gelandang asal Jerman ini diboyong dari Borussia Dortmund. Hingga sekarang, Guendogan masih jadi andalan Manchester City sekaligus menjabat sebagai kapten tim.

2. Nolito

5 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Manchester CityNolito (mancity.com)

Pada hari yang sama dengan kedatangan Ilkay Guendogan, Pep Guardiola mendatangkan mantan anak asuhnya saat melatih La Masia. Sosok tersebut adalah Nolito, winger berkebangsaan Spanyol yang dibeli dari  Celta Vigo.

Sayangnya, karier Nolito di Manchester City hanya bertahan selama semusim. Meski begitu, Nolito sukses tampil hebat dengan catatan 6 gol dan 6 assist dari 30 laga di semua ajang. Nolito akhirnya hengkang ke Sevilla pada awal musim 2017/2018.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal Pep Guardiola Saat Melatih Manchester City

3. Aaron Mooy

5 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Manchester CityAaron Mooy (premierleague.com)

Sama seperti dua nama sebelumnya, Aaron Mooy juga didatangkan Manchester City pada 1 Juli 2016. Gelandang berkebangsaan Australia ini diboyong dari Melbourne City dengan status bebas transfer.

Mooy tak pernah sekali pun mendapatkan menit bermain reguler di laga resmi Manchester City. Mooy akhirnya hengkang ke Huddersfield yang jadi destinasi peminjamannya semusim berselang.

4. Oleksandr Zinchenko

5 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Manchester CityOleksandr Zinchenko (arsenal.com)

Pada 4 Juli 2016, Pep Guardiola mendatangkan seorang bek kiri dari FK Ufa dengan biaya sebesar 2 juta euro (Rp29 miliar). Dia adalah Oleksandr Zinchenko, yang pada bursa transfer musim panas 2022 dijual ke Arsenal dengan biaya 35 juta euro (Rp523 miliar).

Selama berseragam Manchester City, peran Oleksandr Zinchenko tak melulu menjadi starter. Perannya selalu berubah seiring siapa pesaingnya. Hingga akhirnya hengkang, Zinchenko sukses mencatat 2 gol dan 12 assist dari 128 laga.

5. Leroy Sane

5 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Manchester CityLeroy Sane (premierleague.com)

Nama terakhir dalam daftar ini adalah Leroy Sane. Winger berkebangsaan Jerman ini diboyong dari Schalke 04 setelah bermain apik pada 2015/2016. Sane memang sangat menjanjikan selama berseragam Manchester City.

Meski begitu, keinginannya untuk kembali ke Jerman dengan bergabung bersama Bayern Munich mengakhiri kariernya di Inggris. Pemain yang didatangkan pada 2 Agustus 2016 ini meninggalkan Manchester City dengan catatan 39 gol dan 46 assist dari 135 laga.

Selain kelima nama di atas, Pep Guardiola juga mendatangkan John Stones, Claudio Bravo, Marlos Moreno, dan Pablo Mari pada bursa transfer musim panas. Hanya John Stones yang ada di skuad musim ini.

Baca Juga: Tangis Pep Guardiola Pecah Usai Antar Manchester City Juara EPL

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya