7 Rekrutan Pertama yang Dibawa Xabi Alonso ke Bayer Leverkusen

Calon pelatih elite masa depan

Bayer Leverkusen sedang berada di bawah tren positif. Hasil ini adalah pengaruh besar dari Xabi Alonso yang terbukti piawai dalam meracik taktik. Ilmu yang ia dapatkan selama menjadi pemain ternyata sangat berguna saat Alonso menjadi pelatih.

Meski terhitung baru di dunia kepelatihan, Alonso mampu menunjukkan ketegasannya. Ia berani membuang beberapa pemain veteran dan merombak skuad Bayer Leverkusen saat bursa transfer musim panas lalu. Di samping itu, pemain muda dan pemain dengan pengalaman sesuai kebutuhan pun didatangkan oleh Alonso ini ke Bayer Leverkusen.

Hal ini bisa dilihat dari tujuh rekrutan pertama Xabi Alonso di Bayer Leverkusen. Mereka didominasi oleh pemain muda dan pemain yang sesuai dengan strategi sang pelatih. Lalu, siapa sajakah rekrutan awal Bayer Leverkusen di bawah arahan Xabi Alonso?

1. Noah Mbamba jadi pemain pertama yang didatangkan Alonso

7 Rekrutan Pertama yang Dibawa Xabi Alonso ke Bayer LeverkusenNoah Mbamba (twitter.com/bayer04fussball)

Xabi Alonso mulai melatih Bayer Leverkusen pada Oktober 2022 sehingga transfer pertamanya di klub ini terjadi pada bursa transfer musim dingin 2023, tepatnya pada 14 Januari 2023. Pemain pertama yang ia datangkan ialah Noah Mbamba, seorang gelandang bertahan berusia 17 tahun asal Belgia. Dengan usianya yang sangat muda, mantan pemain Club Brugge ini belum mendapatkan kepercayaan bermain reguler. Namun, ia masih diberi kesempatan untuk mendapat jam terbang oleh Alonso.

2. Gustavo Puerta masih berjuang di bangku cadangan

7 Rekrutan Pertama yang Dibawa Xabi Alonso ke Bayer LeverkusenGustavo Puerta (twitter.com/GustavoPuerta08)

Xabi Alonso nampaknya gemar mendatangkan pemain muda. Pada 27 Januari 2023, ia mendatangkan seorang gelandang berusia 19 tahun dari FC Bogota bernama Gustavo Puerta. Saat pertama kali bergabung, Puerta langsung dipinjamkan ke FC Nuremberg. Namun, saat ini, ia telah kembali ke skuad utama Bayer Leverkusen untuk menjadi seorang pemain pelapis.

3. Patrick Pentz sedang dipinjamkan ke Brondby IF

7 Rekrutan Pertama yang Dibawa Xabi Alonso ke Bayer LeverkusenPatrick Pentz (bayer04.de)

Patrick Pentz didatangkan secara gratis dari Stade Reims pada tanggal yang sama dengan kedatangan Gustavo Puerta. Sebagai seorang kiper, Pentz tentu kesulitan untuk menggeser posisi Lukas Hradecky yang memiliki gelar kapten dan kiper utama. Oleh karena itu, Pentz belum sempat dimainkan dan sekarang sedang dipinjamkan ke Brondby IF.

Baca Juga: 7 Pemain Bayer Leverkusen 2023/2024 yang Pernah Juara Liga Domestik

4. Arthur sedang mengalami cedera otot

7 Rekrutan Pertama yang Dibawa Xabi Alonso ke Bayer LeverkusenArthur (twitter.com/bayer04fussball)

Arthur merupakan bek sayap serba bisa yang didatangkan dari America MG. Peresmiannya terjadi saat bursa transfer musim panas dibuka pada 1 Juli 2023. Arthur sempat bermain pada tiga laga awal Bayer Leverkusen dengan menit bermain yang minim. Namun, saat ini, ia absen karena mengalami cedera otot.

5. Kedatangan Alejandro Grimaldo yang gemilang

7 Rekrutan Pertama yang Dibawa Xabi Alonso ke Bayer LeverkusenAlejandro Grimaldo (bayer04.de)

Mendatangkan Alejandro Grimaldo dari SL Benfica secara gratis adalah langkah gemilang yang dilakukan Xabi Alonso. Pemain jebolan La Masia tersebut ternyata mampu memberikan pengaruh besar kepada tim. Pasalnya, Grimaldo selalu tampil apik ketika dimainkan di posisi bek kiri. Tak jarang ia pun menyumbang gol dan assist yang memberikan keunggulan bagi Bayer Leverkusen.

6. Jonas Hofmann lanjutkan tren positif di Bundesliga

7 Rekrutan Pertama yang Dibawa Xabi Alonso ke Bayer LeverkusenJonas Hofmann (bayer04.de)

Jonas Hofmann adalah sosok pemain senior yang memiliki segudang pengalaman di Bundesliga. Winger kelahiran Heidelberg ini didatangkan pada 5 Juli 2023 karena mampu bermain apik bersama Borussia Monchengladbach. Permainan luar biasanya itu ternyata berlanjut saat ia berseragam Bayer Leverkusen. Hofmann tak seret gol atau bahkan menurun performanya. Namun, Hofmann mampu melanjutkan tren positif yang ia bangun di Bundesliga.

7. Granit Xhaka meningkatkan moral tim

7 Rekrutan Pertama yang Dibawa Xabi Alonso ke Bayer LeverkusenGranit Xhaka (bayer04.de)

Sehari setelah mendatangkan Jonas Hofmann, Bayer Leverkusen pun mendatangkan Granit Xhaka dari Arsenal. Kehadiran sosok Xhaka yang berpengalaman ternyata sangat berpengaruh. Selain memberikan permainan apik di lini tengah, Xhaka pun mampu membangun mental tim. Ia dinilai setara dengan para pemain senior yang hengkang dari Bayer Leverkusen pada musim panas 2023.

Saat ini Bayer Leverkusen masih mendominasi Bundesliga 2023/2024 dengan menjadi pemuncak klasemen hingga pekan kesembilan. Jika Xabi Alonso mampu membawa Bayer Leverkusen juara pada akhir musim, sorotan publik akan semakin besar padanya. Pasalnya, ia akan langsung dicap sebagai calon pelatih hebat masa depan.

Baca Juga: Apakah Sudah Waktunya Xabi Alonso Menukangi Real Madrid?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya