6 Kiper Spanyol dengan Penyelamatan Terbanyak di Premier League

David de Gea masih yang terbaik di Liga Inggris

Ada banyak penjaga gawang atau kiper berkebangsaan Spanyol yang merumput di English Premier League (EPL). Beberapa di antaranya bertahan cukup lama dan mencatatkan banyak penyelamatan.

Berikut ini adalah sejumlah kiper Spanyol dengan penyelamatan terbanyak dalam sejarah kasta tertinggi Liga Inggris. Statistik ini terhitung sampai pekan ke-23 Premier League 2021/2022 ini.

1. David de Gea (1.012 penyelamatan)

6 Kiper Spanyol dengan Penyelamatan Terbanyak di Premier LeagueDavid de Gea (golisports.com)

Kiper bernama lengkap David de Gea Quintana ini merupakan kelahiran Madrid, 7 November 1990. Ia adalah salah satu kiper terbaik di dunia dan masih bermain hingga saat ini bersama Manchester United, klub yang telah ia bela selama lebih dari satu dekade. 

Sejak kedatangannya ke Old Trafford pada 2011/2012, De Gea telah mencatatkan total 1.012 penyelamatan. Jumlah tersebut termasuk 84 penyelamatannya sepanjang 2021/2022 ini. Angka tersebut hanya kalah dari kiper Inggris, Ben Foster, yang mencatatkan 1.202 penyelamatan sepanjang kariernya di Liga Inggris.

2. Pepe Reina (584 penyelamatan)

6 Kiper Spanyol dengan Penyelamatan Terbanyak di Premier LeaguePepe Reina (liverpoolecho.co.uk)

Di urutan kedua, ada mantan kiper Liverpool, Pepe Reina. Pemain ini pernah berkiprah bersama The Reds selama 9 musim pada 2009—2014. Ia sendiri sempat dipinjamkan ke Napoli pada 2013/2014.

Reina menjadi andalan di bawah mistar gawang Liverpool. Ia bahkan berhasil meraih penghargaan Golden Glove 3 musim berturut-turut pada 2006—2008. 

Setelah membela Liverpool, ia sempat berkarier di sejumlah klub Eropa, seperti Bayern Munchen, AC Milan, hingga Lazio. Saat berada di Milan, ia sempat dipinjamkan ke Aston Villa pada sisa 2019/2020. Selama bermain di Liga Inggris untuk Liverpool dan Aston Villa, ia telah mencatatkan total 584 penyelamatan. 

Baca Juga: 5 Kiper dengan Jumlah Penyelamatan Penalti Terbanyak di Premier League

3. Adrian (464 penyelamatan)

6 Kiper Spanyol dengan Penyelamatan Terbanyak di Premier LeagueAdrian (premierleague.com)

Kiper cadangan Liverpool, Adrian San Miguel, merupakan salah satu kiper dengan penyelamatan terbanyak di Liga Inggris. Sebelum datang ke Liverpool, pria kelahiran Sevilla ini pernah bermain untuk West Ham United pada 2013—2019.

Selama berkarier di West Ham, ia mencatatkan 436 penyelamatan. Kemudian, sejak bergabung dengan Liverpool, ia sukses melakukan 28 penyelamatan. Dirinya kini telah melakukan total 464 penyelamatan selama berkarier di Liga Inggris.

4. Vicente Guaita (335 penyelamatan)

6 Kiper Spanyol dengan Penyelamatan Terbanyak di Premier LeagueVicente Guaita (premierleague.com)

Di urutan selanjutnya, ada Vicente Guaita yang hingga saat ini membela Crystal Palace.  Musim 2021/2022 menjadi musim keempatnya bersama The Eagles. Ia didatangkan dari Getafe pada 2018.

Hingga musim keempatnya ini, Guaita tampil sebanyak 111 kali dan melakukan 335 penyelamatan. Dari total penampilannya di Liga Inggris tersebut, ia juga mencatatkan 30 kali clean sheets untuk Crystal Palace. 

5. Manuel Almunia (238 penyelamatan)

6 Kiper Spanyol dengan Penyelamatan Terbanyak di Premier LeagueManuel Almunia (skysports.com)

Manuel Almunia merupakan kiper Spanyol yang pernah membela Arsenal. Ia berseragam The Gunners selama 8 musim pada 2004—2012. Selama kurun waktu tersebut, ia tampil sebanyak 109 kali dan melakukan 238 penyelamatan. 

Setelah kontraknya berakhir, Almunia sempat hijrah ke klub Inggris lainnya, Watford. Pada 2012, Watford masih berkutat di EFL Championship, kompetisi kasta kedua di bawah Premier League. Pada 2014, Almunia memutuskan pensiun.

6. Kepa Arrizabalaga (164 penyelamatan)

6 Kiper Spanyol dengan Penyelamatan Terbanyak di Premier LeagueKepa Arrizabalaga (premierleague.com)

Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga, merupakan salah satu kiper Spanyol yang merumput di Liga Inggris. Pada 2018/2019, Chelsea mendatangkannya dengan status kiper termahal di dunia. Mereka merekrutnya dari Athletic Bilbao dengan banderol 71,6 juta pound sterling. 

Pada musim perdana bersama Chelsea, Kepa tampil dalam 36 pertandingan. Namun, pada musim-musim selanjutnya, ia mengalami penurunan performa dan akhirnya menjadi kiper cadangan. Meskipun begitu, ia masih menjadi salah satu kiper Spanyol tersukses di Liga Inggris. Ia mencatatkan 164 penyelamatan dalam 80 pertandingan selama membela Chelsea.

Spanyol memang negara yang tak pernah kehabisan pemain berkualitas, termasuk untuk posisi kiper. Nama-nama di atas menjadi bukti bahwa kiper Spanyol mampu bersaing di Liga Inggris. Mereka tidak hanya membuat sejumlah rekor apik, tetapi juga memainkan peran penting sebagai pertahanan terakhir bagi klubnya.

Baca Juga: 5 Kiper asal Spanyol yang Saat Ini Berkarier di Premier League

Muhamad Fathan Qoriban Photo Verified Writer Muhamad Fathan Qoriban

Don't try to be perfect, try to be yourself ✨

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya