Bintang Baru Prancis Bernama Aurelien Tchouameni

Menarik perhatian banyak penggemar sepak bola

Prancis tidak pernah kekurangan pemain sepak bola berbakat. Salah satu talenta mudanya bahkan kembali menarik perhatian belakangan ini.

Talenta muda tersebut bernama Aurelien Tchouameni. Ia menarik minat banyak klub besar setelah melalui musim yang luar biasa bersama AS Monaco.

1. Aurelien Tchouameni tidak memiliki latar belakang keluarga pemain sepak bola

Bintang Baru Prancis Bernama Aurelien TchouameniAurelien Tchouameni (football-espana.net)

Aurelien Tchouameni lahir pada 27 Januari 2000 di Rouen, Prancis. Namun, ia memiliki darah keturunan Afrika.

Tchouameni sama sekali tidak memiliki latar belakang keluarga pemain sepak bola. Ayahnya adalah seorang apoteker sementara ibunya adalah seorang penasihat bidang pendidikan.

Tchouameni mengenal sepak bola setelah melihat sang ayah bermain. Sejak saat itu, ia pun mulai suka dengan sepak bola.

2. Belajar di akademi Bordeaux

Bintang Baru Prancis Bernama Aurelien TchouameniAurélien Tchouameni (skysports.com)

Pemain berposisi gelandang bertahan ini memulai kariernya dengan masuk ke akademi Bordeaux. Ia promosi ke Bordeaux U-17 pada 2015 sampai akhirnya menembus Bordeaux U-19 dan Bordeaux B.

Karier Tchouameni terus meningkat sehingga dirinya promosi ke tim senior Bordeaux pada 2018. Ia mampu tampil luar biasa di sana.

Baca Juga: 5 Pemain Real Madrid yang Memakai Nomor 18 sebelum Aurelien Tchouameni

3. Bersinar bersama AS Monaco

Bintang Baru Prancis Bernama Aurelien TchouameniAurelien Tchouameni (footballinsider247.com)

Aurelien Tchouameni memutuskan untuk pindah ke AS Monaco dengan biaya transfer sebesar 18 juta euro atau Rp280 miliar pada 2019. Investasi Monaco ternyata tidak sia-sia.

Pemain berusia 22 tahun tersebut menjelma menjadi salah satu bintang klub. Pada 2020/2021, Tchouameni bermain untuk AS Monaco sebanyak 42 kali dengan mencetak 3 gol dan 4 asssist.

Aurelien Tchouameni kemudian kembali membuktikan kualitasnya. Ia tampil konsisten untuk AS Monaco pada 2021/2022 dengan bermain sebanyak 50 kali.

Selama itu, Tchouameni mampu mencetak 5 gol dan 3 assist. Ia juga berhasil membawa Monaco meraih posisi tiga klasemen Ligue 1.

4. Didier Deschamps menyukai Aurelien Tchouameni

Bintang Baru Prancis Bernama Aurelien TchouameniAurelien Tchouameni (ligue1.com)

Aurelien Tchouameni mendapatkan panggilan untuk bermain bersama Timnas Prancis pada 2021. Ia kemudian debut bersama timnas pada 1 September 2021.

Tchouameni kala itu masuk menggantikan Thomas Lemar pada menit 46. Namun, baru mempersembahkan gol pertamanya pada pertandingan persahabatan melawan Pantai Gading.

Pelatih Prancis, Didider Deschamps, sangat menyukai Tchouameni. Menurutnya, sang pemain memiliki kemampuan lebih baik dari Paul Pogba. Deschamps sendiri tidak sabar menggunakan Tchouameni dan Pogba sekaligus di lini tengah Prancis.

5. Jadi buruan klub besar Eropa

Bintang Baru Prancis Bernama Aurelien TchouameniAurelien Tchouameni (caughtoffside.com)

Performanya bersama AS Monaco membuat klub besar Eropa tertarik memilikinya. Real Madrid, Liverpool, dan Paris Saint-Germain menjadi beberapa di antaranya.

Untuk dapat mendapatkan sosok Tchouameni, klub-klub ini perlu mengeluarkan uang dalam jumlah banyak. Sebab, pemain yang kontraknya baru habis pada 2024 ini dihargai sampai 80 juta euro (Rp1,3 triliun).

Menurut laporan Fabrizio Romano, jurnalis asal Italia, Aurelien Tchouameni sepakat untuk bergabung dengan Real Madrid. Ia lebih memilih Real Madrid dibandingkan Liverpool dan PSG. Tchouameni mengharapkan jam terbang yang cukup agar Deschamps membawanya ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: 5 Alasan Aurelien Tchouameni Pilih Real Madrid Ketimbang Liverpool

Muhammad Fakhri Daifullah Photo Writer Muhammad Fakhri Daifullah

Seorang yang suka dengan sepak bola dan ingin berbagi cerita tentang sepak bola kepada banyak orang.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya