Mengenal Lebih Dekat Sergio Farias, Pelatih Baru Persija!

Persija langsung membidik gelar Liga 1 2020

Jakarta, IDN Times - Persija Jakarta telah mendapat pelatih baru untuk musim 2020. Namanya Brazil, Sergio Farias. Pelatih asal Brasil ini telah meneken kontrak berdurasi satu tahun dengan opsi perpanjangan di akhir musim.

"Kami resmi meneken kontrak dengan Sergio Farias sebagai pelatih Persija untuk kompetisi tahun ini. Persija tertarik merekrutnya karena jejak kepelatihannya yang bagus." ujar Presiden klub, Ferry Paulus, seperti dikutip dari Antara, Senin (13/1).

Sergio Farias sebelumnya pernah melatih tim asal Korea Selatan Pohang Steelers.  Bersama klub ini, Sergio sukses memboyong trofi Liga Champions Asia pada 2019. Bisa dibilang, kiprahnya lumayan moncer.

1. Pelatih dengan sederet pengalaman

Mengenal Lebih Dekat Sergio Farias, Pelatih Baru Persija!Sergio Farias. Twitter/@bolabangetidn

Sergio Farias lahir pada 9 Juni 52 tahun silam. Ia sudah malang melintang di Asia. Sergio misalnya pernah melatih Pohang Steelers Korea Selatan (2005-2009), Al Wasi di UAE (2010-2011), Guangzhou R&F China (2012-2013), dan Suphanburi Thailand (2014-2015;2016-2017).

Bahkan ia juga pernah mengadu nasib di Benua Afrika dengan membesut Tala'ea El Gaish SC Mesir (2019). CV-nya semakin lengkap dengan pengalamannya melatih timnas Brazil U-17 dan U-20.

Sederet pengalaman ini tentu saja akan menjadi modal besar buat Persija menghadapi musim 2020. Apalagi tim berjulukkan Macan Kemayoran ini membidik target muluk, yakni meraih gelar juara Liga 1 Indonesia 2020.

"Kami yakin bisa membawa Persija juara sesuai target kami," ucapnya.

2. Pernah merebut gelar Liga Champions Asia

Mengenal Lebih Dekat Sergio Farias, Pelatih Baru Persija!Farias ketika membawa Pohang jadi juara Liga Champions Asia 2009. Getty Images/Toru Yamanaka

Nama Sergio Farias pernah meroket saat melatih klub Pohang Steelers asal Korea Selatan pada 2005-2009. Bersama klub ini ia sukses merebut gelar juara Liga Korea K-League pada 2007, Piala FA Korea pada 2008, Piala K-League pada 2009, dan yang teranyar menjuarai Liga Champions Asia 2009.

Capaian hebat itu membuat Sergio mendapatkan penghargaan sebagai pelatih klub terbaik di Asia pada 2010, melengkapi raihan individu lainnya, yaitu pelatih terbaik Korea Selatan pada 2007 silam.

Baca Juga: Sergio Farias, Mantan Juara Asia yang Jadi Nakhoda Baru Persija

3. Pernah merasakan atmosfir Piala Dunia Antarklub

Mengenal Lebih Dekat Sergio Farias, Pelatih Baru Persija!Twitter/@jakartainsd

Berkat mengantarkan Pohang Steelers, Sergio berhak mengikuti ajang Piala Dunia Antarklub pada 2009. Sempat masuk ke semifinal melawan Estudiantes klub asal Argentina, Sergio harus menelan kekalahan dengan skor 1-2.

Sergio berhasil menduduki peringkat ketiga setelah mengalahkan tim Meksiko Atlante FC di perebutan tempat ketiga. Adapun juara turnamen ketika itu adalah klub Eropa Barcelona.

4. Melatih Brazil U-20 dan membawa Brazil U-17 menjuarai Campeonato Sul Americano pada tahun 2000

Mengenal Lebih Dekat Sergio Farias, Pelatih Baru Persija!Twitter/@InfokomJakmania

Pada awal karier kepelatihannya, Sergio sempat melatih timnas Brazil U-17 dan U-20. Di tahun 1998-1999 Sergio ditunjuk melatih tim Samba junior Brazil U-20.

Sergio mampu membawa Brazil U-17 menjadi yang terbaik pada Campeonato Sul Americano tahun 2000.

5. Target membawa Persija Juara

Mengenal Lebih Dekat Sergio Farias, Pelatih Baru Persija!Sergio Farias, pelatih baru Persija dari Brasil. Twitter/@Persija_Jkt

Sergio Ferias ditargetkan mampu membawa Persija juara Liga 1 Indonesia 2020 jika dilihat dari torehan prestasi dan pengalaman melatihnya.

"Kami yakin bisa membawa Persija juara sesuai target kami," kata Presiden klub Persija Jakarta, Ferry Paulus.

Sergio diketahui saat ini masih berada di Brasil untuk mengurus administrasi keimigrasiannya dan belum dapat mendampingi Persija dalam latihan perdana.

"Nanti assiten pelatih Sudirman bersama staf pelatih Persija akan memimpin latihan perdana. Setelah masalah administrasi selesai, Sergio akan bergabung dengan tim secepatnya," ucap Ferry

Baca Juga: [BREAKING] Persija Resmikan Kedatangan Evan Dimas Darmono!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya