5 Pemain Amerika Latin yang Meraih Golden Ball Piala Dunia  

Lionel Messi sudah dua kali meraihnya!

Lionel Messi akhirnya berhasil mengantarkan negaranya menyabet gelar Piala Dunia 2022 Qatar. Bukan hanya itu, penampilannya yang memukau selama turnamen berlangsung membuat ia dianugerahi Golden Ball sebagai pemain terbaik.

Pemain Amerika Latin memang beberapa kali menjadi pemain terbaik kejuaraan empat tahunan tersebut. Mereka mampu mengalahkan bintang-bintang Eropa yang kerap kali mendominasi.

Berikut sederet pemain Amerika Latin yang meraih penghargaan Golden Ball Piala Dunia.

1. Lionel Messi

5 Pemain Amerika Latin yang Meraih Golden Ball Piala Dunia  potret Lionel Messi (twitter.com/fifaworldcup)

Lionel Messi merupakan pesepak bola pertama yang meraih Golden Ball Piala Dunia sebanyak dua kali. Ia menyabet penghargaan pemain terbaik tersebut pada 2014 dan 2022.

Pada Piala Dunia 2014 yang digelar di Brasil, Messi berhasil mengantarkan Argentina ke babak final. Ia bermain di 7 pertandingan dan mencetak 4 gol serta 1 assist. Sayangnya, ia gagal mengangkat trofi kala itu setelah kalah tipis 1-0 dari Jerman di partai puncak.

Messi kembali menyabet Golden Ball pada Piala Dunia 2022 Qatar dengan catatan yang lebih mentereng dari sebelumnya. Selain berhasil menjadi juara dunia, ia juga pencetak skor terbanyak kedua turnamen dengan 7 gol dari 7 laga yang dilakoninya.

2. Diego Forlan

5 Pemain Amerika Latin yang Meraih Golden Ball Piala Dunia  potret Diego Forlan (https://twitter.com/fifaworldcup)

Diego Forlan jadi satu-satunya pemain Uruguay yang memenangkan Golden Ball sejak penghargaan tersebut diperkenalkan pada 1982. Ia meraih gelar pemain terbaik tersebut di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Mantan pemain Manchester United itu mengalahkan Wesley Sneijder dan David Villa.

Forlan berhasil mengantarkan Uruguay hingga babak semifinal dengan mencetak lima gol sepanjang turnamen. Ia pun menjadi pemain kedua peraih Golden Ball yang tidak mencapai partai final. Sebelumnya, ada Salvatore Schillaci dari Italia yang melakukannya pada Piala Dunia 1990.

Baca Juga: Bank Argentina Mau Rilis Uang Kertas Lionel Messi Usai Juara Dunia

3. Ronaldo

5 Pemain Amerika Latin yang Meraih Golden Ball Piala Dunia  potret Ronaldo (twitter.com/fifaworldcup)

Pada Piala Dunia 1998, Brasil harus takluk 3-0 dari tuan rumah Prancis di laga final. Meski gagal menjadi juara dunia, Ronaldo berhasil menyabet penghargaan Golden Ball.

Selama Piala Dunia 1998 berlangsung, Ronaldo berhasil menyarangkan 4 gol dan 3 assist. Catatan tersebut menjadikannya sebagai pemain dengan kontribusi gol terbanyak sepanjang turnamen. Sayangnya, karena masalah kesehatan, pesepak bola yang dijuluki El Fenomeno tersebut harus absen di partai puncak dan hanya mampu melihat timnya dihabisi oleh Prancis. 

4. Romario

5 Pemain Amerika Latin yang Meraih Golden Ball Piala Dunia  potret Romario (twitter.com/fifaworldcup)

Tahun 1994 bisa dikatakan sebagai tahunnya Romario. Bagaimana tidak, pemain kelahiran 26 Januari 1966 tersebut berhasil membawa Brasil juara Piala Dunia 1994 yang dimainkan di Amerika Serikat. Ia juga dianugerahi Golden Ball dalam turnamen tersebut setelah mencetak 5 gol dan 2 assist dari 7 pertandingan.

Selain itu, pada tahun tersebut Romario juga memenangkan FIFA World Player of the Year. Ia mengalahkan pemain Bulgaria, Hristo Stoichkov, dan penyerang Italia, Roberto Baggio.

5. Diego Maradona

5 Pemain Amerika Latin yang Meraih Golden Ball Piala Dunia  potret Diego Maradona (twitter.com/fifworldcup)

Salah satu hal yang paling banyak dikenang dari Piala Dunia 1986 adalah gol tangan tuhan Diego Maradona melawan Inggris di partai perempat final. Gol tersebut dianugerahi sebagai “Goal of the Century” dalam voting yang dilakukan di situs FIFA.

Selain momen tersebut, Diego Maradona sejatinya memang tampil memukau sepanjang Piala Dunia 1986 berlangsung. Ia mencetak 5 gol dan 5 assist selama turnamen yang membuatnya dianugerahi penghargaan Golden Ball. Mantan pemain Napoli tersebut juga mengantarkan Argentina meraih juara dunia untuk kedua kalinya.

Amerika Latin memang selalu melahirkan bintang sepak bola yang mampu tampil memukau di panggung tertinggi sekali pun. Tak heran jika banyak pemain dari sana yang meraih penghargaan Golden Ball Piala Dunia.

Baca Juga: Kisah Produsen Jubah Lionel Messi Raup Untung Usai Piala Dunia 2022

MUHAMMAD LUKMAN FATHONI Photo Verified Writer MUHAMMAD LUKMAN FATHONI

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya