5 Pemain Norwegia di EPL 2022/2023, Gak Cuma Haaland

Ada kapten Arsenal

Norwegia dianggap sebagai salah satu negara yang memiliki masa depan cerah. Banyak pemain dengan kualitas dan potensi terbaik muncul dari sana. Mereka pun mulai mendapatkan tempat di tim-tim liga top Eropa.

English Premier League (EPL) jadi salah satu destinasi yang siap ditaklukkan oleh talenta-talenta Norwegia. Ada Erling Haaland yang bergabung ke Manchester City. Ia siap membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain terbaik dunia.

Selain dia, terdapat lima pemain Norwegia lain yang juga ikut meramaikan kompetisi Premier League 2022/2023. Siapa saja mereka? Berikut pemain Norwegia di EPL 2022/2023.

1. Martin Odegaard

5 Pemain Norwegia di EPL 2022/2023, Gak Cuma HaalandMartin Odegaard merakan golnya saat melawan Everton. (twitter.com/arsenal)

Salah satu talenta terbaik Norwegia adalah Martin Odegaard. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini bergabung dengan Arsenal pada bursa transfer musim dingin 2020/2021. Saat itu, statusnya adalah pinjaman dari klub raksasa Spanyol, Real Madrid.

Pada musim berikutnya, Arsenal memutuskan untuk mempermanenkan Odegaard dengan mahar 35 juta euro atau setara Rp516 miliar. Ia pun bertransformasi menjadi pemain penting di lini tengah The Gunners. Bahkan, pemain yang masih berusia 23 tahun ini sudah ditunjuk sebagai kapten klub yang bermarkas di Emirates Stadium tersebut.

2. Kristoffer Ajer

5 Pemain Norwegia di EPL 2022/2023, Gak Cuma HaalandAksi Kristoffer Ajer ketika melawan Liverpool. (instagram.com/kristoffer.v.ajer)

Brentford secara resmi promosi ke Premier League pada 2021. Demi mempertahankan posisi mereka di kancah tertinggi sepak bola Inggris tersebut, beberapa pemain pun didatangkan. Kristoffer Ajer menjadi salah satu nama yang dibeli untuk memperkuat barisan pertahanan mereka.

Kristoffer Ajer tampil sebanyak 24 laga di EPL pada 2021/2022. Ia turut membantu klub berlogo lebah tersebut bertengger di posisi tiga belas klasemen akhir. Sayangnya, ia harus mengalami cedera pada laga terakhir musim tersebut. Pemain berusia 24 tahun ini akhirnya harus melewatkan beberapa laga awal musim 2022/2023.

Baca Juga: Catatan Manis Erling Haaland Usai Cetak Dua Gol ke Gawang Sevilla

3. Mohamed Elyounoussi

5 Pemain Norwegia di EPL 2022/2023, Gak Cuma HaalandMohamed Elyounoussi usai pertandingan bersama Southampton. (twitter.com/moielyo)

Mohamed Elyounoussi masuk ke Premier League pada 2018. Catatan 23 gol dan 30 assist-nya bersama Basel membuat Southampton kepincut untuk memilikinya. Mereka pun membeli pemain sayap asal Norwegia itu pada bursa transfer musim panas 2018 dengan harga 16 juta pound sterling atau Rp274 miliar.

Elyounoussi sempat mengalami kesulitan menembus skuad inti Southampton yang saat itu dilatih Mark Hughes. Ia pun dipinjamkan ke Celtic selama 2 musim. Namun, sejak 2021/2022, pesepak bola kelahiran Maroko ini mulai mendapatkan posisi reguler Soton di bawah asuhan Ralph Hasenhuttl.

4. Kristoffer Klaesson

5 Pemain Norwegia di EPL 2022/2023, Gak Cuma HaalandKristoffer Klaesson menandatangani kontrak bersama Leeds United. (leedsunited.com)

Pada Juli 2021, Leeds United berhasil mengamankan satu nama penjaga gawang potensial Norwegia, yaitu Kristoffer Klaesson. Sebelumnya, ia sudah menjadi kiper reguler untuk salah satu klub Norwegia, Valerenga. Walaupun usianya masih sangat muda, ia telah mengantongi 57 penampilan profesional bersama klub tersebut.

Klaesson melakoni debutnya bersama The Whites pada 19 Maret 2021 menggantikan Meslier yang cedera di tengah pertandingan melawan Wolverhampton. Ia masuk pada menit 55 dan bermain cukup impresif dengan melakukan 4 penyelamatan.

5. Leo Fuhr Hjelde

5 Pemain Norwegia di EPL 2022/2023, Gak Cuma HaalandDebut Leo Fuhr Hjelde di Premier League bersama Leeds United. (twitter.com/lufc)

Satu nama lagi pemain Norwegia yang dimiliki Leeds United, Leo Fuhr Hjelde. Ia dibeli dari Celtic pada 2021 saat usianya masih 17 tahun. Pemain kelahiran Nottingham ini telah melakoni dua pertandingan Premier League pada 2021/2022.

Leo Fuhr Hjelde sendiri merupakan anak dari Jon Olav Hjelde yang pernah bermain di Premier League. Ia berada di divisi tertinggi Liga Inggris tersebut selama semusim bersama dengan Nottingham Forest.

Norwegia mulai melahirkan pemain sepak bola dengan kualitas yang tidak bisa diremehkan. Tak heran jika klub-klub di Premier League mulai melirik talenta-talenta dari salah satu negara Skandinavia tersebut.

Baca Juga: Perbandingan Erling Haaland dan Sergio Aguero di 5 Laga Pertama EPL

MUHAMMAD LUKMAN FATHONI Photo Verified Writer MUHAMMAD LUKMAN FATHONI

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya