Studi: Sundulan Bola Ternyata Berbahaya Buat Otak

Sering menyundul bola berisiko terhadap kerusakan otak

Jakarta, IDN Times - Sebuah penelitian memberi bukti kalau ada bahaya yang tersimpan untuk menyundul bola. Dalam penelitian tersebut, sundulan ke bola disebutkan bisa meningkatkan risiko penyakit otak.

Kesimpulan ini muncul dari penelitian yang dilakukan University of Nottingham. Dari beberapa sampel serta metode penelitian, ditemukan bukti, kalau sundulan terhadap bola meningkatkan risiko gangguan otak di masa tua terhadap para pemain profesional.

1. Bagaimana itu bisa terjadi?

Studi: Sundulan Bola Ternyata Berbahaya Buat OtakTwitter.com/EURO2020

Penelitian dilakukan, dilansir Daily Mirror, dengan menyelidiki pengaruh frekuensi menyundul terhadap risiko gangguan kognitif terhadap para pemain profesional yang sudah pensiun. Hasilnya, mantan pemain yang menyundul enam sampai 15 kali dalam satu pertandingan berpotensi 2,71 kali mengalami gejala kerusakan otak.

Dampak bahaya sundulan sebenarnya sudah beberapa kali dibuktikan secara ilmiah. Studi dari Universitas Glasgow juga menemukan adanya risiko 3,5 kali lebih besar mantan pesepak bola profesional meninggal karena demensia.

Baca Juga: Arsene Wenger Optimistis Arsenal Jadi Juara Premier League

2. Berpotensi ubah wajah sepak bola

Studi: Sundulan Bola Ternyata Berbahaya Buat Otakthepfa.com

Riset ini memang didukung oleh sejumlah pihak. Federasi Sepak bola Inggris (FA) bersama Asosiasi Pemain Profesional Britania Raya (PFA) meminta agar sejumlah pihak melakukan riset tersebut demi kesejahteraan pemain.

CEO PFA, Maheta Molango, menyebut penelitian ini mendukung bukti terkait peningkatan kerentanan pesepak bola terhadap penurunan kognitifnya pasca pensiun. Dengan begitu, sejumlah pihak bisa mengantisipasi potensi yang berbahaya di masa tua nanti.

"Artinya, ada perubahan dalam pola latihan dan protokol pertandingan demi melindungi pemain," ujar Molango dilansir Daily Mirror.

Sementara, CEO FA, Mark Bullingham, menyatakan dengan bukti ini, ada potensi pola pengajaran dalam akademi berubah. Bisa saja, materi sundulan tak diberikan di level tertentu.

"Kami juga sedang menguji coba penghapusan sundulan sepenuhnya di kelompok U-12," kata Mark .

Baca Juga: FIFA Minta Semua Negara Pakai Nama Pele di Stadionnya

3. Kasus Jeff Astle jadi peringatan

Studi: Sundulan Bola Ternyata Berbahaya Buat OtakJeff Astle, legenda West Bromwich Albion (thepfa.com)

Topik terkait bahaya sundulan bola menjadi perbincangan panas setelah Jeff Astle meninggal. Eks Timnas Inggris itu didiagnosis mengalami demensia.

Dia sempat menjalani pemeriksaan. Hasilnya menunjukkan, Astle meninggal karena ensefalopti traumatik kronis (CTE).

CTE adalah kerusakan yang biasanya disebabkan oleh benturan. Astle disebut terkena CTE akibat aktivitas menyundul bola yang dia lakukan selama bertahun-tahun.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya