5 Catatan Menarik Usai Liverpool Kalahkan Tottenham di Pekan ke-13 EPL

Liverpool gusur Spurs di puncak klasemen

Laga big match tersaji di pekan ke-13 English Premier League (EPL) musim ini. Laga ini mempertemukan dua tim penguasa klasemen sementara, Tottenham Hotspur dan Liverpool. Laga tersebut dihelat di markas Liverpool, Anfield Stadium, Kamis dini hari, 17 Desember 2020.

Berstatus tuan rumah, The Reds mampu tampil digdaya dengan berhasil membungkam tamunya dengan skor tipis 2-1. Gol penentu kemenangan Liverpool diciptakan oleh Mohamed Salah dan Roberto Firmino. Di sisi lain, satu gol balasan Spurs dicetak oleh Son Heung-Min.

Kemenangan Liverpool dalam laga tersebut juga diiringi dengan berbagai catatan unik dan menarik. Apa saja catatan menarik yang dimaksud? Berikut ulasan lengkapnya!

Baca Juga: 6 Pemain Top yang Pernah Memperkuat FC Basel, Ada Mohamed Salah!

1. Mohamed Salah Jadi Man of the Match

5 Catatan Menarik Usai Liverpool Kalahkan Tottenham di Pekan ke-13 EPLtwitter.com/LFC

Mohamed Salah tampil cukup apik dalam laga dini hari tadi. Winger asal Mesir tersebut berhasil menyumbang satu gol di menit ke-26. Selain itu, ia juga menciptakan 4 tembakan tepat sasaran, 1 umpan kunci, dan 1 dribel sukses. Berkat performa apiknya, Salah dinobatkan sebagai Man of the Match.

Tak cukup sampai disitu, Salah juga memiliki catatan apik lainnya. Tambahan satu golnya membuat dirinya telah terlibat langsung dalam enam gol dalam tujuh pertemuan terakhirnya di Premier League saat bersua Tottenham Hotspur dengan rincian 5 gol dan 1 assist.

2. Catatan Gol Son Heung-Min Melawan Tim Juara Bertahan

5 Catatan Menarik Usai Liverpool Kalahkan Tottenham di Pekan ke-13 EPLtwitter.com/SpursOfficial

Sejatinya, bintang Spurs, Son Heung-Min juga tampil cukup mengesankan. Ia mampu menciptakan satu gol di menit ke-33 yang sempat menyamakan skor menjadi 1-1. Namun, satu poin yang seharusnya bisa dibawa pulang Spurs harus sirna akibat gol telat Roberto Firmino.

Meski demikian, satu golnya juga sudah cukup menambah catatan apiknya. Son telah mencetak lima gol dalam tujuh pertandingan terakhirnya di Premier League melawan tim juara bertahan, yakni Chelsea (2015/2016), Leicester City (2 gol, 2016/2017), Manchester City (2019/2020), dan Liverpool (2020/2021).

3. Menit ke-90 yang Menyakitkan bagi Mourinho

5 Catatan Menarik Usai Liverpool Kalahkan Tottenham di Pekan ke-13 EPLtwitter.com/LFC

Spurs harus menerima kekalahan dari Liverpool akibat gol dari Firmino. Striker asal Brasil tersebut berhasil mencetak gol di akhir laga, tepatnya di menit ke-90. Ternyata, gol telat menyakitkan dari Firmino bukanlah yang pertama kali dialami Jose Mourinho di laga Premier League.

Sebelumnya, ia juga sudah pernah dua kali mengalami hal yang sama saat masih melatih Chelsea. Kejadian pertama terjadi pada musim 2006/2007 akibat dari gol telat pemain Middlesbrough, Mark Viduka, yang membungkam Chelsea dengan skor 2-1.

Sementara kejadian kedua terjadi pada musim 2013/2014 saat Chelsea bertamu ke markas Stoke City. Laga diprediksi akan berakhir imbang, namun Oussama Assaidi keluar sebagai pahlawan setelah menciptakan gol di menit ke-90. Akhirnya, Chelsea harus takluk dari Stoke City dengan skor 3-2.

4. Nasib Sial Spurs Saat Berlaga di Anfield

5 Catatan Menarik Usai Liverpool Kalahkan Tottenham di Pekan ke-13 EPLtwitter.com/SpursOfficial

Nasib kurang beruntung tak hanya dialami Jose Mourinho. Klub yang dilatihnya, Tottenham Hotspur, juga mengalami nasib yang sama. Kekalahan di Anfield Stadium menambah catatan buruk Spurs saat bertandang ke markas Liverpool tersebut di pentas Premier League.

Spurs hanya mampu memenangkan satu dari 27 pertandingan tandang Premier League terakhir mereka melawan Liverpool di Anfield Stadium dengan laga lainnya berakhir 8 kali imbang dan 18 kali kalah. Satu-satunya kemenangan yang dimaksud terjadi pada Mei 2011 di bawah Harry Redknapp yang kala itu menang dengan skor 0-2.

5. Liverpool Gusur Spurs di Puncak Klasemen

5 Catatan Menarik Usai Liverpool Kalahkan Tottenham di Pekan ke-13 EPLtwitter.com/LFC

Berkat kemenangan tersebut, Liverpool akhirnya berhasil merebut posisi puncak klasemen sementara Premier League dari Tottenham Hotspur. Kini The Reds mengoleksi 28 poin dari 13 laga. Anak asuh Jurgen Klopp mencatatkan 8 kemenangan, 4 hasil imbang, dan 1 kekalahan.

Di sisi lain, kekalahan ini membuat Spurs harus rela turun ke posisi dua dengan mengoleksi 25 poin dari 13 laga. Harry Kane dan kolega menorehkan 7 kemenangan, 4 hasil imbang, dan 2 kekalahan.

 

Itulah tadi lima catatan menarik dalam laga Liverpool kontra Tottenham Hotspur di pekan ke-13 Premier League musim ini. Kira-kira, siapa yang mampu tampil apik di pekan berikutnya?

Baca Juga: Secara Dramatis, Liverpool Akhirnya Tumbangkan Tottenham 2-1

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya