5 Pelatih Tersukses Abad 21, Ferguson hingga Zidane!

Bagaimana kiprahnya?

Seorang pelatih sepak bola merupakan sosok vital bagi setiap klub. Mendidik para pemain, menyusun strategi, dan bertanggung jawab terhadap tim merupakan kewajiban seorang pelatih. Tak hanya itu, pelatih juga memiliki beban berat untuk bisa membawa timnya berjaya.

Tentunya hal itu bukanlah suatu perkara yang mudah. Hanya pelatih dengan kualitas jempolan yang mampu mencapainya. Dari banyaknya pelatih sepak bola yang ada, siapa sajakah pelatih tersukses abad ke-21 ini? Berikut kami sajikan ulasan lengkapnya.

Baca Juga: 5 Kemenangan Man United Terbaik di Derbi Sepeninggal Alex Ferguson

1. Sir Alex Ferguson

5 Pelatih Tersukses Abad 21, Ferguson hingga Zidane!manutd.com

Sir Alex Ferguson bisa dibilang sebagai salah satu pelatih terbaik yang pernah ada. Satu-satunya klub yang ditangani olehnya di abad ini adalah Manchester United. Ferguson benar-benar menjadi sosok yang begitu dicintai di Old Trafford karena mampu membawa United berjaya.

Sepanjang abad ke-21, pelatih asal Skotlandia tersebut sukses mempersembahkan 7 gelar Premier League, 1 gelar Liga Champions, 1 gelar Piala FA, 3 gelar English League Cup, 1 gelar Piala Dunia Antarklub, dan 5 gelar English Super Cup. Ia juga pernah dinobatkan sebagai pelatih terbaik tahun 2007. Fergie pensiun dari dunia kepelatihan dan tidak lagi melatih United pada tahun 2013.

2. Jose Mourinho

5 Pelatih Tersukses Abad 21, Ferguson hingga Zidane!premierleague.com

Pelatih kontroversial, Jose Mourinho, juga menjadi salah satu pelatih tersukses di abad ke-21. Ia malang melintang menangani berbagai klub top Eropa. Klub pertama yang dilatihnya adalah Benfica musim 2000/2001. Lalu, Mourinho bertualang dengan melatih Leiria, FC Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, Manchester United, hingga klub yang ditanganinya saat ini, Tottenham Hotspur.

Berbagai gelar pernah ditorehkan oleh pelatih berkebangsaan Portugal tersebut, di antaranya 3 gelar Premier League, 2 gelar Liga Champions, 1 gelar LaLiga, 2 gelar Serie A, 2 gelar Liga Portugal, dan 2 gelar Europa League. Tak cukup sampai disitu, The Special One juga pernah menjadi pelatih terbaik dunia tahun 2003, 2004, 2009, dan 2011. Kontraknya bersama Spurs masih tersisa hingga Juni 2023.

3. Pep Guardiola

5 Pelatih Tersukses Abad 21, Ferguson hingga Zidane!premierleague.com

Selanjutnya terdapat sosok pelatih asal Spanyol, Pep Guardiola. Kualitas dan kapasitas dari pelatih yang satu ini tentu tak perlu diragukan lagi. Pep memulai karier kepelatihannya dengan menangani Barcelona B musim 2007/2008. Kemudian namanya begitu familier setelah melatih Barcelona, Bayern Munchen, dan klub yang dilatihnya saat ini, Manchester City. 

Kiprah apik Pep dapat kita lihat berdasarkan capaian gelar yang pernah diraihnya. Pelatih berumur 49 tahun tersebut telah menjunjung 2 gelar Liga Champions, 2 gelar Premier League, 3 gelar LaLiga, 3 gelar Bundesliga, 3 gelar Piala Dunia Antarklub, 3 gelar UEFA Super Cup, 1 gelar Piala FA, dan 2 gelar Copa Del Rey. Ia juga pernah dicap sebagai pelatih terbaik dunia tahun 2008 dan 2010. Pep diikat kontrak The Citizens hingga Juni 2023.

4. Carlo Ancelotti

5 Pelatih Tersukses Abad 21, Ferguson hingga Zidane!premierleague.com

Carlo Ancelotti juga termasuk dalam jajaran pelatih tersukses abad ke-21. Ia tentu sudah begitu kaya pengalaman di dunia kepelatihan jika mengingat Don Carlo telah malang melintang dengan tim-tim top Eropa. Sepanjang abad ke-21, ia pernah melatih Juventus, AC Milan, Chelsea, PSG, Real Madrid, Bayern Munchen, Napoli, dan klub yang aktif ditanganinya saat ini, Everton.

Soal prestasi, Don Carlo telah meraih berbagai gelar bergengsi. Gelar yang dimaksud adalah 3 gelar Liga Champions, 1 gelar Premier League, 1 gelar Piala FA, 1 gelar LaLiga, 1 gelar Bundesliga, 1 gelar Serie A, 1 gelar Coppa Italia, 1 gelar Piala Super Italia, 1 gelar Ligue 1, 2 gelar Piala Dunia Antarklub, dan 3 gelar UEFA Super Cup. Ia juga pernah menyabet penghargaan pelatih terbaik dunia tahun 2006 dan 2014. Pelatih asal Italia tersebut memiliki masa bakti dengan Everton hingga Juni 2024.

5. Zinedine Zidane

5 Pelatih Tersukses Abad 21, Ferguson hingga Zidane!skysports.com

Zinedine Zidane, juga memiliki kualitas apik sebagai salah satu pelatih terbaik dan tersukses saat ini. Ia Memulai karier dengan menjadi asisten pelatih Real Madrid musim 2013/2014. Barulah pada musim 2015/2016, Zidane melatih Real Madrid. Sempat berpisah selama setengah musim, kiprahnya bersama El Real masih bertahan hingga saat ini.

Pelatih asal Prancis tersebut telah mengantar Real Madrid meraih berbagai gelar, di antaranya 3 gelar Liga Champions, 2 gelar LaLiga, 2 gelar Piala Super Spanyol, 2 gelar Piala Dunia Antarklub, dan 2 gelar UEFA Super Cup. Pelatih berumur 48 tahun tersebut juga pernah menjadi pelatih terbaik dunia tahun 2017 dan 2018. Zidane memiliki durasi kontrak hingga Juni 2022.

 

Itulah lima pelatih sepak bola tersukses abad ke-21. Layak memang jika mengingat kualitas dan kapasitas kelima pelatih di atas yang begitu mengagumkan.

Baca Juga: 8 Pelatih Tersukses di Liga Champions, Zidane Kalahkan Guardiola

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya