Comscore Tracker

5 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Juventus dan AC Milan

Dari Bonucci hingga Ibrahimovic

Juventus dan AC Milan merupakan dua tim raksasa asal Italia. Kedua tim tersebut menjadi tim tersukses sepanjang sejarah Serie A Italia. Pertemuan kedua tim tersebut dalam sebuah laga selalu dinantikan pecinta sepak bola karena terdapat rivalitas yang cukup sengit.

Di balik panasnya persaingan, terdapat sisi lain yang menarik untuk disimak. Salah satunya adalah mengenai pemain yang pernah membela Juventus dan AC Milan. Dalam sejarah, telah banyak pemain yang dicap sebagai pengkhianat karena pernah memperkuat Bianconeri dan Rossoneri.

Di era sekarang, siapa sajakah pemain aktif yang pernah berseragam Juventus dan AC Milan? Berikut ulasan lengkapnya!

Baca Juga: Lakukan Diving Konyol, Leonardo Bonucci Dikecam Fabio Capello

1. Leonardo Bonucci

5 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Juventus dan AC Milantwitter.com/Squawka

Leonardo Bonucci merupakan salah satu bek tengah terbaik di dunia. Ia merintis kariernya dengan membela Inter. Sempat berseragam beberapa klub lainnya, namanya kemudian kian naik saat direkrut Juventus musim 2010/2011. Bek asal Italia tersebut diandalkan La Vecchia Signora selama tujuh musim.

Ia lalu dibajak AC Milan pada musim 2017/2018. Namun, kiprahnya hanya bertahan selama satu musim dengan mencatatkan 51 penampilan, 2 gol, dan 1 assist. Musim berikutnya Bonucci kembali dipulangkan oleh Juventus.

Bersama Juve, secara total ia tampil dalam 421 laga dengan mencetak 30 gol dan 10 assist. Kesuksesan besar ia rasakan selama mengabdi untuk Juventus adalah raihan 8 gelar Serie A, 3 gelar Coppa Italia, dan 4 gelar Piala Super Italia. Bek berusia 33 tahun tersebut terikat kontrak hingga Juni 2024.

2. Mattia De Sciglio

5 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Juventus dan AC Milantwitter.com/SquawkaNews

Mattia De Sciglio juga merupakan pemain yang berposisi sebagai bek kanan. Ia memulai kariernya dengan menimba ilmu di akademi AC Milan dari tahun 2002 hingga 2011. Di musim 2011/2012, ia kemudian dipromosikan ke tim senior Rossoneri

De Sciglio begitu diandalkan Milan selama enam musim. Ia merumput dalam 133 laga dengan menciptakan 4 assist. Ia juga berhasil mempersembahkan 2 gelar Piala Super Italia untuk Milan. Kemudian, pada musim 2017/2018, ia diboyong oleh Juventus. 

Bek berusia 28 tahun tersebut aktif membela Juventus selama tiga musim. Ia diturunkan dalam 62 laga dengan mengemas 1 gol dan 1 assist. De Sciglio juga sukses merengkuh 3 gelar Serie A, 1 gelar Coppa Italia, dan 1 gelar Piala Super Italia. Di musim 2020/2021, ia dipinjamkan Juve ke Lyon. 

3. Mattia Caldara

5 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Juventus dan AC Milansempremilan.com

Lagi-lagi pemain berposisi bek menghiasi di daftar ini. Ia adalah Mattia Caldara, bek tengah asal Italia. Ia merupakan bek lulusan akademi Atalanta. Perjalanan karier pemain yang satu ini terbilang cukup rumit.

Di awal kariernya, ia sempat dipinjamkan Atalanta ke Trapani dan Cesena. Pada Januari 2016, ia kemudian dipinang oleh Juventus. Namun, ia menghabiskan musim 2016/2017 dan 2017/2018 dengan dipinjamkan ke Atalanta.

Selesai dari masa peminjaman, Caldara kemudian dijadikan alat barter Juventus dengan Bonucci dari AC Milan di musim 2018/2019. Jadi, ia sama sekali tak mencatatkan penampilan bersama Juventus.

Ketika telah berseragam AC Milan, cedera parah harus dihadapinya selama satu musim penuh. Pada akhirnya AC Milan meminjamkan Caldara ke Atalanta pada Januari 2019 hingga sekarang. Tercatat, bek berusia 26 tahun tersebut baru tampil dalam 2 laga bersama Milan.

4. Gonzalo Higuain

5 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Juventus dan AC Milantwitter.com/juvefcdotcom

Jika ketiga pemain sebelumnya berposisi bek, pemain ini berposisi striker. Kualitas dari Gonzalo Higuain sebagai salah satu striker terbaik di dunia tentu tak perlu diragukan lagi. Ia memulai kariernya dengan membela River Plate. Kemudian, namanya mencuat semenjak membela dua klub raksasa Spanyol, Real Madrid.

Striker asal Argentina tersebut lalu direkrut oleh Juventus dari Napoli di musim 2016/2017. Dua musim berselang, ia berseragam AC Milan dengan status pemain pinjaman. Namun, karier Higuain hanya bertahan selama setengah musim dengan catatan 22 penampilan, 8 gol, dan 3 assist. Sisa musim itu ia habiskan bersama Chelsea.

Pada musim 2019/2020, ia kemudian kembali membela Juventus. Secara total ia tampil dalam 149 laga dengan menciptakan 66 gol dan 16 assist bersama Juventus. Ia juga pernah mencicipi 3 gelar Serie A dan 2 gelar Coppa Italia. Striker berumur 33 tahun tersebut akhirnya berpisah jalan dengan Juventus usai hengkang ke klub MLS, Inter Miami, di musim 2020/2021.

5. Zlatan Ibrahimovic

5 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Juventus dan AC Milantwitter.com/SquawkaNews

Pemain aktif terakhir yang pernah membela Juventus dan AC Milan adalah Zlatan Ibrahimovic. Mengawali karier bersama Malmo FF, ia kemudian bergabung dengan Juventus di musim 2004/2005.

Kiprahnya di Juventus terbilang cukup singkat, yakni hanya dua musim. Ibra bermain dalam 92 laga dengan menciptakan 26 gol dan 14 assist. Namun, tak ada satu pun gelar yang mampu diraihnya. Sempat membela Inter dan Barcelona, ia lalu memperkuat AC Milan dari musim 2010/2011 hingga 2011/2012.

Striker asal Swedia tersebut kemudian bertualang bersama PSG, Manchester United, dan LA Galaxy. Akhirnya, ia kembali membela AC Milan sejak Januari 2019 sampai saat ini. Secara keseluruhan ia tampil dalam 115 laga dengan mencetak 78 gol dan 31 assist. Ia juga sukses meraih 1 gelar Serie A dan 1 gelar Piala Super Italia. Kontraknya akan berakhir pada Juni 2021.

 

Itulah lima pemain aktif yang pernah membela Juventus dan AC Milan. Kira-kira siapa pemain selanjutnya yang mengikuti jejak mereka?

Baca Juga: Hampir 40 Tahun, Ini 5 Alasan Ibrahimovic Masih Moncer di Milan  

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya