Comscore Tracker

5 Pemain Inggris Termahal yang Pernah Direkrut Manchester United

Wayne Rooney salah satunya

Manchester United merupakan tim penuh sejarah dan menjadi salah satu tim tersukses di Inggris, bahkan di dunia. United telah meraih berbagai kejuaraan, baik di level domestik maupun internasional. Hal itu tak lepas dari pemain-pemain hebat yang pernah mengabdi di Old Trafford dari era ke era.

Para pemain hebat tersebut berasal dari berbagai negara di dunia. Meski demikian, United juga tak melupakan kualitas produk lokal. Tercatat United pernah memiliki deretan pemain top asli Inggris yang direkrut dengan banderol fantastis. Berikut kami sajikan lima pemain Inggris termahal yang pernah direkrut Manchester United.

Baca Juga: Harry Maguire Ditangkap karena Hajar Polisi di Yunani

1. Harry Maguire - 87 juta euro

5 Pemain Inggris Termahal yang Pernah Direkrut Manchester Unitedtwitter.com/HarryMaguire93

Harry Maguire yang dibeli dari Leicester City pada musim 2019/2020 menjadi pembelian pemain Inggris termahal oleh Manchester United. Ia ditebus dengan mahar 87 juta euro atau Rp1,4 triliun. Maguire merupakan pemain yang berposisi sebagai bek tengah. Sejak awal kedatangannya, ia langsung diandalkan United. 

Sejauh ini, Maguire telah tampil dalam 82 laga dengan torehan 4 gol dan 3 assist. Musim ini sendiri performanya mengalami peningkatan dan secara perlahan mampu membawa United memuncaki klasemen sementara Premier League. Bek berusia 27 tahun tersebut terikat kontrak hingga Juni 2025.

2. Aaron Wan-Bissaka - 55 juta euro

5 Pemain Inggris Termahal yang Pernah Direkrut Manchester Unitedtwitter.com/SquawkaNews

Dibeli dengan harga 55 juta euro atau Rp933 miliar dari Crystal Palace pada musim 2019/2020, Aaron Wan-Bissaka menjadi rekrutan asal Inggris termahal kedua milik Manchester United. Ia merupakan seorang bek kanan yang masih berusia 23 tahun.

Sama halnya dengan Maguire, ia juga begitu diandalkan di lini pertahanan United. Ia dikenal sebagai bek yang energik dan memiliki kecepatan yang luar biasa. Wan-Bissaka telah merumput dalam 70 laga dengan catatan 1 gol dan 6 assist. Ia memiliki durasi kontrak di Old Trafford hingga Juni 2024.

3. Rio Ferdinand - 46 juta euro

5 Pemain Inggris Termahal yang Pernah Direkrut Manchester Unitedtwitter.com/rioferdy5

Selanjutnya ada sosok bek tengah legendaris, Rio Ferdinand. Manchester United mendatangkannya dari Leeds United dengan banderol 46 juta euro atau Rp786 miliar. Harga tersebut sudah termasuk sangat tinggi pada musim 2002/2003 silam. Rio mengabdi untuk setan merah selama 12 musim. 

Ia bermain dalam 455 laga dengan mengemas 8 gol dan 9 assist. Ia juga sukses menyumbangkan 6 gelar Premier League, 1 gelar Liga Champions, 3 gelar English League Cup, 4 gelar English Super Cup, 1 gelar Piala Dunia Antarklub, dan 1 gelar UEFA Super Cup. 

Rio kemudian hengkang ke QPR pada musim 2014/2015 secara gratis. Ia yang kini berusia 42 tahun memutuskan gantung sepatu pada Juli 2015.

4. Luke Shaw - 37,5 juta euro

5 Pemain Inggris Termahal yang Pernah Direkrut Manchester Unitedmanutd.com

Lagi-lagi pemain Inggris yang satu ini juga berposisi sebagai bek. Ia adalah Luke Shaw, bek kiri yang dibajak dari Southampton dengan mahar 37,5 juta euro atau Rp636 miliar di musim 2014/2015. Musim ini adalah musim ke-7 baginya bersama United. 

Secara total, ia telah dimainkan dalam 159 laga dengan menciptakan 2 gol dan 13 assist. Di musim ini ia juga masih diandalkan dan menjadi salah satu kunci kebangkitan United. Bek berusia 25 tahun tersebut masih memiliki masa bakti hingga Juni 2023.

5. Wayne Rooney - 37 juta euro

5 Pemain Inggris Termahal yang Pernah Direkrut Manchester Unitedtheunitedstand.com

Wayne Rooney melengkapi lima besar sebagai pemain Inggris termahal yang pernah dibeli Manchester United. Ia diboyong dari Everton di musim 2004/2005 dengan harga 37 juta euro atau Rp632 miliar. Rooney benar-benar mampu tampil luar biasa sebagai seorang striker

Dalam kurun waktu 13 musim di Old Trafford, ia tampil dalam 559 laga dengan mencetak 253 gol dan 146 assist. Rooney juga berhasil menorehkan 5 gelar Premier League, 1 gelar Liga Champions, 1 gelar FA Cup, 4 gelar English League Cup, 4 gelar English Super Cup, 1 gelar Piala Dunia Antarklub, dan 1 gelar Europa League. 

Rooney tak lagi berseragam United pada musim 2017/2018 setelah pindah ke Everton secara gratis. Ia juga sempat membela DC United dan Derby County. Akhirnya, ia memutuskan pensiun pada 15 Januari 2021 di usia 35 tahun. 

 

Itulah lima pemain asal Inggris termahal yang pernah direkrut Manchester United. Rio Ferdinand dan Wayne Rooney menjadi dua pemain tersukses. Sementara tiga pemain lainnya, kini masih membela United dan tentu saja tengah berjuang untuk kesuksesan The Red Devils.

Baca Juga: 5 Catatan Mengesankan Wayne Rooney Saat Berseragam Manchester United

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya