5 Bek Terakhir yang Cetak Gol di Perebutan Tempat Ketiga Piala Dunia

Dua di antaranya tercatat di Piala Dunia 2022

Timnas Kroasia meraih peringkat ketiga di Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka menyudahi perlawanan Maroko dengan skor 2-1 pada perebutan tempat ketiga yang digelar Sabtu (17/12/2022) malam WIB. 

Ada hal cukup menarik dalam laga tersebut. Sebanyak 2 dari 3 gol tercipta berkat pemain bertahan.

Bek tengah Kroasia, Josko Gvardiol, mencetak gol pertama Kroasia. Maroko sempat menyamakan angka 1-1 melalui bek tengah mereka, Achraf Dari. Gol penentu kemenangan Kroasia lalu terlahir melalui winger mereka, Mislav Orsic. 

Bukan kali ini saja seorang bek mampu mengemas gol pada laga perebutan tempat ketiga Piala Dunia. Termasuk Gvardiol dan Dari, inilah lima bek terakhir yang cetak gol di perebutan tempat ketiga Piala Dunia.

1. Song Chong Gug

5 Bek Terakhir yang Cetak Gol di Perebutan Tempat Ketiga Piala DuniaSong Chong Gug (kelima dari kiri) mencetak gol ke gawang Turki pada Piala Dunia 2002. (fifa.com)

Menengok ke belakang pada Piala Dunia 2002 Korea/Jepang, ada sosok bek kanan tuan rumah, Korea Selatan, Song Chong Gug. Ia tercatat menciptakan gol ke gawang Timnas Turki dalam laga perebutan tempat ketiga. 

Chong Gug mencetak satu gol pada babak kedua, tepatnya pada menit 90+3. Sayang, gol pada menit-menit akhir laga tersebut hanya bisa memperkecil ketertinggalan Korea Selatan atas Turki menjadi 2-3. Skor itu bertahan hingga laga berakhir dan Taegeuk Warriors harus puas menduduki peringkat empat.

2. Daley Blind

5 Bek Terakhir yang Cetak Gol di Perebutan Tempat Ketiga Piala DuniaDaley Blind berhasil menciptakan gol ke gawang Brasil di Piala Dunia 2014. (fifa.com)

Sempat absen pada Piala Dunia 2006 dan 2010, momen bek menciptakan gol dalam laga penentuan tempat ketiga kembali hadir di Piala Dunia 2014 Brasil. Daley Blind, bek kiri milik Timnas Belanda, jadi orang yang berjasa menciptakan itu. 

Belanda waktu itu harus berhadapan dengan Brasil untuk menentukan siapa yang layak duduk di peringkat ketiga. Secara perkasa, De Oranje mempermalukan Selecao di hadapan publik tuan rumah dengan skor meyakinkan (3-0). Salah satu gol kemenangan Belanda dicetak oleh Daley Blind pada menit 17.

Baca Juga: Daley Blind Menolak Tua, Bantu Belanda Melaju ke Perempat Final 

3. Thomas Meunier

5 Bek Terakhir yang Cetak Gol di Perebutan Tempat Ketiga Piala DuniaThomas Meunier (nomor 15) mencetak gol ke gawang Inggris di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Peringkat ketiga Piala Dunia 2018 Rusia berhasil diraih Timnas Belgia. Kesuksesan itu didapat setelah menumpas perlawanan Inggris dengan skor 2-0. Ada peran penting seorang bek dalam kemenangan Belgia.

Bek yang dimaksud adalah Thomas Meunier. Ia beroperasi di sektor kanan pertahanan. Ia membukukan gol cepat pada menit 4 yang membuka keunggulan Belgia. The Red Devils, julukan Belgia, kemudian menambah satu gol lagi pada menit 82.

4. Josko Gvardiol

5 Bek Terakhir yang Cetak Gol di Perebutan Tempat Ketiga Piala DuniaJosko Gvardiol tampil dalam laga kontra Maroko di Piala Dunia 2022. (instagram.com/fifaworldcup)

Seolah sudah menjadi tradisi, Piala Dunia 2022 Qatar juga menghadirkan pencetak gol dari pemain bertahan dalam laga perebutan tempat ketiga. Kali ini giliran bek muda Timnas Kroasia berumur 20 tahun, Josko Gvardiol.

Diplot sebagai bek tengah, Gvardiol sukses mencetak satu gol cepat pada menit 7. Gol tersebut membuka keran gol Kroasia. Meski sempat dibalas Maroko, Vatreni kembali menciptakan gol pada menit 42 yang mengunci kemenangan 2-1. Kroasia pun berhak atas raihan peringkat ketiga.

5. Achraf Dari

5 Bek Terakhir yang Cetak Gol di Perebutan Tempat Ketiga Piala DuniaAchraf Dari bermain dalam laga melawan Kroasia di Piala Dunia 2022. (instagram.com/fifaworldcup)

Tak hanya Josko Gvardiol, Achraf Dari juga mampu mencatatkan namanya di papan skor dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2022 Qatar. Ia merupakan bek tengah Timnas Maroko berusia 23 tahun.

Gol Achraf Dari terlahir berselang 2 menit dari gol Gvardiol, tepatnya pada menit 9. Berkat gol itu, Maroko sempat membuat laga imbang 1-1. Sayang, The Atlas Lions kembali kecolongan yang akhirnya membuat mereka takluk 1-2 dari Kroasia.

Berperan sebagai seorang bek bukan menjadi alasan untuk tidak bisa mencetak gol. Kelima pemain di atas adalah bukti bahwa bek tak hanya tangguh di belakang, tetapi juga bisa garang di lini depan. Terlebih lagi, gol yang diciptakan terjadi dalam laga penting sekelas perebutan tempat ketiga Piala Dunia.

Baca Juga: Josko Gvardiol, Bintang Kroasia yang Jadi Incaran MU dan Chelsea

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya