Comscore Tracker

10 Bek Termahal yang Pernah Direkrut Liverpool, Ada yang Terbaru!

Konstantinos Tsimikas menjadi bek terbaru Liverpool

Liverpool baru saja resmi mendapatkan pemain baru untuk menambah kekuatan di musim depan. Pemain yang dimaksud adalah Konstantinos Tsimikas, bek kiri berkebangsaan Yunani. Tsimikas direkrut dengan mahar 13 juta euro dari Olympiacos.

Biaya transfer sebesar itu ternyata membuat nama Tsimikas masuk dalam jajaran bek yang pernah dibeli Liverpool dengan banderol yang tak murah. Lalu, siapa sajakah bek termahal yang pernah diboyong Liverpool dan Tsimikas di urutan ke berapa? Berikut ulasannya.

1. Virgil van Dijk - 84,65 juta euro

10 Bek Termahal yang Pernah Direkrut Liverpool, Ada yang Terbaru!liverpoolfc.com

Virgil van Dijk yang diboyong dari Southampton di musim 2017/2018 dengan banderol 84,65 juta euro menjadi bek termahal yang pernah dibeli Liverpool. Ia merupakan salah satu bek tengah terbaik di dunia saat ini. Sejak awal kedatangannya, van Dijk selalu menjadi andalan di lini belakang Liverpool. Bek asal Belanda tersebut masih memiliki kontrak hingga Juni 2023.

2. Dejan Lovren - 25,30 juta euro

10 Bek Termahal yang Pernah Direkrut Liverpool, Ada yang Terbaru!express.co.uk

Dejan Lovren juga dibeli Liverpool dari Southampton. Transfer tersebut terjadi di musim 2014/2015. The Reds harus mengeluarkan dana sebesar 25,30 juta euro kepada Southampton. Lovren juga berposisi bek tengah dan sempat berduet dengan van Dijk. Namun, ia harus berpisah dengan Liverpool usai hengkang ke Zenit St Petersburg pada bursa transfer musim panas 2020.

3. Glen Johnson - 20,50 juta euro

10 Bek Termahal yang Pernah Direkrut Liverpool, Ada yang Terbaru!liverpoolfc.com

Glen Johnson merupakan pemain berposisi bek kanan berdarah Inggris. Ia pernah membela Liverpool selama enam musim. Johnson dibeli Liverpool dari Portsmouth dengan mahar 20,50 juta euro di musim 2009/2010. Selama berseragam The Reds, Johnson hanya mampu menyumbang satu gelar English League Cup. Kemudian ia hengkang ke Stoke City di musim 2015/2016 dan pensiun pada Januari 2019.

4. Mamadou Sakho - 19 juta euro

10 Bek Termahal yang Pernah Direkrut Liverpool, Ada yang Terbaru!telegraph.co.uk

Mamadou Sakho tentunya sudah cukup familier di telinga football lovers. Ia merupakan bek tengah keturunan Prancis. Sakho pernah menjadi bagian Liverpool selama empat musim. Ia diboyong dari PSG di musim 2013/2014 dengan banderol 19 juta euro. Namun, kariernya bersama Liverpool tak cukup apik karena tak meraih satu gelar pun. Akhirnya, ia hijrah ke Crystal Palace di musim 2017/2018.

5. Alberto Moreno - 18 juta euro

10 Bek Termahal yang Pernah Direkrut Liverpool, Ada yang Terbaru!liverpoolfc.com

Alberto Moreno masuk lima besar bek termahal yang pernah direkrut Liverpool. Ia bergabung dengan Liverpool di musim 2014/2015 usai dibajak dari Sevilla dengan biaya transfer 18 juta euro. Moreno merupakan pemain asal Spanyol berposisi bek kiri. Ia membela Liverpool selama lima musim. Satu gelar Liga Champions Eropa menjadi satu-satunya kejuaraan yang pernah dimenangi Moreno bersama Liverpool. Lalu, ia hijrah ke Villarreal di musim 2019/2020.

Baca Juga: 7 Bek Termahal yang Pernah Dibeli Manchester City, Nathan Ake Terbaru!

6. Nathaniel Clyne - 17,70 juta euro

10 Bek Termahal yang Pernah Direkrut Liverpool, Ada yang Terbaru!liverpoolfc.com

Selain van Dijk dan Lovren, Nathaniel Clyne juga menjadi bek yang pernah dibeli Liverpool dari Southampton. Clyne ditebus dengan banderol 17,70 juta euro di musim 2015/2016. Ia merupakan pemain berposisi bek kanan asal Inggris. Tercatat, ia menjadi bagian The Reds selama lima musim. Clyne sempat merasakan gelar UEFA Super Cup bersama Liverpool. Namun, saat ini ia tak memiliki klub usai kontraknya bersama Liverpool telah berakhir.

7. Konstantinos Tsimikas - 13 juta euro

10 Bek Termahal yang Pernah Direkrut Liverpool, Ada yang Terbaru!twitter.com/LFC

Bek terbaru Liverpool, yakni Konstantinos Tsimikas hanya berada di urutan tujuh. Banderol 13 juta euro yang harus dibayarkan kepada Olympiacos ternyata masih kalah mahal dari bek-bek sebelumnya. Tsimikas memiliki posisi dominan sebagai bek kiri. Kiprahnya bersama Olympiacos sendiri cukup apik dan terbukti membuat Liverpool kepincut. Bek kiri asal Yunani tersebut diikat kontrak hingga Juni 2025. Patut kita nantikan kiprahnya bersama Liverpool.

8. Martin Skrtel - 10 juta euro

10 Bek Termahal yang Pernah Direkrut Liverpool, Ada yang Terbaru!eurosport.com

Martin Skrtel yang berkebangsaan Slovakia, pernah mengabdi bersama Liverpool dalam selama sembilan musim. Skrtel didatangkan Liverpool dari Zenit St Petersburg di musim 2007/2008 dengan mahar 10 juta euro. Ia sempat menjadi bek yang hampir tak tergantikan di lini belakang Liverpool. Dalam kurun waktu sembilan musim, Skrtel hanya mampu mencicipi satu gelar English League Cup. Kemudian ia hengkang ke Fenerbahce di musim 2016/2017. Di usianya yang telah berusia 35 tahun, saat ini Skrtel tak memiliki klub untuk dibela.

9. Andrew Robertson - 9 juta euro

10 Bek Termahal yang Pernah Direkrut Liverpool, Ada yang Terbaru!90min.com

Andrew Robertson menjadi salah satu bek terbaik andalan Liverpool saat ini. Ia diboyong dari Hull City di musim 2017/2018 dengan biaya transfer 9 juta euro. Robertson merupakan bek asal Skotlandia yang memiliki posisi dominan sebagai bek kiri. Tampaknya, akan sangat sulit bagi Konstantinos Tsimikas untuk bisa menggantikan posisi Robertson saat ini. Robertson sendiri masih memiliki sisa kontrak hingga Juni 2024.

10. Daniel Agger - 8,76 juta euro

10 Bek Termahal yang Pernah Direkrut Liverpool, Ada yang Terbaru!liverpoolfc.com

Daniel Agger melengkapi sepuluh besar sebagai bek termahal yang pernah direkrut Liverpool. Ia bergabung dengan The Reds di musim 2005/2006 usai ditebus dengan mahar 8,76 juta euro dari klub Denmark, Bröndby IF. Agger membela Liverpool dalam kurun waktu sembilan musim.

Bek tengah asal Denmark tersebut sempat menjadi benteng kokoh andalan Liverpool. Satu gelar English Super Cup dan English League Cup menjadi kejuaraan yang pernah dimenanginya bersama Liverpool. Akhirnya, ia memutuskan kembali berseragam Bröndby IF di musim 2014/2015 dan pensiun pada Juli 2016.

Itulah 10 bek termahal yang pernah direkrut Liverpool. Akankah ada bek lain yang dibeli Liverpool dengan banderol yang lebih mahal dari daftar pemain di atas?

Baca Juga: 5 Bek Termahal yang Pernah Dibeli Zenit St Petersburg, Lovren Terbaru!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya